Profil Eliano Reijnders, Gelandang Belanda Berdarah Ambon

Adik dari bintang AC Milan, Tijjani Reijnders

Eliano Reijnders baru-baru ini menjadi perbincangan di kalangan pencinta sepak bola Indonesia. Pemain asal Belanda ini dikabarkan tengah mengurus berkas administrasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi.

Eliano kabarnya datang ke Indonesia bersama calon pemain naturalisasi dari Belanda lainnya, Mees Hilgers. Jika berhasil dinaturalisasi, adik kandung Tijjani Reijnders ini bisa menambah solid Pasukan Garuda di lini kanan dan tengah.

Berikut profil Eliano Reijnders dan perjalanan karier sepak bolanya yang menarik diketahui.

1. Profil Eliano Reijnders

Profil Eliano Reijnders, Gelandang Belanda Berdarah AmbonEliano Reijnders, pemain Belanda keturunan Ambon dan adik dari Tijjani Reijnders (instagram.com/eliano.r)

Eliano Reijnders merupakan pesepak bola asal Belanda kelahiran 23 Oktober 2000 yang memiliki keturunan Indonesia. Eliano memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Angelina Reijnders Lekatompessy yang punya keturunan Ambon, Maluku.

Sedangkan sang ayah, Martin Reijnders merupakan warga Belanda yang juga mantan pemain bola profesional. Ayahnya berkarier sejak 1989 hingga 2009 di sejumlah klub Belanda, Amerika Serikat, dan Finlandia.

Eliano memang baru pertama kali ke Indonesia setelah dikabarkan sedang mengurus berkas naturalisasi. Namun, kedekatannya dengan negara asal sang ibu sudah ada sejak lama.

Dalam wawancara dengan YouTuber Yussa Nugraha, dia mengatakan menyukai salah satu makanan Indonesia, yaitu rica-rica ikan yang sering dimasak ibu dan neneknya. Dia juga mengaku tahu beberapa kata bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk kehidupan pribadinya, Eliano memiliki kekasih bernama Marciana dan sudah dikaruniai seorang putra yang lahir pada awal 2023 lalu. Tak jarang Eliano juga membagikan foto bersama keluarga kecilnya di akun Instagram pribadinya.

Selain itu, Eliano juga merupakan adik kandung dari bintang AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reijnders Lekatompessy. Sayangnya, Tijjani Reijnders sudah sulit dinaturalisasi menjadi WNI karena memiliki karier mapan di AC Milan dan Belanda.

2. Karier sepak bola Eliano Reijnders

Profil Eliano Reijnders, Gelandang Belanda Berdarah AmbonEliano Reijnders, pemain Belanda keturunan Ambon dan adik dari Tijjani Reijnders (instagram.com/eliano.r)

Eliano Reijnders memulai karier sepak bolanya sejak berusia 10 tahun dengan bergabung ke klub amatir di dekat rumahnya, WVF. Dia belajar ilmu sepak bola selama empat tahun di sana sebelum pindah ke akademi profesional, FC Twente Youth.

Lalu, Eliano pindah ke klub amatir, CSV 28 pada 2015-2016. Hanya semusim, Eliano lantas melanjutkan kariernya di mantan klub sang ayah, PEC Zwolle. Dia bergabung dengan skuad Zwolle U-17, U-19, dan U-21 dalam rentang waktu 2016 hingga 2020.

Pada 2020, Eliano dipromosikan ke tim utama PEC Zwolle dan menjalani debutnya di Eredivisie, kasta tertinggi Liga Belanda. Pada musim 2022/23, dia dipinjamkan ke Utrecht U-21 selama semusim. Di sanalah dia berteman dengan pemain naturalisasi Indonesia, Ivar Jenner.

Pada akhir musim, Eliano kembali ke Zwolle dan masih bertahan sampai sekarang.  Secara statistik, Eliano telah mencatatkan 6 gol dan 7 assist dari 93 pertandingan bersama tim utama PEC Zwolle di semua kompetisi.

Baca Juga: Profil Mees Hilgers, Pemain Belanda Berdarah Manado

3. Pemain serbabisa yang akan dinaturalisasi

Profil Eliano Reijnders, Gelandang Belanda Berdarah AmbonEliano Reijnders, pemain Belanda keturunan Ambon dan adik dari Tijjani Reijnders (instagram.com/eliano.r)

Menariknya, Eliano Reijnders merupakan tipe pemain serbabisa yang mampu mengisi beberapa posisi. Sebenarnya posisi utama Eliano adalah bek kanan. Namun, dia juga bisa efektif dipasang sebagai bek kiri dan gelandang sayap.

Selain itu, Eliano juga merupakan pemain nomor 10 yang punya kemampuan suplai bola yang baik. Meski secara statistik, dia baru membuat 11 assist sepanjang kariernya.

Gelandang serbabisa ini tentu menjadi peluang bagi Timnas Indonesia untuk memperkuat lini tengah. Eliano bisa menjadi opsi Ivar Jenner dan Thom Haye di lini tengah atau Nathan Tjoe-A-On dan Idzes di lini belakang sayap.

Demikianlah profil Eliano Reijnders, pemain Belanda keturunan Ambon yang kabarnya akan dinaturalisasi menjadi WNI.

Baca Juga: Profil Ivar Jenner, Pemain Naturalisasi Baru Berdarah Jember

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya