7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten Paes

Berdasarkan market value atau nilai pasarnya

Pesepak bola dengan nilai termahal selalu menarik untuk disimak. Tak hanya pemain depan, tapi sejumlah kiper sebagai benteng pertahanan terakhir dalam sebuah tim juga memiliki market value atau nilai pasar yang tinggi.

Di Asia, beberapa kiper diketahui memiliki nilai yang mahal seperti kiper Jepang, Zion Suzuki hingga kiper naturalisasi Indonesia, Maarten Paes. Meski begitu, nilai kiper-kiper di Asia ini tetap tak setinggi kiper di Benua Biru.

Berikut daftar kiper termahal di Asia berdasarkan market value atau nilai pasarnya. Simak siapa saja pemainnya di bawah ini!

1. Mathew Ryan

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesMathew Ryan (instagram.com/officialasromainstagram.com/matyryan)

Mathew Ryan adalah penjaga gawang Timnas Australia yang saat ini bermain untuk klub Serie A, AS Roma. Ryan baru saja bergabung ke AS Roma pada musim 2024/2025 dengan status bebas transfer.

Mathew Ryan menjadi kiper termahal di Asia dengan nilai pasar sebesar 3,5 juta euro atau Rp59,5 miliar.

Ryan merupakan kiper kelahiran Plumpton, Australia pada 8 April 1992. Kiper dengan tinggi 184 cm ini sebelumnya memiliki karier di sejumlah klub Australia hingga Eropa.

Ryan memulai kariernya di klub Australia, yaitu Blacktown City dan Central Coast pada 2008-2010. Lalu, dia memulai petualangannya ke beberapa klub Eropa. Mulai dari Club Brugge (Belgia), Valencia (Spanyol), KRC Genk (Belgia), Brighton (Inggris), Arsenal (Inggris), Real Sociedad (Spanyol), Copenhagen (Denmark), AZ Alkmaar (Belanda), hingga AS Roma (Italia).

2. Zion Suzuki

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesZion Suzuki (instagram.com/zionsuzuki)

Zion Suzuki merupakan kiper Timnas Jepang berdarah campuran. Ibunya berasal dari Jepang, sedangkan sang ayah berasal dari Ghana. Namun, Suzuki lahir di New Jersey, Amerika Serikat pada 21 Agustus 2002.

Zion Suzuki menjadi kiper termahal kedua di Asia setelah Mathew Ryan dengan nilai 2,5 juta euro atau Rp42,5 miliar.

Saat ini, Suzuki membela tim Serie A, Parma. Dia menandatangani kontrak lima tahun hingga 2029 bersama I Crociati dengan mahar 7,5 juta euro.

Sebelumnya, Suzuki bermain untuk klub Belgia, Sint-Truiden meski hanya setengah musim. Sebelum itu, dia membela tim Jepang, Urawa Reds sejak awal kariernya pada 2018.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal Asia Tenggara 2024, Ada Mees Hilgers

3. Yohei Takaoka

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesYohei Takaoka, kiper Vancouver Whitecaps di MLS asal Jepang (instagram.com/yoheitakaoka18)

Yohei Takaoka merupakan kiper asal Jepang yang saat ini bermain untuk tim MLS atau Liga Amerika, Vancouver Whitecaps FC. Takaoka memiliki market value sebesar 2 juta euro atau Rp34 miliar.

Takaoka sendiri lahir di Kanagawa, Jepang pada 16 Maret 1996. Dia memulai kariernya di Yokohama FC pada 2013 dan sempat pindah ke Sagan Tosu pada 2019.

Pada musim 2022/23, Takaoka direkrut oleh Vancouver. Dia menjadi kiper utama Vancouver dan sudah tampil dalam 72 pertandingan dengan catatan 16 kali clean sheets dan 101 kebobolan.

4. Keisuke Osako

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesKeisuke Osako, kiper Sanfrecce Hiroshima dan Timnas Jepang (instagram.com/keisuke.osako)

Masih dari Jepang, kiper termahal keempat di Asia adalah Keisuke Osako. Osako memiliki nilai pasar sebesar 1,6 juta euro atau Rp27,2 miliar.

Keisuke Osako merupakan kiper kelahiran Kagoshima, Jepang pada 28 Juli 1999. Saat ini, Osako membela tim Jepang, Sanfrecce Hiroshima. Klub ini dibelanya sejak pertama kali memulai karier sepak bolanya.

Mengutip Transfermarkt, kiper dengan tinggi 188 cm ini telah tampil 190 kali dan mencatatkan 74 clean sheets.

Baca Juga: Profil Cyrus Margono, Kiper Panathinaikos B Resmi Jadi WNI

5. Maarten Paes

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesMaarten Paes saat membela FC Dallas (Instagram/maartenpaes)

Kiper naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes menjadi salah satu kiper termahal di Asia dengan nilai pasar sebesar 1,5 juta euro atau Rp25,5 miliar. Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998 dan mendapatkan kewarganegaraan Indonesia pada April 2024 lalu.

Saat ini, Maarten Paes membela tim MLS, FC Dallas. Sebelumnya, Paes berkarier di Belanda dengan bermain untuk beberapa klub seperti FC Utrecht, NEC Nijmegen, VV Union Youth.

Secara statistik, Paes telah tampil dalam 187 pertandingan dengan mencatatkan 43 clean sheets dari semua kompetisi.

6. Joe Gauci

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesJoe Gauci (avfc.co.uk)

Joe Gauci merupakan kiper Timnas Australia yang saat ini membela tim Premier League, Aston Villa. Gauci memiliki nilai pasar sebesar 1,5 juta euro atau Rp25,5 miliar.

Joe Gauci memulai kariernya di Australia dengan menimba ilmu di akademi Waiheke United, Cumberland United, SA NTC, dan WT Birkalla. Lalu, dia meneruskan karier seniornya dengan bergabung ke Central Coast, Melbourne City, dan Adelaide United hingga musim 2023/2024.

Baca Juga: Profil Aidan Julien Bonvanie, Kiper Belanda Ikut TC Timnas U-17

7. Rustam Yatimov

7 Kiper Termahal di Asia, Ada Maarten PaesRustam Yatimov saat tampil di Piala Asia 2023 (instagram.com/fft_official)

Rustam Yatimov adalah kiper Timnas Tajikistan keturunan Rusia yang memiliki market value sebesar 1,2 juta euro atau Rp20,4 miliar. Saat ini, Yatimov membela klub Rusia, Rostov.

Sebelumnya, Yatimov sempat membela dua klub seperti Istiqlol Dushanbe (Tajikistan) dan Volga NN (Rusia). Selain itu, dia juga tampil membela Timnas Tajikistan sejak 2019 dan sudah mengemas 44 penampilan. Dia juga berhasil mencatatkan 17 kali clean sheets bersama timnas.

Nah, itulah daftar kiper termahal di Asia berdasarkan market value atau nilai pasarnya.

Baca Juga: 10 Klub Terkaya di Liga 1 Indonesia 2023/2024, Persib No. 1

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya