Profil Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah Ambon

Berpotensi jadi pemain naturalisasi

Pemain Belanda yang punya darah Indonesia, Jairo Riedewald dikabarkan berpotensi bisa membela Timnas Indonesia. Setelah dikabarkan terbuka untuk membela Garuda pada Februari 2024, Jairo kembali disebut berpotensi untuk dinaturalisasi.

Jairo Riedewald merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan atau bek tengah. Saat ini, Riedewald memperkuat tim Liga Pro Belgia, Royal Antwerp. Sebelumnya, dia juga pernah membela beberapa klub elite Eropa seperti Ajax Amsterdam dan Crystal Palace.

Seperti apa profil Jairo Riedewald? Berikut perjalanan kariernya di dunia sepak bola.

1. Profil Jairo Riedewald

Profil Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah AmbonJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (skysports.com)

Jairo Jocquim Riedewald atau Jairo Riedewald merupakan pemain yang lahir di Haarlem, Belanda pada 9 September 1996. Pemain sepak bola setinggi 182 cm ini berposisi sebagai gelandang bertahan dengan kaki kiri sebagai andalan.

Saat ini, Jairo Riedewald membela klub kasta tertinggi Liga Belgia, Royal Antwerp. Riedewald pindah ke Royal Antwerp setelah sebelumnya membela klub Inggris, Crystal Palace. Dia pindah pada musim 2024/2025 dengan status bebas transfer.

Kabarnya, Riedewald memiliki darah Indonesia dari ibunya yang merupakan keturunan Belanda-Indonesia karena neneknya merupakan orang Ambon. Sedangkan ayahnya merupakan warga negara Suriname yang juga memiliki kedekatan sejarah dengan Indonesia.

2. Mulai karier di Ajax Amsterdam

Profil Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah AmbonJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (skysports.com)

Jairo Riedewald mengawali karier sepak bolanya sejak kecil dengan bergabung ke akademi sepak bola Haarlem, tanah kelahirannya. Pada usia 11 tahun, Jairo lantas pindah ke akademi Ajax Amsterdam Youth.

Jairo pun mulai berkembang bersama Ajax. Pada 2011, Jairo bergabung ke Ajax U17. Dua tahun berikutnya, Jairo sudah membela Ajax U19. Dia tampil sebanyak 23 kali di semua kompetisi bersama Ajax U19 dengan mengemas 1 gol dan 1 assist.

Momen terbaiknya terjadi pada 2014, yaitu ketika Jairo dipercaya membela skuad utama Ajax. Jairo membela Ajax Amsterdam selama tiga tahun dengan bermain sebanyak 93 kali. Bersama Ajax, Jairo mengemas 3 gol dan 3 assist.

Selain tampil di Eredivisie, Jairo juga bermain di beberapa kompetisi lainnya seperti Liga Champions, Liga Eropa, dan KNVB Beker.

Baca Juga: Profil Eliano Reijnders, Gelandang Belanda Berdarah Ambon

3. Bela klub Inggris hingga Belgia

Profil Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah AmbonJairo Riedewald, pemain Belanda keturunan Ambon yang bisa bela Timnas Indonesia (instagram.com/royal_antwerp_fc)

Pada Juli 2017, Jairo Riedewald memutuskan hijrah ke sepak bola Inggris dengan bergabung ke Crystal Palace. Jairo Riedewald menggunakan nomor punggung 44 di Crystal Palace.

Bersama The Eagles, Jairo Riedewald telah tampil sebanyak 91 kali dengan mengemas 3 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Selain di Liga Inggris, Jairo juga pernah bermain di FA Cup dan EFL Carabao Cup.

Setelah tujuh musim di Crystal Palace, Riedewald pindah ke Belgia untuk bergabung dengan klub kasta teratas, Royal Antwerp dengan status free transfer. Namun, di awal musim, dia langsung menepi karena mengalami cedera hamstring.

Baca Juga: Profil Cyrus Margono, Kiper Panathinaikos B Resmi Jadi WNI

4. Bela timnas Belanda dari kelompok umur hingga senior

Profil Jairo Riedewald, Pemain Belanda Berdarah AmbonJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (ajax.nl)

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Jairo Riedewald sudah membela Timnas Belanda pada kelompok umur. Mulai dari Belanda U15, U16, U17, U19, dan U21. Pada September 2015, Jairo Riedewald berhasil debut bersama timnas utama Belanda. Hingga saat ini, dia telah tampil sebanyak tiga kali bersama tim Oranje.

Itulah profil Jairo Riedewald yang kembali diisukan berpotensi dinaturalisasi menjadi WNI. Masih mungkinkah Riedewald membela Timnas Indonesia?

Baca Juga: Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran Belgia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya