Eric Dier Akhirnya Dipermanenkan Bayern Muenchen

Anggap Dier melebihi ekspektasi

Musim 2023/2024 menjadi musim kelam bagi Bayern Muenchen. Untuk pertama kalinya dalam 12 tahun, klub raksasa Jerman ini gagal meraih satu pun trofi, sekaligus mengakhiri dominasi mereka di Bundesliga selama 11 musim berturut-turut. Salah satu faktor utama yang berkontribusi pada performa buruk Bayern Muenchen adalah badai cedera yang melanda lini pertahanan mereka.

Untuk menanggulangi krisis pemain kala itu, Die Roten mendatangkan Eric Dier dari Tottenham Hotspur dengan status pinjaman. Sempat diremehkan karena dianggap kayu mati di skuad Pelatih Ange Postecoglou, ia justru berhasil membuktikan diri di Bayern Muenchen. Kini, pemain asal Inggris itu dipermanenkan dengan status bebas transfer.

1. Eric Dier mulai kehilangan posisi di Tottenham Hotspur saat era kepelatihan Jose Mourinho

Eric Dier Akhirnya Dipermanenkan Bayern Muenchenpotret Eric Dier (kanan) dan Antonio Conte (tottenhamhotspur.com)

Eric Dier didatangkan Tottenham Hotspur pada 2014 dari Sporting Lisbon. Di bawah asuhan Mauricio Pochettino, Dier menjelma sebagai pilar utama pertahanan Spurs. Ia berhasil tampil sebanyak 216 laga di seluruh kompetisi selama 5 musim.

Namun, kepergian Pochettino dan kedatangan Jose Mourinho pada 2019 membuat posisi Dier terancam. Ia mulai kehilangan tempatnya di tim utama karena kalah bersaing dengan Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, dan Davinson Sanchez. Situasi ini berlanjut pada era Nuno Espirito Santo yang seumur jagung. Dirinya masih mampu merebut kembali posisinya sebagai bek utama.

Barulah di bawah arahan Antonio Conte, Dier kembali mendapatkan kepercayaan dan bermain secara reguler. Namun, kebahagiaannya tidak berlangsung lama. Pergantian era kepelatihan Ange Postecoglou dan kedatangan Micky van de Ven dari VfL Wolfsburg pada Agustus 2023 kembali mengancam posisinya.

Benar saja, Dier hanya diturunkan sebanyak empat kali oleh Ange Postecoglou. Hal ini terjadi saat bek utama Spurs, Van de Ven dan Cristian Romero, tidak dapat dimainkan. Bahkan, Postecoglou lebih memilih menurunkan Ben Davies, yang berposisi sebagai bek kiri, sebagai bek tengah pengganti dibandingkan dirinya.

Baca Juga: 5 Manajer yang Paling Sering Memainkan Eric Dier di Tottenham Hotspur

2. Keputusan Bayern Muenchen mendatangkan Eric Dier sempat diragukan banyak orang

Eric Dier Akhirnya Dipermanenkan Bayern MuenchenEric Dier saat diperkenalkan sebagai pemain pinjaman Bayern Muenchen pada Januari 2024. (fcbayern.com)

Pada pertengahan musim kompetisi 2023/2024, Bayern Muenchen dilanda krisis pemain bertahan. Krisis ini diawali dengan cedera yang dialami beberapa pemain kunci, seperti Dayot Upamecano dan Matthijs de Ligt. Ditambah lagi, Kim Min Jae harus absen pada Januari 2024 karena memperkuat Timnas Korea Selatan pada Piala Asia 2024 Qatar.

Situasi ini memaksa Bayern Muenchen untuk mencari solusi cepat. Die Roten pun memutuskan untuk mendatangkan pemain bertahan dengan opsi pinjaman. Beberapa nama tenar muncul, seperti Raphael Varane, Ronald Araujo, hingga Jean-Claire Todibo, sempat masuk radar sebagai pemain pinjaman bagi skuad Thomas Tuchel.

Namun, Bayern justru memilih Eric Dier sebagai bek pinjaman. Hal ini cukup mengagetkan bagi banyak penggemar dan pengamat mengingat Dier tidak menunjukkan performa impresif bersama Tottenham Hotspur. Ia akhirnya dipinjam dengan biaya 3,4 juta poundsterling (Rp69 miliar) dengan opsi perpanjangan setahun.

3. Eric Dier mampu buktikan diri di Bayern Muenchen hingga mendapat kontrak permanen

Eric Dier Akhirnya Dipermanenkan Bayern Muenchenpotret Eric Der (twitter.com/FCBayern)

Eric Dier melakoni debutnya bersama Bayern Muenchen pada pekan ke-13 Bundesliga Jerman 2023/2024 saat melawan Union Berlin. Ia masuk pada babak kedua pertandingan menggantikan Dayot Upamecano yang cedera. Ia langsung menunjukkan performa solid dan berkontribusi dalam membawa timnya meraih kemenangan tipis 1-0.

Penampilan apiknya membuka peluang bagi Dier untuk mendapatkan tempat di tim utama. Ia berhasil turun sebanyak di 20 kali dengan 18 laga menjadi starter. Dirinya mampu bersaing dengan pemain-pemain bertahan lainnya untuk mengisi pos jantung pertahanan Bayern Muenchen.

“Saya sangat senang dengannya (Eric Dier). Dia melebihi semua ekspektasi. Ia merupakan bagian tim yang sangat penting. Dia pemain yang terorganisir dan vokal, sesuatu yang sebelumnya tidak terlalu kami miliki.

Dia kerap membantu rekan di sekitarnya. Dia pemain berkarakter baik dan sangat bagus. Kerja kerasnya saat ini terbayar,” ungkap Thomas Tuchel dilansir Goal.

Di tengah ketidakpastian posisi Thomas Tuchel sebagai pelatih, Eric Dier justru dipermanenkan dengan status bebas transfer berkat performa gemilangnya. Ia diganjar kontrak dengan durasi satu tahun hingga 30 Juni 2025. Kontraknya bersama Bayern Muenchen akan berlaku mulai 1 Juli 2024, menunggu kontraknya habis bersama Tottenham.

Eric Dier kini sudah tak perlu mengkhawatirkan masa depan kariernya di Tottenham Hotspur berkat performa gemilangnya di Bayer Muenchen. Mampukan ia membuktikan diri dan kembali mengantarkan Die Roten meraih kejayaannya kembali? Patut kita nantikan penampilannya di lapangan pada musim mendatang.

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Pernah Berseragam Bayern Munich, Dier Terbaru!

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya