3 Pemain Aktif Israel yang Kini Bermain di Lima Top Liga Eropa 

Ketiganya bermain di liga yang berbeda

Bermain di liga top Eropa merupakan mimpi bagi banyak pemain sepak bola di seluruh dunia. Namun, tentu hal ini tidak mudah untuk diwujudkan. Persaingan yang ketat dan standar yang tinggi menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pemain. Tak terkecuali bagi para pesepak bola asal Israel.

Meski bukanlah negara yang maju dalam bidang sepak bola, negara berlambang Bintang Daud ini memiliki pemain sepak bola berbakat yang kini berkiprah di liga-liga top Eropa. Pada musim 2023/2024, terdapat tiga pemain Israel yang aktif bermain di lima liga top Eropa. Siapa saja mereka?

1. Manor Solomon jadi pelapis Son Heung Min di Tottenham Hotspur

3 Pemain Aktif Israel yang Kini Bermain di Lima Top Liga Eropa Manor Solomon (instagram.com/manorsolomon)

Manor Solomon adalah pemain sayap asal Israel yang didatangkan dari Shakhtar Donetsk oleh Tottenham Hotspur pada Juli 2023. Dia memulai karier profesionalnya di Maccabi Petah Tikva dan kemudian pindah ke Shakhtar Donetsk pada 2019. Selama bermain untuk Shakhtar, ia meraih dua gelar domestik, yakni Piala Ukraina dan Piala Super Ukraina.

Solomon sendiri berposisi sebagai penyerang sayap yang bisa beroperasi di kanan dan kiri sama baiknya. Kedatangannya menambah kedalaman skuad Spurs di sisi flank. Pada musim pertamanya bersama Spurs, Solomon telah turun pada 5 pertandingan dan menyumbang 2 assist yang semuanya tercipta saat kemenangan menghadapi Burnley pada pekan keempat Premier League 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Israel yang Pindah pada Musim Panas 2023

2. Daniel Peretz jadi pemain asal Israel pertama yang bermain bagi Bayern Munich

3 Pemain Aktif Israel yang Kini Bermain di Lima Top Liga Eropa Daniel Peretz (fcbayern.com)

Penjaga gawang asal Israel berusia 23 tahun, Daniel Peretz, didatangkan Bayern Munich dari Maccabi Tel Aviv pada Agustus 2023 lalu. Ia menandatangani kontrak dengan durasi 5 tahun hingga Juni 2028. Ia menjadi pemain Israel pertama yang bergabung dengan klub Bayern Munich. Peretz dianggap sebagai salah satu penjaga gawang muda yang sangat menjanjikan di Eropa. Ia dikenal karena kemampuannya dalam menghadapi situasi satu lawan satu berkat fisiknya yang atletik.

Peretz memulai kariernya bersama Maccabi Tel Aviv, kemudian dipinjamkan ke Beitar Tel Aviv Bat Yam di divisi dua, dan kembali untuk melakukan debut di liga utama pada 2021. Di panggung internasional, ia telah mewakili Israel sejak 2016 dengan bermain untuk tim U-19 dan U-21 sebelum mendapatkan caps senior pertamanya pada 2022. Daniel Peretz mendapatkan sorotan saat bertanding di kompetisi UEFA European U-21 ketika ia dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam pertandingan melawan Jerman karena membantu Israel mengamankan hasil imbang.

3. Shon Weissman dipermanenkan Granada setelah bantu klub promosi ke LaLiga Spanyol

3 Pemain Aktif Israel yang Kini Bermain di Lima Top Liga Eropa Shon Weissman (laliga.com)

Shon Weissman memulai karier sepak bolanya dari akademi Maccabi Haifa sejak 2013. Setelah malang melintang di Israeli Premier League, ia mengawali karier liga top Eropa saat diboyong oleh klub asal Austria, Wolfsberger AC, pada Juli 2019. Semusim berselang, dirinya dibeli oleh Real Valladolid seharga 4 juta euro (66 miliar rupiah).

Weissman kemudian dipinjamkan ke Granada CF pada Januari 2023 yang kala itu bermain di Divisi 2 LaLiga Spanyol hingga kemudian dipermanenkan pada Juli 2023 karena berhasil membantu klubnya promosi ke LaLiga. Pemain yang berposisi sebagai striker ini melakukan debut internasionalnya bersama Timnas Israel senior pada September 2019. Hingga kini, ia telah memiliki 31 caps dengan torehan 5 gol.

Kehadiran tiga pemain Israel di liga top Eropa merupakan angin segar bagi sepak bola Israel. Keberhasilan mereka diharapkan dapat meningkatkan popularitas sepak bola Israel di dunia.

Baca Juga: 6 Pemain Israel yang Pernah Bermain untuk Big Six Premier League 

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya