8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Euro

Lamine Yamal berpotensi memecahkan rekor ini

Intinya Sih...

  • Pedri Gonzalez debut di Euro pada usia 18 tahun 6 bulan 20 hari, bermain untuk Spanyol melawan Swedia.
  • Johan Volanthen debut di Euro pada usia 18 tahun 4 bulan 16 hari, bermain untuk Swiss melawan Inggris.
  • Valeri Bojinov debut di Euro pada usia 18 tahun 4 bulan 7 hari, bermain untuk Bulgaria melawan Italia.

Piala Eropa, atau yang lebih dikenal dengan Euro, bukan sekadar turnamen sepak bola biasa. Dihelat tiap 4 tahun sekali, turnamen ini menjelma sebagai ajang prestisius bagi tim-tim nasional terbaik di Benua Biru. Di balik sengitnya persaingan antarnegara, Piala Eropa juga menjadi panggung debut resmi bagi para pemain muda berbakat.

Sepanjang sejarah penyelenggaraannya, Euro telah melahirkan banyak pemain muda yang kemudian menjadi bintang sepak bola. Tak jarang, para pemain muda ini mampu tampil gemilang dan memberikan kontribusi signifikan bagi timnya. Tak hanya sampai di situ, mereka juga mampu mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah tampil di turnamen ini.

Berikut delapan pemain termuda dalam sejarah yang pernah tampil di Euro.

8. Pedri melakoni debut di Euro 2020 pada usia 18 tahun 6 bulan 20 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Pedri Gonzalez (uefa.com)

Pedri Gonzalez menjadi pemain termuda kedelapan yang debut di Euro. Pada usianya yang baru 18 tahun 6 bulan 20 hari, pemain muda berbakat asal Spanyol ini melakoni pertandingan perdananya di turnamen bergengsi ini saat melawan Swedia di penyisihan Grup E. Meskipun dipercaya tampil selama 90 menit, Pedri belum mampu membawa timnya meraih kemenangan. Pertandingan tersebut berakhir imbang tanpa gol.

7. Johan Volanthen turun perdana untuk Bulgaria di Euro 2004 pada usia 18 tahun 4 bulan 16 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Johan Volanthen (uefa.com)

Johan Volanthen melakoni debut di turnamen resmi bersama Timnas Swiss di Euro 2004. Ia saat itu diturunkan sebagai pemain pengganti pada pertandingan kedua fase Grup B melawan Inggris pada usia 18 tahun 4 bulan 16 hari. Sayangnya, negaranya harus mengakui keunggulan Inggris dengan skor telak 0-3. Kekalahan tersebut mengantarkan Swiss ke posisi juru kunci grup dan gagal melaju ke babak 16 besar.

6. Valeri Bojinov mentas perdana di Euro 2004 pada usia 18 tahun 4 bulan 7 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Valeri Bojinov (uefa.com)

Pemain selanjutnya yang melakoni pertandingan perdana di Euro pada usia belia, yaitu Valeri Bojinov. Di Euro 2004, ia mencatatkan debutnya pada usia 18 tahun 4 bulan 7 hari saat melawan Italia di penyisihan Grup C. Sayangnya, debut Bojinov tidak membuahkan hasil manis. Bulgaria harus menelan kekalahan 1-2 dari Italia dan gagal meraih satu poin pun pada fase grup.

Baca Juga: 6 Pemain AC Milan yang Siap Bertanding di Euro 2024

5. Jamal Musiala turun di laga perdananya di Euro 2020 pada usia 18 tahun 3 bulan 28 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Jamal Musiala (twitter.com/DFB_Team)

Jamal Musiala menorehkan sejarah dengan menjadi salah satu pemain termuda yang debut di Euro. Pada usianya yang baru 18 tahun 3 bulan 28 hari, ia melakoni debutnya bersama Timnas Jerman di laga melawan Hungaria pada fase grup F Euro 2020. Musiala masuk ke lapangan pada menit ke-82 menggantikan Robin Gosens. Meskipun tergolong debutan, ia menunjukkan performa yang cukup menjanjikan. Pertandingan tersebut berakhir imbang 2-2.

4. Enzo Scifo sempat memegang rekor pemain termuda Euro pada usia 18 tahun 3 bulan 25 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Enzo Scifo (facebook.com/EURO2024)

Di tengah deretan debutan muda era 2000-an, Enzo Scifo menjadi satu-satunya pemain yang menorehkan debut pada era 1980-an. Pemain Timnas Belgia ini sempat memegang rekor sebagai debutan termuda Euro selama 20 tahun pada usia 18 tahun 3 bulan 25 hari. Scifo dipercaya tampil sebagai starter saat Belgia berhadapan dengan Yugoslavia pada Euro 1984 dan berhasil mengantarkan timnya meraih kemenangan 2-0.

3. Jetro Willems turun pada laga perdananya di Euro 2012 pada usia usia 18 tahun 2 bulan 10 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Jetro Willems (uefa.com)

Era 2010-an menjadi saksi kemunculan wonderkid fenomenal bernama Jetro Willems. Di tengah skuad Belanda yang bertabur bintang finalis Piala Dunia 2010, ia berhasil menembus skuad untuk Euro 2012. Willems melakoni debutnya di Euro pada usia 18 tahun 2 bulan 10 hari saat timnya bersua Denmark di pertandingan perdana Grup B. Namun, Belanda harus menelan kekalahan tipis 0-1 dan lebih parahnya berakhir menjadi juru kunci grup.

2. Jude Bellingham jadi debutan termuda kedua Euro pada usia 17 tahun 11 bulan 15 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Jude Bellingham (twitter.com/BellinghamJude)

Jude Bellingham menjadi bagian dari kisah gemilang Inggris di Euro 2020. Pada usianya yang baru 17 tahun 11 bulan 15 hari, ia mencatatkan debutnya di ajang ini, menjadikannya debutan termuda kedua dalam sejarah Euro. Momen bersejarah ini terjadi pada pertandingan melawan Kroasia di fase Grup D. Bellingham masuk ke lapangan pada menit ke-82 menggantikan kapten tim, Harry Kane. Gol tunggal Raheem Sterling mengantarkan Inggris meraih kemenangan 1-0 atas Kroasia.​

1. Kacper Kozlowski jadi pemain termuda yang tampil di Euro pada usia 17 tahun 8 bulan 3 hari

8 Pemain Termuda dalam Sejarah yang Pernah Tampil di Europotret Kacper Kozlowski (uefa.com)

Pemain asal Polandia, Kacper Kozlowski, menorehkan sejarah dengan menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Euro. Pada usianya yang masih 17 tahun 8 bulan 3 hari, ia melakoni debutnya pada laga melawan Spanyol di penyisihan Grup E Euro 2020. Kozlowski masuk ke lapangan pada menit ke-55 menggantikan Mateusz Klich dan bermain di posisi gelandang. Meskipun tergolong debutan, ia menunjukkan performa yang cukup menjanjikan dan berkontribusi pada hasil imbang 1-1 Polandia melawan Spanyol. Sayangnya, perjalanan Polandia di Euro 2020 tidak begitu mulus. Mereka harus puas berada di posisi juru kunci grup dan gagal melaju ke babak selanjutnya.

Lamine Yamal berpeluang besar memecahkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah Euro. Yamal akan mencatatkan debutnya pada usia 16 tahun 11 bulan 8 hari jika diturunkan saat Spanyol melawan Kroasia pada laga perdana Grup B Euro 2024.

Baca Juga: 4 Pemain Aston Villa yang Siap Unjuk Gigi di Euro 2024 

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya