11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!

Gak cuma sarung tangan lho

Jangan salah, bukan hanya kiper sepak bola yang harus memiliki perlengkapan saat bertanding, tetapi kiper futsal pun membutuhkan perlengkapan sebagai pelindung ketika di lapangan. 

Secara umum, perlengkapan kiper futsal sama dengan perlengkapan yang dibutuhkan kiper sepak bola. Namun, ada beberapa produk yang secara khusus diperlukan kiper futsal untuk melindungi bagian tubuh maupun untuk menunjang performanya.

Penasaran apa saja perlengkapannya? IDN Times telah merangkumnya untuk kamu yang ingin menjadi kiper futsal profesional. Tidak hanya sebagai pelindung, berbagai perlengkapan ini membuat kamu terlihat lebih keren dan bergaya. Simak terus sampai akhir, ya!

1. Helmet atau head gear

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Petr Cech (90min.com)

Perlengkapan bagian paling atas untuk seorang kiper futsal adalah helmet atau disebut juga head gear. Sebagai kiper yang sering melakukan manuver dalam menepis dan menangkap bola, tentu membutuhkan proteksi tambahan pada bagian kepala. Sebab bagian kepala cenderung rawan terbentur bola maupun pemain lain.

Apalagi jika seorang kiper baru pulih dari cedera kepala, sudah pasti ia membutuhkan pelindung kepala agar mencegah hal yang buruk kembali terjadi. Oleh karena itu, seorang kiper profesional membutuhkan perlengkapan helmet atau head gear.

2. Sarung tangan full gloves/full finger

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Instagram.com/nadeowinataa

Posisi kiper sepak bola identik dengan sarung tangan, begitu pula kiper futsal. Kiper pada olahraga futsal biasanya dibebaskan apakah ingin menggunakan sarung tangan atau tidak.

Kamu bisa mencoba sarung tangan yang full atau menutupi seluruh bagian tangan seperti sarung tangan kiper sepak bola. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih sarung tangan yang berbahan latex karena lebih lengket saat menangkap bola.

Kamu bisa memilih perlengkapan kiper futsal yang satu ini atau sarung tangan semi-gloves yang akan dibahas setelah ini.

3. Sarung tangan semi gloves/half finger

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Muhammad Albagir (instagram.com/muhammadalbagir13)

Sarung tangan semi-gloves atau half-finger adalah sarung tangan yang tidak menutup seluruh tangan dan masih memperlihatkan bagian ujung jari.

Pada dasarnya, sarung tangan ini juga memiliki fungsi yang sama dengan sarung tangan full finger, yaitu menjaga tangan dan jari agar tidak cedera saat menepis dan menangkap bola.

Kamu bisa memilih jenis sarung tangan ini jika merasa sarung tangan full finger terlalu berat dan membatasi gerakan tanganmu.

4. Finger tape

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Timnas Futsal Indonesia coba memutus dominasi Thailand di final Piala AFf Futsal 2022. (Dok. PSSI)

Pilihan lain perlengkapan kiper futsal jika kamu tidak ingin menggunakan sarung tangan full finger maupun half finger adalah bisa menggunakan finger tape. Finger tape atau roll tape adalah plester yang digunakan untuk mencegah cedera di bagian tubuh yang ditempel.

Dengan menggunakan finger tape, tangan kamu bisa lebih bergerak bebas dan lebih mendapatkan''feel' saat memegang maupun melempar bola. 

5. Elbow pad

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Penjaga gawang Timnas Futsal Indonesia, Muhammad Albagir. (Instagram/@muhammadalbagir13)

Perlengkapan kiper futsal berikutnya adalah elbow padElbow pad merupakan pelindung siku yang terbuat dari kain dan plastik pada bagian sudut siku. Tidak bisa dimungkiri, saat bertanding kiper dituntut untuk melompat ke segala arah, jatuh ke tanah, hingga menepis agar bola tidak masuk ke gawang timnya.

Oleh sebab itu, seorang kiper membutuhkan elbow pad untuk melindungi bagian siku dari rasa sakit saat jatuh ke lantai maupun cedera.

6. Aksesoris magnet

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Muhammad Albagir (instagram.com/muhammadalbagir13)

Meski jarang terdengar dan terlihat aneh, aksesoris magnet atau balance accessory ini penting bagi seorang kiper futsal. Sebab perlengkapan ini akan meningkatkan respons otot seorang kiper.

Selain itu, alat ini juga bisa meningkatkan respons fungsi otak atau respons sinaptik. Tubuh seorang kiper yang menggunakan ini juga lebih fleksibel, berstamina dan lebih seimbang.

7. Shin guard

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Shin guard adidas (adidas.co.id)

Alat ini adalah pelindung untuk tulang kering pemain futsal, termasuk kiper. Shin guard atau sering disebut deker ini merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting bagi seorang pemain futsal.

Aksi dan manuver yang sering dilakukan seorang kiper futsal saat bertanding membuat bagian kakinya rawan berbenturan dengan kaki pemain lawan. Hal itu bisa mengakibatkan cedera parah pada bagian tulang kering.

Oleh sebab itu, shin guard biasanya juga menjadi perlengkapan wajib bagi pemain futsal saat pertandingan resmi. Jika ketahuan tidak memakai, bisa diberikan kartu kuning oleh wasit.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Baju Jersey yang Keren untuk Olahraga Futsal, Simak!

8. Celana khusus kiper

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma di Piala Eropa 2020 (Instagram.com/gigiodonna99)

Perlengkapan kiper futsal berikutnya adalah celana yang didesain khusus bagi kiper futsal maupun sepak bola. Misalnya pada bagian sisi lutut dan paha terdapat busa yang berfungsi sebagai peredam saat kiper jatuh dan terbentur.

Pasalnya, seorang kiper akan sering melakukan berbagai manuver untuk mengamankan bola datar maupun bola lambung. 

9. Knee pad

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!ilustrasi knee pad (mercurynews.com)

Hampir sama seperti elbow pad, perlengkapan kiper yang satu ini juga berfungsi untuk melindungi bagian tubuh tertentu. Bedanya jika elbow pad melindungi bagian siku, maka knee pad melindungi bagian lutut kiper futsal.

Fungsinya untuk mengurangi kemungkinan cedera pada lutut saat kiper menjatuhkan diri. Sebab lapangan futsal yang keras juga bisa memperbesar kemungkinan cedera pada bagian lutut.

10. Kaos kaki

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!BTS FC vs Safin (Dok. Sekretariat Federasi Futsal Indonesia)

Kaos kaki merupakan salah satu perlengkapan kiper futsal yang wajib dimiliki. Kaos kaki sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dikenakan pemain futsal, termasuk posisi kiper.

Biasanya para pemain menggunakan kaos kaki panjang hingga bawah lutut untuk menutupi shin guard yang dipakai dan memberi perlindungan ekstra agar terhindar dari kemungkinan lecet pada kaki.

11. Sepatu

11 Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Kamu Punya, Catat!Ilustrasi sepatu futsal (instagram.com/specs_indonesia)

Perlengkapan yang terakhir tentu saja adalah sepatu futsal. Dalam memilih sepatu futsal, kamu harus mengutamakan kenyamanan saat dipakai dan tidak licin jika bergesekan dengan lapangan futsal. Biasanya dengan memperhatikan bahan dan desain pada bagian sol bawah sepatu.

Saat ini banyak merek sepatu yang menawarkan berbagai desain dan fitur baru pada bagian sol sepatu futsal agar menunjang performa pemain di lapangan. Beberapa produk sepatu futsal asal Indonesia yang terkenal kualitasnya, contohnya Specs dan Ortuseight.

Nah, itulah tadi 11 perlengkapan kiper futsal yang wajib kamu miliki saat bertanding di lapangan. Selain berguna untuk melindungi bagian tubuh tertentu, perlengkapan-perlengkapan ini juga membuat kamu terlihat profesional dan keren.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Sepatu Futsal Ortuseight, Kualitas Juara!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya