Mengenal Fussballliebe, Bola Euro 2024 yang Super Canggih

Bisa mendeteksi sentuhan pemain pada bola

Salah satu hal yang menjadi sorotan dalam gelaran Euro 2024 adalah hasil teknologi VAR yang bisa diketahui lebih cepat. Jika biasanya wasit harus menunggu beberapa saat, kini wasit bisa langsung mengetahui hasil pengecekan VAR. Alhasil, tidak ada waktu yang terbuang sia-sia untuk menunggu hasil VAR.

Teknologi ini tidak terlepas dari fitur-fitur canggih yang ditanamkan di Fussballliebe, bola resmi untuk Euro 2024. Fussballliebe resmi diperkenalkan oleh Adidas pada November 2023 lalu dan saat ini digunakan di setiap pertandingan Euro 2024.

Fussballliebe memiliki sejumlah fitur dan teknologi canggih yang membantu wasit dalam membuat keputusan pertandingan seperti offside dan handball. Simak fitur-fitur di bola Fussballliebe berikut ini, yuk!

1. Tampilan bola Fussballliebe

Mengenal Fussballliebe, Bola Euro 2024 yang Super CanggihFussballliebe, nama bola resmi Euro 2024 (adidas.com)

Fussballliebe merupakan bola resmi Euro 2024 dari Adidas yang namanya diambil dari bahasa Jerman, artinya "Cinta Sepak Bola". Fussballliebe memiliki warna dasar putih dengan desain modern berupa bentuk sayap segitiga dan lingkaran hitam. Bola ini juga mengombinasikan warna cerah seperti merah, hijau, dan kuning untuk memberi kesan semangat dan pesta.

Pada edisi komersial yang dijual untuk umum, bola ini juga menampilkan nama kota dan gambar stadion yang dipakai untuk menggelar Euro 2024. Mulai dari Berlin hingga Leipzig.

2. Fitur Connected Ball Technology

Mengenal Fussballliebe, Bola Euro 2024 yang Super CanggihFussballliebe, nama bola resmi Euro 2024 (adidas.com)

Connected Ball Technology adalah fitur utama pada Fussballliebe yang baru pertama kali digunakan dalam sejarah Euro. Teknologi ini bertujuan mengirimkan data tentang bola secara akurat ke wasit VAR secara real-time.

Teknologi ini juga menampilkan data tentang posisi pemain yang dibantu dengan Artificial Intelligence (AI). Fitur ini bertujuan untuk membantu wasit dalam melihat posisi pemain yang offside secara cepat dan akurat.

Tidak hanya itu, bola Fussballliebe juga membantu penggunaan teknologi snickometer di Euro 2024. Teknologi snickometer bisa digunakan untuk mendeteksi pelanggaran handball oleh pemain.

Snickometer adalah teknologi pendeteksi frekuensi suara atau getaran saat bola menyentuh tubuh pemain. Snickometer menggunakan mikrofon super sensitif yang bisa menangkap frekuensi, lalu disalurkan ke alat untuk mengukur gelombang suara.

Teknologi ini bisa menampung sensor gerak unit pengukuran inersia 500Hz. Secara bersamaan, ada kamera di sekitar lapangan yang akan merekam gerak bola dan pemain. 

Baca Juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Euro 2024, Fase Grup hingga Final

3. Teknologi CTR-Core

Mengenal Fussballliebe, Bola Euro 2024 yang Super CanggihDominik Szoboszlai (uefa.com)

CTR-Core merupakan teknologi pada Fussballliebe untuk meningkatkan akurasi pemain saat menggiring atau menendang bola. Teknologi ini membantu permainan lebih cepat dan presisi dengan retensi udara yang maksimal.

Fussballliebe juga menggunakan fitur Precisionshell, yaitu kulit poliuretan (PU) yang memiliki tekstur mikro dan makro dengan bentuk panel sebanyak 20 bagian. Bagian permukaan bola juga bisa membantu mengontrol aliran udara, sehingga meningkatkan akurasi permainan.

Baca Juga: 10 Daftar Stadion Euro 2024 dan Lokasinya di Jerman

4. Terbuat dari Sustainable Bio-based Materials

Mengenal Fussballliebe, Bola Euro 2024 yang Super CanggihPemain Ukraina Mykhailo Mudryk berebut bola dengan bek Rumania Andrei Ratiu dalam duel Grup E Euro 2024. (uefa.com)

Selain teknologi canggih, Fussballliebe juga menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Fussballliebe menggunakan Sustainable Bio-based Materials, yaitu poliester daur ulang dan tinta berbahan dasar air.

Melansir laman Adidas, lapisan bola Fussballliebe menggunakan serat jagung, tebu, kayu, dan karet. Adidas mengatakan lebih banyak menggunakan bahan alami pada bola ini dibanding bola-bola produksi sebelumnya. Mereka juga mengeklaim bahan-bahan itu tidak memengaruhi kinerja bola.

Baca Juga: Daftar Wasit Euro 2024 dan Asal Negara, Ada Anthony Taylor

5. Bisa dibeli secara online

Mengenal Fussballliebe, Bola Euro 2024 yang Super CanggihTrofi Euro 2024 (uefa.com)

Fussballliebe bisa dibeli secara online lewat laman resmi Adidas atau Planetsports Asia dengan harga sekitar Rp540 ribu. Namun, bola yang dijual untuk umum tentu tidak memiliki fitur Connected Ball Technology yang bukan untuk komersial.

Selain itu, Adidas mengatakan akan memberikan donasi satu persen dari laba bersih penjualan ke Common Goal, proyek amal yang dibuat Streetfootballworld dan Juan Mata untuk mengatasi masalah sosial di dunia.

Nah, demikian informasi seputar Fussballliebe, bola resmi yang digunakan di Euro 2024. Keren banget!

Baca Juga: Jadwal dan Cara Nonton Euro 2024 di HP dan Laptop

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya