7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan Newcastle

Tak semuanya punya karier cemerlang di kedua klub

English Premier League (EPL) 2023/2024 siap menyambut matchday ke-14. Salah satu pertandingan yang patut ditunggu yaitu pertemuan antara Manchester United dengan Newcastle United, Minggu (3/12/2023). Laga kali ini diprediksi akan berjalan seru mengingat kedua tim kini bertengger di peringkat 6 dan 7 klasemen sementara EPL dengan selisih satu poin.

Manchester United dan Newcastle bisa dibilang cukup jarang bertukar pemain. Meski jarang bertukar pemain, kedua tim ini memiliki beberapa pemain yang pernah membela kedua tim. Siapa saja deretan pemain terakhir pernah berseragam Manchester United dan Newcastle United itu?

1. Nicky Butt sukses besar bersama Manchester United

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleNicky Butt (manutd.com)

Nicky Butt merupakan salah satu alumni Class of ’92 yang berhasil membawa Manchester United meraih treble winner pada 1998/1999. Setelah meraih berbagai trofi juara bersama Setan Merah, ia memutuskan pindah ke Newcastle United pada 2004. Sempat dipinjamkan ke Birmingham City setahun setelahnya, ia kembali ke The Magpies dan berkarier di sana selama hingga 2010. Butt sempat bermain di Divisi Championship kala Newcastle terdegradasi dari Premier League pada 2009, tetapi hanya bertahan semusim sekaligus menjuarai kasta kedua Liga Inggris.

Baca Juga: Kelana Aston Villa di Premier League selama 4 Musim Terakhir

2. Giuseppe Rossi jalani berbagai masa peminjaman, termasuk ke Newcastle United

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleGiuseppe Rossi (manutd.com)

Giuseppe Rossi merupakan pemain akademi Manchester United yang didatangkan dari AC Parma pada 2004. Ia hanya diberi kesempatan bermain di level senior sebanyak 14 kali hingga mengalami masa peminjaman ke berbagai klub, salah satunya Newcastle United pada Agustus 2006. Pemain asal Italia ini hanya merumput di St. James’ Park setengah musim dan kembali dipinjamkan ke klub asalnya, Parma, pada Januari 2007.

3. Alan Smith mengalami penurunan karier setelah cedera parah

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleAlan Smith (twitter.com/ManUtd_ID)

Alan Smith bergabung dengan Manchester United pada 2004 dan digadang-gadang untuk menjadi pengganti Roy Keane di posisi gelandang. Namun, ia mengalami cedera patah tulang kaki pada 2006 yang mengharuskannya absen lama hingga membuatnya kehilangan tempat di tim utama Setan Merah. Pada 2007, Smith dibeli oleh Newcastle United dan merumput selama 4,5 musim di sana. Akan tetapi, ia gagal bersinar hingga menjalani masa peminjaman Milton Keynes Dons, klub divisi dua Liga Inggris.

4. Gagal di Real Madrid, Michael Owen kembali berkarier di Premier League

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleMichael Owen (premierleague.com)

Peraih Ballon d’Or pada 2001, Michael Owen, kembali Premier League bersama Newcastle United pada 2005 setelah karier gagalnya bersama Real Madrid. Sempat tampil gemilang, penampilannya makin menurun akibat berkutat dengan cedera hingga The Magpies terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris pada 2009. Setelah tidak memperpanjang kontraknya, Owen pindah ke Manchester United dengan status bebas transfer dan bertahan hingga 3 musim meski hanya sebagai penghangat bangku cadangan.

5. Danny Simpson malah lebih bersinar di Newcastle United

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleDanny Simpson (nufc.co.uk)

Danny Simpson merupakan salah satu pemain akademi yang diorbitkan ke tim senior pada era Sir Alex Ferguson. Ia mengalami masa peminjaman ke berbagai klub, salah satunya ke Newcastle United sebelum dipermanenkan pada 2010. Uniknya, ia justru bersinar dengan tampil di 137 laga selama 3 musim membela The Magpies. Puncak kariernya terjadi saat ia bermain untuk Leicester City hingga membawa mereka menjuarai Premier League pada 2015/2016.

6. Gabriel Obertan menjadi salah satu pembelian gagal pada era Sir Alex Ferguson

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleGabriel Obertan (tengah) (uefa.com)

Usai kepergian Cristiano Ronaldo ke Real Madrid, Manchester United mendatangkan Gabriel Obertan dari Bordeaux pada 2009 untuk menambal posisi sayap yang lowong. Sayangnya, ia termasuk menjadi salah satu pembelian gagal era Sir Alex Ferguson dan hanya turun di 27 laga selama membela Setan Merah. Obertan kemudian berlabuh ke Newcastle United, di mana dirinya juga tidak mendapat kesempatan bermain yang cukup hingga sempat menganggur setelahnya.

7. Martin Dubravka lebih sering jadi penghangat bangku cadangan di kedua tim

7 Pemain Terakhir yang Sempat Membela Manchester United dan NewcastleMartin Dubravka (nufc.co.uk)

Martin Dubravka memulai kariernya di Premier League ketika dipinjamkan Sparta Prague ke Newcastle United pada Januari 2018 sebelum dipermanenkan pada Juli 2018. Pada September 2022, kiper asal Slovakia ini dipinjamkan ke Manchester United. Kala itu, ia hanya bermain dua kali di semua kompetisi. Setelah masa peminjamannya selesai, Dubravka kembali Newcastle sebagai pelapis Nick Pope.

Manchester United dan Newcastle United adalah dua klub besar di Inggris yang memiliki banyak penggemar. Kedua klub tersebut juga memiliki sejarah yang panjang dan penuh prestasi. Para pemain yang pernah membela kedua klub memiliki peran penting dalam kesuksesan kedua klub tersebut.

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Termuda Manchester United di English Premier League

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya