4 Manajer Termuda Premier League Sepanjang Masa, Ada Manajer Brighton

Huerzeler pecahkan rekor yang bertahan selama 21 tahun

Intinya Sih...

  • Fabian Huerzeler, 31 tahun, menjadi manajer termuda dalam sejarah Premier League, menggantikan Chris Coleman yang memegang rekor selama 21 tahun.
  • Andre Villas-Boas, 33 tahun 301 hari, adalah salah satu manajer termuda Premier League saat menangani Chelsea dan Tottenham Hotspur.
  • Gianluca Vialli, 33 tahun 227 hari, ditunjuk sebagai manajer Chelsea dan meraih berbagai trofi bergengsi untuk klub tersebut.

Sabtu (15/6/2024) lalu, Brighton & Hove Albion mengumumkan manajer baru mereka, Fabian Huerzeler. Pelatih asal Jerman menggantikan Roberto De Zerbi yang akan melatih klub baru pada musim depan. Ia dikontrak selama 4 tahun hingga 2027.

Kedatangan Huerzeler ke Brighton menandai era baru di Premier League. Di usianya yang baru 31 tahun, Huerzeler resmi menjadi manajer termuda dalam sejarah liga bergengsi ini. Lantas, siapa sajakah manajer termuda Premier League dan seperti apa kiprahnya? Berikut daftarnya.

4. Andre Villas-Boas melatih Chelsea pada usia 33 tahun 301 hari

4 Manajer Termuda Premier League Sepanjang Masa, Ada Manajer Brightonpotret Andre Villas-Boas (uefa.com)

Nama Andre Villas-Boas mencuat pada musim 2010/2011 saat ia mengantarkan FC Porto meraih prestasi gemilang. Kepiawaiannya dalam meracik strategi membawa Porto meraih treble winners, yaitu Europa League, Primeira Liga Portugal, dan Taca de Portugal. Prestasi luar biasa ini mengantarkan Villas-Boas meraih penghargaan UEFA Best Manager of the Year 2011.

Kegemilangan Villas-Boas tak luput dari perhatian raksasa Premier League, Chelsea. Pada musim 2011/2012, The Blues merekrutnya sebagai manajer baru menggantikan Carlo Ancelotti. Saat itu, Villas-Boas masih berusia 33 tahun 301 hari yang menjadikannya salah satu manajer termuda dalam sejarah Premier League.

Namun, ambisi Villas-Boas bersama Chelsea harus kandas. Perjalanannya di Stamford Bridge terbilang singkat dan penuh lika-liku. Ia kemudian menerima pinangan rival sekota, Tottenham Hotspur, untuk musim 2012/2013.

3. Gianluca Vialli jadi manajer sekaligus pemain Chelsea pada usia 33 tahun 227 hari

4 Manajer Termuda Premier League Sepanjang Masa, Ada Manajer Brightonpotret Gianluca Vialli (chelseafc.com)

Nama lain yang tercatat sebagai manajer termuda Chelsea adalah Gianluca Vialli. Dibandingkan Andre Villas-Boas yang hanya seumur jagung di Stamford Bridge, pelatih asal Italia ini memiliki karier yang lebih panjang dan penuh kenangan di Stamford Bridge. Menariknya, Vialli bahkan sempat menjabat sebagai manajer Chelsea saat ia masih aktif bermain untuk tim. 

Pada Februari 1998, pada usia 33 tahun 227 hari, Vialli resmi ditunjuk sebagai manajer The Blues. Keputusan berani ini membawanya menjadi salah satu manajer termuda dalam sejarah sepak bola. Di bawah kepemimpinannya, Vialli berhasil mempersembahkan berbagai trofi bergengsi bagi Chelsea. Prestasinya termasuk UEFA Cup dan Piala Liga Inggris (1997/1998), UEFA Super Cup (1998/1999), Piala FA (1999/2000), dan Community Shield (2000/2001). Kontribusinya yang besar bagi Chelsea mengantarkannya menjadi legenda klub yang dihormati hingga saat ini.

Baca Juga: 3 Minuman yang Harus Dihindari saat Begadang Nonton EURO 2024

2. Chris Coleman sempat menjadi manajer termuda Premier League pada usia 32 tahun 313 hari

4 Manajer Termuda Premier League Sepanjang Masa, Ada Manajer Brightonpotret Chris Coleman (fulhamfc.com)

Sebelum kedatangan Fabian Huerzeler ke Brighton & Hove Albion, rekor manajer termuda Premier League dipegang oleh Chris Coleman. Coleman yang sebelumnya merupakan pemain Fulham, diangkat sebagai asisten manajer bagi Pelatih Jean Tigana setelah pensiun. Namun, Tigana dipecat pada April 2003. Coleman kemudian diangkat sebagai manajer Fulham pada usia 32 tahun 313 hari.

Meskipun tak meraih satu pun trofi selama menukangi The Cottagers, Coleman menunjukkan performa yang cukup stabil dan membawa Fulham bertahan di Premier League selama 4 musim. Kemampuannya sebagai juru taktik menjadikannya salah satu manajer muda yang patut diperhitungkan. Pada 2007, Coleman memutuskan untuk mencoba petualangan baru di LaLiga Spanyol dengan menerima pinangan Real Sociedad.

1. Fabian Huerzeler jadi manajer termuda Premier League pada usia 31 tahun 109 hari

4 Manajer Termuda Premier League Sepanjang Masa, Ada Manajer BrightonFabian Huerzeler (tengah) saat merayakan gelar juara Bundesliga 2 Jerman 2023/2024 bersama fans St. Pauli (bundesliga.com)

Manajer anyar Brighton & Hove Albion, Fabian Huerzeler, resmi menjadi manajer termuda dalam sejarah Premier League pada usia 31 tahun 109 hari. Pencapaian ini sekaligus memecahkan rekor Chris Coleman yang telah bertahan selama 21 tahun. Fakta menariknya, Huerzeler bahkan masih lebih muda dari tiga pemain senior The Seagulls, yaitu Lewis Dunk (32 tahun), Danny Welbeck (33 tahun), dan James Milner (38 tahun).

Penunjukan Huerzeler sebagai manajer Brighton bukan tanpa alasan. Ia merupakan pelatih muda berbakat yang telah menunjukkan kualitasnya bersama FC St. Pauli. Ia berhasil membawa klubnya menjuarai Bundesliga 2 Jerman 2023/2024 dan promosi ke Bundesliga Jerman musim depan. Meskipun terbilang muda, Huerzeler dikenal sebagai pelatih yang tenang dalam menghadapi tekanan dan memiliki visi sepak bola yang jelas. Gaya bermain taktisnya dianggap cocok dengan filosofi Brighton yang mengandalkan permainan menyerang dan high pressing.

Deretan manajer termuda Premier League ini menjadi bukti bahwa usia bukanlah halangan untuk menapaki karier kepelatihan di liga top Eropa. Mampukan Fabian Huerzeler membawa Huerzeler terbang tinggi dalam mengarungi kerasnya Premier League? Patut kita nantikan kiprah manajer muda ini pada 2024/2025 nanti.

Baca Juga: 3 Pemain Termuda Portugal yang Cetak Gol di Euro

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya