Profil Arkhan Kaka, Striker Timnas Indonesia U-19

Andalan lini depan Timnas U-19

Arkhan Kaka, pemain muda yang digadang-gadang menjadi striker masa depan Timnas senior Indonesia. Terbaru, Kaka dipanggil coach Indra Sjafrie untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024 pada 17-29 Juli 2024 di Surabaya.

Arkhan Kaka memang menjadi andalan di lini depan Garuda Muda. Kaka pernah tampil di Piala AFF U-16 2022, Piala Dunia U-17 2023, Toulon Cup 2024, hingga beberapa laga persahabatan. Di level klub, Kaka menimba ilmu di beberapa akademi sepak bola dan kini berkarier di Persis Solo.

Berikut profil Arkhan Kaka dan perjalanan kariernya yang menarik diketahui. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Anak mantan striker Timnas Indonesia

Profil Arkhan Kaka, Striker Timnas Indonesia U-19Purwanto Suwondo dan Arkhan Kaka (instagram.com/purwanto.suwondo)

Arkhan Kaka Putra Purwanto merupakan pesepak bola muda kelahiran Blitar, 2 September 2007. Pemain yang akrab disapa Kaka ini berposisi sebagai striker dengan kaki dominan kanan.

Arkhan Kaka merupakan putra dari mantan pemain Timnas Indonesia di era 1990-an hingga awal 2000, Purwanto Suwondo. Ayah dan anak ini sama-sama berposisi sebagai penyerang dalam skuad. 

Karier sepak bola sang ayah pun tak bisa dianggap remeh. Purwanto pernah membela beberapa klub Indonesia seperti Persebaya, Arema, PSIS Semarang, Persela Lamongan, hingga Semen Padang. Sementara sang anak, Arkhan Kaka baru mulai merintis karier profesional bersama Persis Solo pada 2023 lalu.

2. Memulai karier di Blitar hingga Solo

Profil Arkhan Kaka, Striker Timnas Indonesia U-19Arkhan Kaka, pemain Timnas Indonesia dan Persis Solo (instagram.com/arkhan8kaka)

Perjalanan sepak bola Arkhan Kaka bermula dari tanah kelahirannya di Blitar. Kaka menimba ilmu di SSB Mitra Tunas Muda Blitar pada 2019. Lalu, dia bergabung ke PSBK Blitar U-13 pada tahun yang sama.

Kemudian, Arkhan melanjutkan karier belianya di Bhayangkara FC U-16 pada 2021 dan Persis Solo U-20 pada 2022. Semusim bersama skuad Laskar Sambernyawa U-20, Arkhan resmi menandatangani kontrak untuk tim senior Persis Solo.

Kaka pun menjadi salah satu pemain termuda yang berlaga di Liga 1 Indonesia. Pada Liga 1 2022/2023, Kaka hanya tampil tiga kali di akhir musim. Musim berikutnya, Kaka mendapatkan lebih banyak menit bermain. Dia tampil 15 kali dan mengemas satu assist.

Baca Juga: Profil Welber Jardim, Pemain Sao Paulo Bela Timnas U-20

3. Andalan di lini depan Timnas U-16 dan U-17

Profil Arkhan Kaka, Striker Timnas Indonesia U-19Arkhan Kaka, pemain muda Timnas Indonesia asal Blitar (instagram.com/arkhan8kaka)

Nama Arkhan Kaka pertama kali dikenal luas ketika ajang Piala AFF U-16 2022. Saat itu, Kaka menjadi salah satu pemain penting yang berhasil membawa Garuda Muda meraih gelar juara. Timnas U-16 mengalahkan Vietnam 1-0 lewat gol semata wayang Muhammad Kafiatur.

Setelah meraih gelar bersama skuad U-16, Kaka promosi ke level U-17 dan sempat tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Meski ujungnya Indonesia gagal lolos, nama Kaka telanjur terkenal berkat empat gol yang disarangkannya ke gawang Guam.

Menuju Piala Dunia U-17 2023, Arkhan Kaka kembali dipersiapkan pelatih Bima Sakti. Namun, nama Kaka sempat dicoret dari skuad TC Timnas Indonesia U-17. Dia dipulangkan oleh Bima Sakti karena dinilai tidak disiplin dan kurang bekerja keras. Meski pada akhirnya Kaka kembali dimasukkan ke dalam daftar skuad Timnas U-17 kala itu.

Pada 2024, Arkhan Kaka kembali dipanggil membela Timnas Indonesia. Kali ini Kaka tampil bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 pada 17-29 Juli di Surabaya. Arkhan Kaka dipasang sebagai striker oleh pelatih Indra Sjafrie bersama pemain naturalisasi, Jens Raven.

Baca Juga: Profil Zahaby Gholy, Pemain U-16 Debut di Piala Presiden 2024

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya