Profil Delano Ladan, Opsi Lain Striker Naturalisasi Timnas

Striker muda asal Belanda

Timnas Indonesia masih darurat penyerang. Belum ada striker 'garang' yang bisa menjadi tombak andalan Pasukan Garuda. Saat ini, timnas hanya memiliki Rafael Struick, Hokky Caraka, Ramadan Sananta, dan Dimas Drajad sebagai pemain nomor sembilan.

Manajemen PSSI dan pelatih Shin Tae Yong pun bukan tanpa usaha. Selain menyiapkan pelatih striker, scout talent Timnas Indonesia juga mencari pemain-pemain diaspora di berbagai negara.

Salah satu nama pemain diaspora yang tak luput dipantau adalah Delano Ladan. Berikut profil Delano Ladan dan perjalanan kariernya di sepak bola.

1. Profil Delano Ladan

Profil Delano Ladan, Opsi Lain Striker Naturalisasi TimnasDelano Ladan, pemain asal Belanda keturunan Indonesia yang bisa menjadi opsi striker naturalisasi Timnas (instagram.com/delano_ladan)

Delano Ladan merupakan pesepak bola kelahiran Leiderdorp, Belanda pada 9 Februari 2000. Ladan kabarnya memiliki keturunan Indonesia dari salah satu kakeknya yang berasal dari Jawa. Dia berposisi sebagai striker nomor 9 yang juga bisa dipasang menjadi sayap kanan dan kiri.

Pemain berpostur 177 cm ini pernah membela beberapa klub junior di Belanda seperti ADO Den Haag hingga Feyenoord. Namun, pada musim 2024/2025, Ladan berstatus tanpa klub setelah semusim di TOP Oss.

2. Bela tim junior Den Haag hingga Feyenoord

Profil Delano Ladan, Opsi Lain Striker Naturalisasi TimnasDelano Ladan, pemain asal Belanda keturunan Indonesia yang bisa menjadi opsi striker naturalisasi Timnas (instagram.com/delano_ladan)

Delano Ladan memulai karier sepak bolanya dengan menimba ilmu di beberapa akademi sepak bola. Pada 2006 hingga 2011, Ladan belajar di Feyenoord Youth. Kemudian, dia melanjutkan perjalanannya ke akademi DSO Zoetermeer pada 2011.

Musim berikutnya, Ladan pindah ke akademi di Belanda lainnya, Haaglandia Youth dan ADO Den Haag Youth pada 2013-2015. Dia pun melanjutkan kariernya di tim kelompok umur Den Haag, yaitu U-17 dan U-19.

Di skuad Den Haag U-19, Ladan tampil cemerlang. Dia mencetak 14 gol dan 2 assist dari 31 laga. Penampilan Ladan di tim U-19 pun membuatnya dipercaya bergabung ke skuad utama ADO Den Haag pada musim 2017/2018. Sayangnya, dia hanya tampil empat kali selama semusim.

Musim berikutnya, dia dipinjamkan semusim ke klub kasta kedua Liga Belanda, TOP Oss. Dia tampil reguler sebanyak 31 pertandingan, tapi hanya mencetak 1 gol dan 1 assist.

Usai kembali ke Den Haag jelang musim 2019/2020, Ladan justru dilepas ke SC Cambuur dengan status bebas transfer. SC Cambuur adalah klub kasta kedua Liga Belanda lainnya.

Bersama SC Cambuur selama dua musim, Ladan total tampil 36 kali dengan mencetak 11 gol dan 2 assist. Namun, Cambuur tak memperpanjang kontrak dan Ladan sempat berstatus tanpa klub pada Juli-Oktober 2021.

Setelah menganggur beberapa bulan, Ladan mengambil kesempatan tampil bersama Feyenoord U-21 pada musim 2021/2022. Selama semusim, dia sukses menyarangkan 8 gol dan 1assist hanya dari 13 pertandingan.

Namun, Ladan kembali dilepas dengan bebas transfer ke klub lamanya, TOP Oss pada musim 2022/2023. Dia menjadi pemain reguler dengan 47 penampilan di semua kompetisi, meski hanya mampu mencetak 3 gol dan 1 assist.

Pada akhir musim 2023/24, TOP Oss resmi melepas Delano Ladan dengan bebas transfer. Hingga September 2024, belum ada klub yang tertarik memakai jasa Ladan.

Pernah tampil untuk Timnas Belanda

Ladan juga sudah sempat tampil bersama Timnas Belanda U-17 dan U-18 pada beberapa pertandingan persahabatan. Dia debut bersama Belanda U-17 pada Maret 2017 dan Belanda U-18 pada September di tahun yang sama. Dari total 12 pertandingan, Ladan mencetak tiga gol.

Baca Juga: Profil Mauro Zijlstra, Striker Muda Potensial bagi Indonesia

3. Beri sinyal tertarik gabung Timnas Indonesia

Profil Delano Ladan, Opsi Lain Striker Naturalisasi TimnasDelano Ladan, pemain asal Belanda keturunan Indonesia yang bisa menjadi opsi striker naturalisasi Timnas (instagram.com/delano_ladan)

Sejak 2023 lalu, banyak pihak yang menghubung-hubungkan Delano Ladan dengan Timnas Indonesia. Hal ini tak lepas dari beberapa sinyal yang diberikan Ladan di media sosial.

Ladan diketahui sudah mengikuti akun PSSI, Shin Tae Yong, dan Erick Thohir di Instagram. Di bio akun Instagram-nya, tertulis kata "ID NL" yang merupakan singkatan dari Indonesia dan Netherlands.

Pada sebuah unggahan akun fanbase Timnas Indonesia di Instagram, Ladan juga memberikan komentar berisi emotikon hati merah, burung elang, dan kata ID. Dia juga pernah berkomentar di akun Instagram Erick Thohir. Dia meminta ET untuk membuka direct message (DM) darinya.

Nah, itulah profil Delano Ladan, salah satu opsi yang bisa menjadi striker naturalisasi Timnas Indonesia. Kamu setuju kalau dia dinaturalisasi?

Baca Juga: Profil Ole Romeny, Pemain Utrecht Berdarah Medan Target PSSI

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya