Profil Malik Risaldi, Pemain Lokal Terbaik Gabung Persebaya

Cetak 13 gol di Liga 1 2023/24

Malik Risaldi resmi meninggalkan Madura United untuk bergabung ke Persebaya Surabaya mulai Liga 1 musim 2024/2025. Kabar transfer ini diumumkan lewat akun Instagram Persebaya pada Senin (17/6/2024).

Malik menandatangani kontrak dua tahun dengan Bajul Ijo. Dia rencananya akan mengisi posisi winger dalam skuad asuhan Paul Munster. Musim lalu, Malik menjadi pemain lokal tersubur dengan mencetak 13 gol di Liga 1.

Berikut profil Malik Risaldi dan perjalanan karier sepak bolanya di Indonesia. Yuk, simak profilnya di bawah ini!

1. Profil Malik Risaldi

Profil Malik Risaldi, Pemain Lokal Terbaik Gabung PersebayaMalik Risaldi, pemain yang bergabung ke Persebaya dari Madura United (instagram.com/malikrisaldi77)

Malik Risaldi lahir di Surabaya, 26 Oktober 1996. Pemain yang berposisi sebagai sayap kanan dan striker ini belakangan ramai diperbincangkan setelah tampil bagus di Liga 1 musim 2023/2024 bersama Madura United.

Bapak satu anak ini menjadi pemain penting di skuad Madura United. Mengisi posisi striker, Malik mencetak 13 gol dan menjadi pemain lokal dengan jumlah gol terbanyak sepanjang musim. Dia juga sempat mencetak brace pada tiga laga berbeda, yaitu saat melawan Persis Solo, Dewa United, dan Borneo FC.

2. Perjalanan karier di Gresik hingga Lamongan

Profil Malik Risaldi, Pemain Lokal Terbaik Gabung PersebayaMalik Risaldi, pemain yang bergabung ke Persebaya dari Madura United (instagram.com/malikrisaldi77)

Karier sepak bola Malik Risaldi dimulai ketika menimba ilmu di WCP Academy, sekolah sepak bola milik mantan pemain Timnas, Widodo Cahyono Putro. Malik berlatih di WCP Academy pada 2010 hingga 2013.

Lalu, Malik bergabung ke Gresik United Youth pada 2013 dan Persela U-21 pada 2016. Karier profesionalnya baru terjadi ketika Malik bergabung ke Aceh United pada 2017.

Namun, Malik hanya bertahan semusim di klub paling barat Indonesia itu. Pada 2018, Malik kembali ke klub pertamanya, Gresik United. Lagi-lagi hanya semusim, dia pindah ke klub Jawa Timur lainnya, Persela Lamongan pada 2019.

Bersama Laskar Joko Tingkir, Malik tampil sebanyak 69 kali dengan mencetak 6 gol dan 7 assist. Malik bermain di Persela selama empat musim, mulai dari 2018/19 hingga 2021/22. 

Baca Juga: 11 Ayah dan Anak yang Berkarier di Sepak Bola Indonesia

3. Pemain lokal tersubur di Liga 1 2023/24

Profil Malik Risaldi, Pemain Lokal Terbaik Gabung PersebayaMalik Risaldi, pemain yang resmi bergabung ke Persebaya dari Madura United (instagram.com/malikrisaldi77)

Penampilan Malik yang apik di Persela Lamongan membuat Madura United tertarik mendatangkannya. Malik Risaldi resmi bergabung ke Madura United pada musim 2022/23.

Malik langsung tancap gas pada musim pertamanya di Laskar Sape Kerrab. Dia jadi pemain reguler sebagai sayap kanan dan tanpa mengalami cedera sepanjang musim. Meski sempat beberapa kali masuk bangku cadangan dan akumulasi kartu. Pada musim itu, dia mencetak 3 gol dan 3 assist.

Malik Risaldi kembali menunjukkan tajinya di Liga 1 2023/24. Dia bermain sebanyak 36 kali dengan mencetak 13 gol dan 4 assist di semua kompetisi. Dia juga nyaris tampil penuh sepanjang musim, hanya satu kali absen karena akumulasi kartu.

Torehan 13 gol membuat Malik Risaldi menjadi pemain lokal tersubur di Liga 1 2023/24. Sedangkan top skor di atasnya merupakan pemain luar seperti David da Silva (Persib), Flavio Silva (Persik), Alex Martins (Dewa United), hingga Gustavo Almeida (Persija).

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia Sepanjang 2024, Ada Piala ASEAN

4. Dipanggil Timnas Indonesia

Profil Malik Risaldi, Pemain Lokal Terbaik Gabung PersebayaMalik Risaldi berseragam Timnas Indonesia saat melawan Tanzania (instagram.com/malikrisaldi77)

Penampilan apik di Madura United musim lalu membuat Malik dipanggil Shin Tae Yong untuk membela timnas di Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Malik dipilih untuk mengisi kekosongan posisi pelapis sayap yang ditinggal Yance Sayuri karena cedera.

Malik mencatatkan debutnya di timnas dalam laga uji coba melawan Tanzania, Minggu (2/6/2024). Sayangnya, dia hanya di bangku cadangan saat Indonesia melawan Irak dan Filipina.

Demikianlah profil Malik Risaldi, pesepak bola yang resmi bergabung Persebaya Surabaya di Liga 1 2024/2025.

Baca Juga: 4 Skenario Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya