5 Pemain Arab Saudi yang Wajib Diwaspadai, Ada Bek Sangar

Ada yang bermain di AS Roma

Ada beberapa pemain Arab Saudi yang harus diwaspadai Timnas Indonesia jelang laga Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan ini akan digelar di King Abdullah Sports City, Jeddah pada 6 September dini hari WIB.

Pemain-pemain Arab ini dikenal tangguh dan menjadi pemain penting bagi skuad The Green Falcons. Bersama klubnya, beberapa pemain ini juga masuk dalam skuad utama dan menjadi tombak serangan di lini depan.

Di antara sejumlah pemain yang dibawa pelatih Roberto Mancini, berikut beberapa pemain Arab Saudi yang wajib diwaspadai. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Firas Al Buraikan

5 Pemain Arab Saudi yang Wajib Diwaspadai, Ada Bek SangarFiras Al Buraikan, pemain Timnas Arab Saudi yang wajib diwaspadai (transfermarkt.com)

Firas Al Buraikan merupakan pemain muda Arab Saudi kelahiran 14 Mei 2000 yang kini memperkuat Al-Ahli. Al Buraikan memiliki tinggi 181 cm dengan kaki dominan kiri. Dalam skuad, Al Buraikan berposisi sebagai striker, sayap kanan, atau sayap kiri.

Secara statistik, Al Buraikan telah mencatatkan 9 gol dan 4 assist dari 41 penampilannya bersama Timnas Arab Saudi. Dia tampil di beberapa kompetisi seperti Piala Dunia, Kualifikasi Piala Dunia, Arabian Gulf Cup, FIFA Arab Cup, Asian Cup, hingga pertandingan persahabatan.

Pada level klub, Al Buraikan merupakan jebolan Al-Nassr pada 2011-2017. Setelah dari Al-Nassr, dia memperkuat Al-Fateh pada musim 2021/2022 dan pindah ke Al-Ahli pada musim 2023/24 hingga sekarang.

2. Saleh Al Shehri

5 Pemain Arab Saudi yang Wajib Diwaspadai, Ada Bek SangarSaleh Al Shehri, pemain Timnas Arab Saudi (instagram.com/saleh_alshehri11)

Saleh Al Shehri merupakan pemain Arab Saudi kelahiran 1 November 1993. Al Shehri kini memperkuat klub elite Arab, Al-Ittihad sebagai striker maupun second striker.

Secara karier profesional, Al Shehri pertama kali bergabung ke Al-Ahli pada 2015. Dia pernah membela beberapa klub Arab seperti Al-Hilal, Al-Raed, dan Al-Ittihad. Striker berpostur 184 cm ini telah mencatatkan sejumlah gol bersama skuadnya. Rekor terbesarnya adalah mencetak 24 gol dan 6 assist dari 138 penampilan bersama Al-Hilal.

Sedangkan bersama Timnas Arab Saudi, Al Shehri pernah mencetak satu gol saat melawan Argentina di Piala Dunia 2022. Secara total, dia sudah mencatatkan 13 gol dan 2 assist di semua kompetisi bersama The Green Falcons.

3. Ali Albulayhi

5 Pemain Arab Saudi yang Wajib Diwaspadai, Ada Bek SangarAli Albulayhi, pemain Timnas Arab Saudi (instagram.com/blihi_33)

Ali Albulayhi menjadi salah satu pemain Arab Saudi yang terkenal karena ulahnya di lapangan. Albulayhi beberapa kali melakukan psywar terhadap pemain-pemain top dunia seperti Son Heung-min, Cristiano Ronaldo, hingga Lionel Messi. Cara ini dilakukannya untuk memancing emosi dan menurunkan kepercayaan diri pemain lawan.

Ali Albulayhi merupakan bek tengah kelahiran 21 November 1989 yang kini membela Al-Hilal. Memiliki tinggi 182 cm dan berpostur besar, Albulayhi menjadi sosok bek tangguh yang bisa menjadi ancaman bagi striker lawan.

Albulayhi telah tampil sebanyak 47 kali bersama Timnas Arab Saudi di semua kompetisi. Dia pernah mencetak dua gol, yaitu pada laga Asian Cup dan pertandingan persahabatan.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia Sepanjang 2024, Ada Piala ASEAN

4. Saud Abdulhamid

5 Pemain Arab Saudi yang Wajib Diwaspadai, Ada Bek SangarSaud Abdulhamid, pemain Timnas Arab Saudi (instagram.com/s.abdualhamed66)

Saud Abdulhamid adalah satu dari sedikit pemain asal Arab Saudi yang berkarier di Eropa. Abdulhamid merupakan bek serbabisa kelahiran Jeddah, 18 Juli 1999 yang kini memperkuat klub Serie A, AS Roma. Dia dibeli AS Roma dari Al-Hilal dengan mahar sekitar Rp40 miliar.

Bek dengan tinggi 175 cm ini bisa menempati posisi bek kanan, bek kiri, maupun bek tengah. Kelincahannya membuat Abdulhamid menjadi andalan The Green Falcons untuk menambah daya gedor dari sisi lapangan. Abdulhamid telah mencatatkan 33 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 3 assist bersama Timnas Arab. 

Baca Juga: Daftar Nomor Punggung Timnas Indonesia, Sering Diacak

5. Salem Al Dawsari

5 Pemain Arab Saudi yang Wajib Diwaspadai, Ada Bek SangarSalem Al Dawsari, pemain Timnas Arab Saudi (the-afc.com)

Satu lagi pemain Arab Saudi yang patut diwaspadai Indonesia, yaitu Salem Al Dawsari. Al Dawsari merupakan pemain kelahiran 19 Agustus 1991 yang saat ini membela Al-Hilal. Dia berposisi sebagai sayap kiri, tapi juga bisa menempati sayap kanan dan gelandang serang.

Secara statistik, Al Dawsari telah mencetak 22 gol dan 5 assist dari 79 pertandingan di semua kompetisi bersama Timnas Arab. Bahkan, pada kualifikasi piala dunia, pemain berpostur 171 cm ini telah mencetak 10 gol dan 2 assist. Tak heran kalau dia disebut jadi mesin gol bagi Green Falcons.

Demikianlah beberapa pemain Arab Saudi yang wajib diwaspadai Shin Tae Yong dan pemain Timnas Indonesia. Kalau prediksimu, siapa yang akan menang di laga nanti?

Baca Juga: Profil Calvin Verdonk, Pemain Naturalisasi Berdarah Aceh

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya