Profil Aidan Julien Bonvanie, Kiper Belanda Ikut TC Timnas U-17

Punya darah Indonesia dari sang ibu

PSSI telah merilis 35 nama pemain yang dipanggil mengikuti Training Camp (TC) Timnas Indonesia U-17 jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober mendatang. Pemusatan latihan akan dilakukan di Bali mulai pertengahan hingga akhir Agustus.

Dari daftar nama yang dipanggil, ada empat pemain diaspora yang berkarier di luar negeri. Keempatnya adalah Aidan Julien Bonvanie, Matthew Baker, Lucas Lee, dan Ocean Erwin Lim.

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Aidan Julien Bonvanie, kiper diaspora Belanda yang saat ini bermain di AVV Zeeburgia U-17. Berikut profil Aidan Julien Bonvanie selengkapnya!

1. Profil Aidan Julien Bonvanie

Profil Aidan Julien Bonvanie, Kiper Belanda Ikut TC Timnas U-17Aidan Julien Bonvanie, kiper diaspora asal Belanda yang dipanggil TC Timnas Indonesia U-17 (facebook.com)

Aidan Julien Bonvanie merupakan pemain muda diaspora asal Belanda yang lahir di Amsterdam pada 12 Juli 2009. Aidan merupakan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang. Saat ini, dia memiliki tinggi badan sekitar 185 cm dan masih sangat mungkin terus bertambah, mengingat usianya yang baru 15 tahun.

Aidan memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Saat kecil, Aidan diketahui juga pernah menjadi model cilik di majalah Indonesia.

Pemain setengah Indonesia dan setengah Belanda ini ternyata juga sudah memiliki paspor Indonesia. Alhasil, jika memilih berkarier di Timnas Indonesia, Aidan tidak perlu melewati proses naturalisasi.

2. Awal karier Aidan Julien Bonvanie

Profil Aidan Julien Bonvanie, Kiper Belanda Ikut TC Timnas U-17Aidan Julien Bonvanie, kiper diaspora asal Belanda yang dipanggil TC Timnas Indonesia U-17 (instagram.com/aidanjulienbonvanie)

Aidan Julien Bonvanie memulai karier sepak bolanya dengan bermain di AVV Zeeburgia U-17, klub yang berbasis di Amsterdam, Belanda. Sebagai penjaga gawang, Aidan memiliki statistik yang mengesankan.

Musim lalu, Aidan mencatatkan 14 kali clean sheet dari 24 pertandingan. Bahkan, dia juga menjadi Man of the Match dalam 12 laga. Selain itu, dia juga sukses menepis 10 dari 13 tendangan penalti.

Baca Juga: Profil Zahaby Gholy, Pemain U-16 Debut di Piala Presiden 2024

3. Dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17

Profil Aidan Julien Bonvanie, Kiper Belanda Ikut TC Timnas U-17Potret Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Aidan Julien Bonvanie baru pertama kali dipanggil untuk membela skuad muda Timnas Indonesia. Pada Piala AFF U-16 bulan Juni lalu, namanya belum diikutkan dalam TC skuad Garuda.

Pemanggilan Aidan ke Timnas ini berarti juga menggeser Ferran Alinegara yang sebelumnya disebut-sebut akan menjadi calon kiper skuad Garuda Muda U-17. Ferran Alinegara adalah pemain berpaspor Indonesia yang kini bermain di akademi ADO Den Haag.

Aidan dan pemain lainnya yang dipanggil akan mengikuti pemusatan latihan di Bali pada 12-31 Agustus 2024 dengan dua laga uji coba. Setelah itu, mereka juga akan menjalani latihan di Spanyol pada September sebelum terbang ke Kuwait.

Demikianlah profil Aidan Bonvanie, kiper berpaspor Indonesia asal Belanda yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mungkinkah Aidan lolos seleksi?

Baca Juga: Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora Bermarga Sitorus

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya