4 Pemain Crystal Palace yang Mewakili Inggris di Euro 2024

Ada Eberechi Eze #EURO2024

Bukan ManchesterUnited, Manchester City, Liverpool, Arsenal, atau Chelsea yang mengirim pemain terbanyak untuk Timnas Inggris di Euro 2024, melainkan Crystal Palace, tim yang finis di posisi kesepuluh English Premier League 2023/2024. Hal ini cukup mengejutkan mengingat Crystal Palace bukan tim yang mendapat banyak sorotan seperti tim Big Six.

Meski begitu, mereka menjadi tim yang cukup sering merepotkan lawan-lawannya. Tim ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Apalagi, mereka mampu menyumbang banyak pemain kepada Timnas Inggris. Siapa saja pemain Crystal Palace yang mewakili Inggris di Euro 2024?

1. Eberechi Eze akhirnya terbebas dari cedera untuk tampil di Euro

4 Pemain Crystal Palace yang Mewakili Inggris di Euro 2024Eberechi Eze (cpfc.co.uk)

Pemain Crystal Palace ini lahir pada 29 Juni 1998 di Greenwich, London Raya, dari orangtua Nigeria. Eberechi Eze pindah ke Crystal Palace pada 2020 secara permanen dari Queens Park Rangers. Posisi utamanya adalah gelandang serang. Namun, Eze juga bisa bermain di sayap kiri.

Eze sempat bermain untuk Inggris U-20 dan U-21. Pada 2021, dia dipanggil untuk pertama kalinya membela tim senior Inggris di Euro 2020. Namun, dia mengalami cedera. Debut seniornya di timnas pun baru terjadi pada Kualifikasi Euro 2024 saat melawan Malta. Untuk Euro 2024 ini, dia termasuk 26 nama yang dipanggil Gareth Southgate, manajer Timnas Inggris.

2. Marc Guehi langsung starter di laga perdana Inggris melawan Serbia

4 Pemain Crystal Palace yang Mewakili Inggris di Euro 2024Marc Guehi (cpfc.co.uk)

Pemain yang bermain di posisi bek tengah ini merupakan lulusan akademi Chelsea. Meski sempat menjadi pemain di tim utama The Blues, nyatanya Marc Guehi tidak pernah mencatatkan penampilan untuk Chelsea. Dia akhirnya dipinjamkan kepada Swansea City pada 2020 hingga musim 2020/2021 berakhir. 

Pada Juli 2021, Guehi bergabung ke Crystal Palace dengan kontrak berdurasi 5 tahun. Karir internasionalnya sendiri dimulai dari Inggris U-16. Guehi merupakan salah satu anggota skuad Inggris U-17 saat memenangkan Piala Dunia U-17 2017. Dia lalu tampil perdana untuk tim senior Inggris pada Maret 2022.

Baca Juga: 8 Rekor yang Tercipta pada Matchday Pertama Euro 2024

3. Mimpi Adam Wharton untuk membela Timnas Inggris terwujud

4 Pemain Crystal Palace yang Mewakili Inggris di Euro 2024Adam Wharton (cpfc.co.uk)

Adam Wharton memulai kariernya dari akademi Blackburn Rovers. Pada 2022, akhirnya dia menandatangani kontrak profesional pertamanya. Namun, Wharton hanya bertahan sampai Februari 2024 karena Crystal Palace menebusnya dengan harga yang diperkirakan mencapai 22 juta pound sterling atau sekitar Rp459 miliar.

Posisi Adam Wharton adalah gelandang tengah. Namun, dia juga bisa bermain di posisi lain, seperti gelandang kanan, gelandang kiri, dan gelandang bertahan. Permainan dia berhasil memukau Gareth Southgate hingga akhirnya memasukkan namanya ke daftar 26 pemain yang dibawa ke Euro 2024. Wharton sendiri melakukan laga debutnya bersama Timnas Inggris di pertandingan persahabatan melawan Bosnia dan Herzegovina.

4. Dean Henderson dipanggil Timnas Inggris setelah bermain reguler di Crystal Palace

4 Pemain Crystal Palace yang Mewakili Inggris di Euro 2024Dean Henderson (instagram.com/deanhenderson)

Dean Henderson merupakan kiper dari akademi Manchester United. Sebelumnya, dia berada di akademi Carlisle United pada 2005—2011. Henderson bermain cukup baik saat menggantikan David De Gea begitu absen pada 2020/2021. Sayangnya, itu belum cukup untuk menggantikan De Gea yang tampil sangat baik pada musim selanjutnya. 

Setelah dipinjamkan kepada Nottingham Forest, akhirnya Henderson memutuskan untuk pindah secara permanen ke Crystal Palace pada 2023. Di Timnas Inggris sendiri, dia baru bermain sekali saat melawan Republik Irlandia. Melihat Gareth Southgate yang selalu memainkan Jordan Pickford sebagai kiper di turnamen utama, kiper lain seperti Dean Henderson maupun Aaron Ramsdale akan sulit mendapat menit bermain.

Meski belum tentu bermain di Euro 2024, masuk timnas sudah menjadi langkah yang bagus bagi para pemain di atas. Artinya, permainan mereka cukup baik dan membuat pelatih memanggil mereka. Mereka perlu bermain dengan maksimal agar bisa memukau pelatih dan terus mendapat menit bermain.

Baca Juga: 4 Pemain Celtic FC yang Tampil di Euro 2024

William Tanamal Photo Verified Writer William Tanamal

Penyuka Anime Semua Genre, Terutama SoL, Comedy, Music, Romance Kadang Bahas Otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya