3 Rekor Sosok Termuda di Euro 2024, Jadi Sejarah

Rekor tercipta pada laga pembuka #EURO2024

Tua belum tentu berpengalaman. Muda belum tentu tidak bisa apa-apa. Sebaiknya jangan meremehkan orang lain hanya karena lebih muda. Seperti halnya yang terjadi di Euro 2024 ini.

Banyak sosok muda yang berpartisipasi di sana, baik sebagai pemain maupun pelatih. Mereka bahkan mampu mencetak rekor sosok termuda. Bukan hanya di Euro tahun ini, melainkan juga sepanjang sejarah turnamen antarnegara itu.

Siapa saja yang masuk rekor sosok termuda di Euro 2024 itu? Coba gulir sampai bawah, ya!

1. Lamine Yamal (Spanyol) menjadi pemain termuda di Euro 2024 dengan usia 16 tahun 338 hari

3 Rekor Sosok Termuda di Euro 2024, Jadi SejarahLamine Yamal, pemain muda Barcelona (fcbarcelona.com)

Lamine Yamal yang bermain di posisi sayap kanan merupakan pemain Barcelona dan Timnas Spanyol. Yamal menjadi starter di pertandingan melawan Kroasia yang berakhir 3-0 untuk kemenangan Spanyol. Dia bermain selama 86 menit, lalu digantikan Ferran Torres.

Yamal memecahkan dua rekor sekaligus saat itu. Pertama, dia menjadi pemain termuda di Euro 2024. Yamal memecahkan rekor pemain termuda sepanjang sejarah Euro dengan usia 16 tahun 338 hari. Kedua, dia menjadi pembuat assist termuda di Euro. Bukan tidak mungkin Yamal akan menjadi pemain bintang pada masa depan jika dapat mempertahankan performa terbaiknya.

Baca Juga: 3 Pemain Termuda Belgia yang Melakoni Debut di Euro

2. Dominik Szoboszlai (Hungaria) menjadi kapten termuda di Euro 2024 dengan usia 23 tahun 234 hari

3 Rekor Sosok Termuda di Euro 2024, Jadi SejarahDominik Szoboszlai, kapten Timnas Hungaria di Euro 2024 (liverpoolfc.com)

Selanjutnya, ada kapten termuda di Euro 2024. Pencetak rekor tersebut adalah Dominik Szoboszlai. Pemain asal Hungaria itu bermain di posisi gelandang tengah. Namun, dia juga bisa bermain sebagai gelandang serang. 

Szoboszlai menjadi kapten termuda di Euro 2024 pada usia 23 tahun 234 hari. Itu merupakan rekor kapten termuda sepanjang sejarah Euro. Dia menjadi kapten saat pertandingan melawan Swiss yang dimenangkan Swiss dengan skor 3-1. Patut ditunggu kelanjutan kiprah Hungaria di Euro 2024 bersama Dominik Szoboszlai.

3. Julian Nagelsmann (Jerman) tercatat sebagai pelatih termuda (36 tahun 327 hari) di Euro 2024

3 Rekor Sosok Termuda di Euro 2024, Jadi SejarahJulian Nagelsmann, pelatih Timnas Jerman di Euro 2024 (dfb.de)

Sosok satu ini cukup terkenal di kalangan pencinta sepak bola. Apalagi mengingat bakatnya dalam mengorganisasi sebuah tim. Julian Nagelsmann menjadi pelatih Timnas Jerman setelah Hansi Flick gagal memberi hasil yang memuaskan. Sebelumnya, Nagelsmann melatih 1899 Hoffenheim, RB Leipzig, dan Bayern Muenchen di level klub. Dia berhasil memenangkan 1 gelar juara Bundesliga Jerman dan 2 gelar juara Piala Super Jerman bersama Bayern Muenchen.

Nagelsmann baru resmi menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah Euro pada 2024. Rekor ini pecah saat Jerman melawan Skotlandia pada pertandingan pembuka turnamen antarnegara Eropa itu. Pertandingan berakhir dengan skor 5-1 untuk kemenangan Der Panzer. Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan terbesar Jerman selama mengikuti Euro. Usia Nagelsmann sendiri saat Jerman melawan Skotlandia adalah 36 tahun 327 hari. Usianya masih lebih muda daripada Manuel Neuer, kiper Timnas Jerman dan Bayern Muenchen, yang kini berusia 38 tahun. 

Bukan tidak mungkin akan ada rekor lainnya yang memecahkan rekor mereka yang tercatat sebagai sosok termuda di Euro. Bukan tidak mungkin juga rekor di kategori lain tercipta tahun ini. Masing-masing negara setidaknya sudah melakoni satu pertandingan di Euro 2024. Patut dinantikan rekor yang akan pecah pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain U-21 yang Siap Bersinar Bersama Turki di Euro 2024

William Tanamal Photo Verified Writer William Tanamal

Penyuka Anime Semua Genre, Terutama SoL, Comedy, Music, Romance Kadang Bahas Otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya