4 Pemain Akademi Manchester City yang Debut Senior pada 2023

Satu pemain sudah hengkang

Manchester City meraih kesuksesan yang luar biasa pada 2023. Kegemilangan ini terbukti dengan menjuarai lima kompetisi, yang terdiri dari English Premier League (EPL), FA Cup, Liga Champions Eropa, UEFA Super Cup, dan Piala Dunia Antarklub. Keberhasilan mereka tak lepas dari performa ciamik para penggawanya dan kecerdikan Pep Guardiola sebagai juru taktik.

Salah satu kunci utama kesuksesan pelatih asal Spanyol ini adalah melakukan rotasi pemain. Ini dilakukan agar skuadnya bisa tampil maksimal menghadapi musim kompetisi yang sangat padat.

Untuk mendukung strateginya ini, Guardiola mulai mengorbitkan para pemain akademi The Cityzens dengan memberikan kesempatan bermain di level senior. Meski belum mendapat tempat reguler, mereka menjadi bukti bahwa klub memiliki komitmen dalam mengembangkan bakat muda.

Siapa saja pemain akademi Manchester City yang debut senior pada 2023 dan seperti apa kiprah mereka?

1. Shea Charles dijual Manchester City kepada Southampton pada musim panas 2023

4 Pemain Akademi Manchester City yang Debut Senior pada 2023Shea Charles (instagram.com/shea.charles)

Shea Charles memulai kariernya di akademi Manchester City sejak bergabung dengan tim U-9. Pemain berkebangsaan Irlandia Utara ini sebelumnya menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama The Cityzens pada Juli 2021. Namun, pada musim panas 2023, ia dijual kepada Southampton yang bermain di kasta kedua Liga Inggris pada 2023/2024.

Sebelum pergi dari Manchester City, Charles sempat turun di laga perdananya bersama Manchester City pada pekan ke-38 Premier League 2022/2023 menghadapi Brentford. Dirinya masuk menggantikan Nathan Ake pada menit ke-63. Sayangnya, pertandingan pertama dan terakhirnya berakhir pahit karena klubnya mengalami kekalahan tipis dengan skor 0-1.

2. Oscar Bobb jadi debutan akademi dengan penampilan terbanyak pada 2023

4 Pemain Akademi Manchester City yang Debut Senior pada 2023Oscar Bobb (twitter.com/ManCity)

Oscar Bobb merupakan pemain kelahiran Oslo, Norwegia pada 12 Juli 2005. Sejak masih belia, ia telah menimba ilmu sepak bola di akademi klub lokal, Lyn FK, bahkan nyaris direkrut FC Porto. Setelah bergabung dengan akademi Valerenga selama 2 musim, dirinya bergabung dengan akademi Manchester City pada 2019.

Bobb mengawali kariernya bersama The Cityzens dengan bergabung ke tim U-18. Berkat penampilan gemilangnya di skuad junior, dia dipromosikan ke reserve team Manchester City yang dinamai Elite Development Squad (EDS). Ia juga berkesempatan bermain di level senior pada pramusim 2023 melawan Yokohama Marinos, Bayern Munich, dan Atletico Madrid.

Bobb kemudian dipercaya turun pada laga pertamanya di Premier League 2023/2024 kala menghadapi Fulham pada September 2023. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-90. Timnya berhasil memenangi pertandingan dengan skor telak 5-1 melalui hattrick Erling Haaland serta gol Julian Alvarez dan Nathan Ake. Pemain berusia 20 tahun ini telah tampil sebanyak 10 kali di semua kompetisi dengan mencatatkan 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga: Profil Joel Ndala, Wonderkid Jebolan Akademi Manchester City

3. Dari ball boy hingga jadi pemain pro, Micah Hamilton sukses mencetak gol pada laga debutnya

4 Pemain Akademi Manchester City yang Debut Senior pada 2023Micah Hamilton saat berselebrasi setelah mencetak gol bagi Manchester City melawan FK Crvena zvezda pada Kamis (14/12/2023). (instagram.com/micahhamzz10)

Micah Hamilton telah bergabung dengan akademi Manchester City sejak dini saat masuk ke dalam tim U-9. Selama menimba ilmu di sana, ia beberapa kali berkesempatan menjadi ball boy dalam pertandingan resmi Manchester City. Salah satu momen tak terlupakannya terjadi saat dirinya bertugas di pertandingan melawan Crystal Palace pada 2017. Ia mendapatkan instruksi langsung dari Pep Guardiola.

Hamilton kemudian dengan cepat naik ke jenjang umur yang lebih tinggi. Ia juga menjadi bagian dari skuad yang berhasil menjuarai Premier League U-21 selama 2 musim berturut-turut pada 2021/2022 dan 2022/2023. Selain itu, ia dipercaya sebagai kapten tim EDS Manchester City pada 2023/2024.

Hamilton melakoni debutnya bersama tim senior Manchester City sebagai starter pada matchday keenam Liga Champions Eropa 2023/2024 melawan Red Star Belgrade. Ia sukses menyarangkan gol di laga debutnya pada menit ke-19. Salah satu golnya ini sukses mengantarkan The Cityzens meraih poin penuh sekaligus menyapu bersih semua laga penyisihan Grup G dengan kemenangan.

4. Mahamadou Susoho membuktikan dirinya saat turun di Liga Champions 2023/2024

4 Pemain Akademi Manchester City yang Debut Senior pada 2023Mahamadou Susoho (mancity.com)

Mahamadou Susoho merupakan pemain kelahiran Spanyol yang mengawali karier sepak bolanya di akademi Espanyol. Pada 2017, dia direkrut akademi Manchester City saat usianya masih menginjak 12 tahun. Dirinya baru dipromosikan ke tim EDS Manchester City pada 2022/2023 hingga musim ini.

Bersama Micah Hamilton, Susoho juga berkesempatan bermain pada laga perdananya bersama skuad senior kala bertandang ke markas Red Star Belgrade di Liga Champions 2023/2024. Ia baru turun laga pada menit ke-76 menggantikan Mateo Kovacic. Meski hanya tampil selama 24 menit, Susoho berhasil memberikan kesan yang positif dengan menunjukkan kemampuannya dalam merebut dan mengalirkan bola sebagai gelandang bertahan.

Manchester City telah menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan pemain muda. Hal ini terlihat dari banyaknya pemain akademi yang diberi kesempatan bermain di level senior pada 2023. Meski belum mendapat tempat utama di tim, mereka memiliki potensi untuk menjadi pemain kelas dunia pada masa mendatang.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terbesar Manchester City Sepanjang 2023, Banyak Pesta Gol

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya