Profil Fabio Azka Irawan, Bek Timnas U-16 Berjuluk The Next Arhan

Spesialis throw in jarak jauh

Fabio Azka Irawan menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia U-16 yang mendapat sorotan pada babak grup Piala AFF U-16 2024. Warganet di media sosial menjulukinya sebagai "The Next Pratama Arhan".

Dia kerap melakukan throw in atau lemparan ke dalam dari jarak jauh yang langsung mengarah ke kotak penalti lawan. Salah satu lemparannya di laga versus Laos berhasil berbuah gol ketiga untuk Indonesia. Lemparannya disambut Tristan dan diakhiri oleh sundulan Josh Holong.

Bagi yang penasaran, berikut profil Fabio Azka Irawan dan perjalanan karier sepak bolanya. Simak di bawah ini, ya!

1. Profil Fabio Azka Irawan

Profil Fabio Azka Irawan, Bek Timnas U-16 Berjuluk The Next ArhanFabio Azka Irawan, pemain Timnas Indonesia U-16 yang dijuluki The Next Pratama Arhan (instagram.com/fabioazka84)

Fabio Azka Irawan merupakan pesepak bola yang lahir di Tulang Bawang, Lampung pada 29 Februari 2008. Fabio berposisi sebagai bek sayap yang lebih sering mengisi posisi kanan lapangan. Namun, dia juga kerap dipasang sebagai bek tengah ataupun bek kiri.

Selain memiliki kemampuan lemparan yang jauh, Fabio juga dikenal sebagai bek tangguh yang cepat dan mampu memberi umpan jauh yang akurat. Tak heran kalau dia menjadi salah satu pemain kepercayaan Nova Arianto di skuad Timnas U-16.

2. Awal karier Fabio Azka Irawan

Profil Fabio Azka Irawan, Bek Timnas U-16 Berjuluk The Next ArhanFabio Azka Irawan, pemain Timnas Indonesia U-16 yang dijuluki The Next Pratama Arhan (instagram.com/fabioazka84)

Fabio Azka Irawan memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke sekolah sepak bola bernama Bimba FC. Bersama klubnya, dia pernah meraih juara di Kejuaraan Nasional Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOPSSI) pada 2022.

Pada 2023, Fabio bergabung ke Persija Jakarta U-16 yang berkompetisi di Elite Pro Academy Liga 1 musim 2023/2024. Dia menjadi salah satu pemain penting yang kerap tampil bersama tim muda Macan Kemayoran.

Bersama Persija U-16, Fabio sesekali menunjukkan skill melempar jauhnya. Hal itu dilihat oleh pelatih Nova Arianto, sehingga membuatnya kepincut dengan penampilannya. Coach Nova lantas memanggil Fabio ke timnas untuk memaksimalkan kemampuan yang dimilikinya.

Baca Juga: Profil Zahaby Gholy, Bintang U-16 Masa Depan Timnas Indonesia

3. Dijuluki The Next Pratama Arhan

Profil Fabio Azka Irawan, Bek Timnas U-16 Berjuluk The Next ArhanFabio Azka Irawan, pemain Timnas Indonesia U-16 yang dijuluki The Next Pratama Arhan (instagram.com/fabioazka84)

Fabio sering mendapat julukan "The Next Pratama Arhan" atau "Arhan kedua" karena memiliki kemampuan melakukan long throw in atau lemparan ke dalam jarak jauh seperti Pratama Arhan di timnas senior. Kemampuannya itu pun benar-benar dimanfaatkan secara maksimal di Piala AFF U-16 2024.

Selama babak grup, Fabio sudah terlibat dalam empat gol untuk Indonesia. Pada laga melawan Singapura, lemparan ke dalam Fabio berhasil disundul Mierza Firjatullah yang berbuah gol.

Pada laga melawan Laos, Fabio menjadi penendang sepak pojok yang kemudian berbuah gol bunuh diri Sayyavath Vansavath. Gol ketiga Indonesia juga lahir dari lemparan jauh Fabio ke kotak penalti Laos yang disambut Tristan dan disempurnakan Josh Holong menjadi gol.

Sebelum babak pertama berakhir, umpan free kick Fabio pun berhasil disundul Putu Panji dan membuahkan gol keempat untuk Indonesia.

Nah, itulah profil Fabio Azka Irawan, pemain Timnas Indonesia U-16 yang sering dijuluki "The Next Pratama Arhan" karena memiliki kemampuan long throw in.

Baca Juga: Profil Josh Holong, Striker Timnas di Piala AFF U-16 2024

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya