Profil Josh Holong, Striker Timnas di Piala AFF U-16 2024

Cetak dua gol versus Laos di fase grup

Josh Holong merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 yang tampil apik di Piala AFF U-16 2024. Holong mencetak dua gol dalam laga fase grup terakhir melawan Laos yang berakhir 6-1 pada Kamis (27/6/2024) malam di Stadion Manahan, Solo.

Dalam laga tersebut, Holong tampil sejak menit awal. Dia mencetak gol pertamanya lewat sundulan di babak pertama. Lalu, gol kedua di babak kedua dicetak lewat tendangan cantik di dalam kotak penalti.

Berikut profil Josh Holong dan awal kariernya sebagai pemain sepak bola yang menarik diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Profil Josh Holong

Profil Josh Holong, Striker Timnas di Piala AFF U-16 2024Pemain Timnas Indonesia U-16: Raihan (19), Josh Holong (20), dan Daniel (12) (pssi.org)

Josh Holong lahir pada 1 April 2008 atau saat ini berusia 16 tahun. Holong merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang, tapi juga sering bermain di posisi winger hingga striker.

Pemain bernomor punggung 20 di Timnas Indonesia ini dikenal sebagai pemain serba bisa yang tajam dan memiliki visi bermain yang kuat. Holong juga memiliki kemampuan operan yang baik.

2. Awal karier Josh Holong

Profil Josh Holong, Striker Timnas di Piala AFF U-16 2024Josh Holong, pemain Timnas Indonesia U-16 (indonesiajuniorleague.com)

Josh Holong mulai menekuni sepak bola sejak berusia enam tahun. Dia bergabung ke sekolah sepak bola lokal bernama Farmel Isvill Football Academy yang berbasis di Tangerang, Banten.

Pemain dengan tinggi 177 cm ini lantas mulai menampakkan kualitasnya sejak menimba ilmu di SSB tersebut. Sampai sekarang, Josh Holong memperkuat klub muda tersebut sampai saat ini dipanggil Nova Arianto ke timnas.

Baca Juga: Profil Mierza Firjatullah, Pengoleksi Gol Timnas U-16

3. Tampil di Piala AFF U-16 2024

Profil Josh Holong, Striker Timnas di Piala AFF U-16 2024Pemain Timnas Indonesia U-16 (pssi.org)

Josh Holong dipanggil pelatih Nova Arianto untuk membela Timnas Indonesia U-16 pada ajang Piala ASEAN atau Piala AFF U-16 2024. Holong tampil sebagai starter pada dua laga fase grup melawan Filipina dan Laos.

Dia mencetak dua gol pada laga melawan Laos. Gol pertama Holong lahir di menit ke-36 dari throw in jarak jauh Fabio yang disambut Tristan dan disundul Holong.

Sementara gol kedua Holong terjadi di menit ke-60. Gol tercipta dari umpan Daniel yang diterima Holong di dalam kotak penalti. Dengan cepat, Holong berbalik badan untuk lepas dari penjagaan dan segera menendang langsung ke gawang kiper Laos.

Demikian tadi profil Josh Holong, striker Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 yang mencetak dua gol dalam laga fase grup terakhir melawan Laos.

Baca Juga: Profil Noa Leatomu, Pesepak Bola Keturunan Belanda-Maluku

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya