7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier League

Tidak semuanya bisa bertahan lama di Manchester United

Manchester United dikenal sebagai salah satu klub raksasa di Eropa. Klub berjuluk Setan Merah ini telah meraih sederet gelar juara yang sukses mereka capai di berbagai kompetisi domestik maupun Eropa. Salah satu prestasi gemilang mereka yaitu saat Manchester United berhasil meraih treble winner pada 1998/1999. Raihan tersebut juga tak lepas dari penampilan gemilang dari para pemain produk akademi klub yang dikenal sebagai Class of ‘92.

Sejak saat itu, Manchester United makin rajin mengorbitkan pemain akademinya ke tim senior. Tak sedikit dari mereka meraih prestasi bersama Setan Merah, bahkan menorehkan rekor individu di klub, salah satunya rekor pencetak gol termuda di English Premier League (EPL). Kira-kira, siapa saja pencetak gol termuda Manchester United di kasta tertinggi Liga Inggris?

7. James Wilson mencetak gol di Premier League pada usia 18 tahun 5 bulan 5 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueJames Wilson (manutd.com)

James Wilson merupakan salah satu pemain akademi Manchester United yang diterbitkan sebagai pemain senior berkat penampilan gemilangnya dengan meraih tiga gelar juara Premier League U-21. Dirinya memulai debut di tim senior dengan langsung mencetak 2 gol pada usia 18 tahun 5 bulan 5 hari hingga mengantarkan timnya memenangi laga dengan skor 3-1 melawan Hull City pada 2013/2014. Namun, kariernya tidak bertahan lama di Old Trafford. Wilson kini bermain untuk klub antah berantah di Divisi Ketiga Liga Inggris, Port Vale FC.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester United dan Everton

6. Alejandro Garnacho mencetak gol di Premier League pada usia 18 tahun 4 bulan 18 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueGarnacho (instagram.com/garnacho7)

Salah satu wonderkid Manchester United saat ini, Alejandro Garnacho, berhasil mencetak gol perdananya di kasta tertinggi Liga Inggris pada usia 18 tahun 4 bulan 18 hari kala menghadapi Fulham pada November 2022. Ia berhasil mengantarkan Setan Merah meraih kemenangan dengan golnya pada menit-menit akhir pertandingan. Kini, ia merupakan salah satu pemain andalan skuad Erik ten Hag dan digadang-gadang sebagai pengganti Angel Di Maria di Timnas Argentina. Garnacho baru-baru ini mencetak gol spektakuler dari tendangan salto saat melawan Everton pada pekan ke-13 Premier League. Banyak penggemar yang menyejajarkan gol akrobatik Garnacho dengan gol legenda Manchester United, Wayne Rooney.

5. Rafael Da Silva mencetak gol di Premier League pada usia 18 tahun 3 bulan 30 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueRafael Da Silva (twitter.com/ManUtd)

Rafael Da Silva merupakan pemain asal Brasil berposisi sebagai bek kanan yang diboyong Manchester United bersama kembarannya, Fabio Da Silva, pada 2008. Dirinya mencetak gol pertamanya pada November 2008 kala menghadapi Arsenal saat usianya menginjak 18 tahun 3 bulan 30 hari. Selama 4,5 musim membela Setan Merah, ia bermain di 170 pertandingan dengan menorehkan 5 gol dan 15 assist.

4. Marcus Rashford mencetak gol di Premier League pada usia 18 tahun 3 bulan 28 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueMarcus Rashford (manutd.com)

Marcus Rashford kini merupakan salah satu pilar penting Manchester United di skuad Erik ten Hag. Pemain internasional Inggris ini berhasil mencetak gol pada laga debutnya di Premier League pada 2016 saat Setan Merah melawan Arsenal pada usia 18 tahun 3 bulan 28 hari. Lebih luar biasanya lagi, Rashford mencetak dua gol sebagai pemain pengganti hingga mengantarkan Setan Merah memenangi laga dengan skor 3-2.

3. Mason Greenwood mencetak gol di Premier League pada usia 18 tahun 1 bulan 24 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueMason Greenwood (manutd.com)

Pemain Manchester United yang kini dipinjamkan ke Getafe, Mason Greenwood, merupakah salah satu pencetak gol termuda di Manchester United. Ia menorehkan gol pertamanya di Premier League pada Februari 2016 kala menghadapi Sheffield United pada usia 18 tahun 1 bulan 24 hari. Selain itu, Greenwood juga menjadi pemain termuda klub yang mencetak gol di ajang kompetisi Eropa. Sayangnya, karier gemilangnya bersama Setan Merah sempat terhenti karena kasus kekerasan seksual pada Januari 2022 yang membuatnya ditangguhkan oleh klub. 

2. Danny Welbeck mencetak gol di Premier League pada usia 17 tahun 11 bulan 20 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueDanny Welbeck (twitter.com/ManUtd)

Danny Welbeck bisa dibilang sebagai salah satu produk akademi Manchester United yang sukses di Premier League. Pemain asal Inggris ini mencetak gol perdananya bagi klub saat melawan Stoke City pada 2008 pada usia 17 tahun 11 bulan 20 hari. Bersama Setan Merah, ia berhasil menjuarai 1 gelar Liga Champions Eropa 2008, 1 Piala Dunia FIFA Antarklub, 2 gelar Premier League, 2 Piala FA, dan 2 Piala Liga. Kini, Welbeck bermain untuk Brighton & Hove Albion di kasta tertinggi Liga Inggris.

1. Federico Macheda mencetak gol di Premier League pada usia 17 tahun 7 bulan 14 hari

7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier LeagueFederico Macheda (manutd.com)

Federico Macheda merupakan pencetak gol termuda Manchester di Premier League pada usia 17 tahun 7 bulan 14 hari. Ini terjadi ketika dirinya mencetak gol kemenangan saat Manchester United melawan Aston Villa pada 2009. Sempat digadang-gadang sebagai wonderkid Setan Merah hingga mengantarkan klub menjuarai Premier League musim 2008/2009, kariernya malah merosot semenjak dipinjamkan ke Sampdoria pada 2011. Macheda sekarang bermain di Liga Turki bersama MKE Ankaragucu.

Deretan pencetak gol termuda Manchester United di Premier League ini menjadi catatan gemilang dalam perjalanan panjang klub ini. Meski beberapa di antara mereka menghadapi tantangan dalam karier mereka, keberhasilan klub dalam mengorbitkan pemain akademinya merupakan cerminan dedikasi Setan Merah terhadap pengembangan bakat pemain muda mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Diturunkan Manchester United pada 2023/2024

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya