Kapan Finalissima Spanyol vs Argentina Digelar? Ini Jadwalnya

Messi dan Yamal akan bertemu

Ajang Euro 2024 dan Copa America 2024 telah selesai. Timnas Spanyol keluar sebagai juara Euro 2024 usai mengalahkan Inggris 2-1. Sementara Argentina menjadi juara Copa America 2024 setelah menang tipis 1-0 atas Kolombia di laga puncak.

Selanjutnya, Spanyol dan Argentina akan dipertandingkan dalam laga bertajuk Finalissima. Finalissima adalah pertandingan antara juara Euro (UEFA) dan Copa America (CONMEBOL).

Dengan laga ini, Lionel Messi dan Lamine Yamal akan dipertemukan dalam satu lapangan usai kedua nama ini banyak disorot selama Euro dan Copa America 2024. Lalu, kapan Finalissima Spanyol vs Argentina akan digelar? Simak di bawah ini!

1. Kapan Finalissima Spanyol vs Argentina digelar?

Kapan Finalissima Spanyol vs Argentina Digelar? Ini JadwalnyaSpanyol menjuarai Euro 2024. (uefa.com)

Finalissima merupakan pertandingan yang mempertemukan juara dari benua Eropa (Euro) dan juara Amerika Latin (Copa America). Biasanya, pertandingan Finalissima digelar setahun setelah ajang konfederasi rampung diselenggarakan.

Pada edisi Euro 2020 dan Copa America 2021, pertandingan Finalissima digelar setahun berikutnya pada 1 Juni 2022. Finalissima 2022 mempertemukan Italia sebagai juara Euro 2020 dan Argentina sebagai juara Copa America 2021.

Saat itu, Argentina menang telak 3-0 atas Italia di Wembley Stadium. Gol dicetak oleh Lautaro Martinez, Angel Di Maria, dan Paulo Dybala.

Lalu, kapan Finalissima Spanyol vs Argentina akan digelar? Sampai saat ini belum ada jadwal pasti kapan pertandingan ini akan diadakan. Namun, jika melihat edisi sebelumnya, Finalissima Spanyol vs Argentina kemungkinan akan diadakan antara Juni-Juli 2025.

2. Sejarah Finalissima

Kapan Finalissima Spanyol vs Argentina Digelar? Ini JadwalnyaFinalissima 2022 yang mempertemukan Italia vs Argentina (uefa.com)

Pertandingan Finalissima diadakan untuk merayakan kerja sama antara dua asosiasi sepak bola UEFA (Union of European Football Associations) dan CONMEBOL (Confederacion Sudamericana de Futbol).

Nama Finalissima berasal dari bahasa Latin yang artinya grand final. Pertandingan ini juga sempat beberapa kali berganti nama, seperti Artemio Franchi Cup, European/South American Nations Cup, dan Finalissima.

Finalissima pertama kali digelar pada 1985 dengan nama Artemio Franchi Cup. Saat itu, Prancis sebagai juara Euro 1984 mengalahkan Uruguay sebagai juara Copa America 1983 dengan skor 2-0.

Namun, Finalissima tidak rutin digelar setiap edisinya. Pertandingan Finalissima berikutnya baru diadakan setelah delapan tahun. Kala itu, Argentina menang adu penalti atas Denmark.

Baca Juga: 4 Perbedaan UEFA Nations League, Euro, dan Europa League

3. Mekanisme pertandingan Finalissima

Kapan Finalissima Spanyol vs Argentina Digelar? Ini JadwalnyaTrofi Finalissima (uefa.com)

Pertandingan Finalissima diadakan dengan waktu 2 x 45 menit tanpa babak tambahan waktu atau extra time. Jika setelah 2 x 45 menit skor masih imbang, maka pertandingan akan langsung dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

Finalissima juga digelar di stadion yang dipilih oleh kedua konfederasi. Kedua konfederasi juga menentukan wasit yang akan memimpin pertandingan.

Pemenang Finalissima akan mendapatkan trofi yang memiliki bentuk seperti gelas wine dengan dua orang yang saling berhadapan dan berpegangan tangan. Trofi Finalissima terbuat dari perak berlapis nikel abu-abu gelap. Bobot trofi Finalissima sekitar 8,5 kg dengan tinggi 45 cm.

Nah, itulah informasi tentang kapan Finalissima Spanyol vs Argentina akan diadakan. Jika benar-benar digelar, pertandingan ini akan menarik perhatian pencinta bola seluruh dunia karena akan mempertemukan Lionel Messi dan Lamine Yamal.

Baca Juga: 7 Pemain yang Harganya Bakal Naik Setelah Euro 2024

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya