Bart Verbruggen, Kiper Belanda yang Jadi Kiper Debutan Termuda di Euro

Isi posisi kiper utama #EURO2024

Beberapa pertandingan pada matchday pertama Euro 2024 berjalan alot. Salah satunya terjadi kala Belanda mampu mengalahkan Polandia dengan skor 2-1 pada Minggu (16/6/2024) WIB. Sempat tertinggal terlebih dahulu melalui gol Adam Buksa, pasukan orange berhasil membalikkan keadaan melalui gol Cody Gakpo pada menit ke-29 dan Wout Weghorst pada menit ke-83.

Apresiasi patut diberikan kepada kiper Belanda, Bart Verbruggen, yang melakoni debutnya di turnamen resmi. Meski sempat kebobolan, ia mampu tampil cemerlang dengan melakukan beberapa penyelamatan krusial. Selain itu, kiper berusia 21 tahun ini menorehkan rekor baru sebagai kiper debutan termuda ketiga sepanjang sejarah Euro digelar.

1. Bart Verbruggen mulai jadi sorotan ketika direkrut Brighton

Bart Verbruggen, Kiper Belanda yang Jadi Kiper Debutan Termuda di EuroBart Verbruggen (twitter.com/OfficialBHAFC)

Bart Verbruggen didatangkan Brighton & Hove Albion pada bursa transfer musim panas 2023 dari RSC Anderlecht. Dengan predikat pemain terbaik klub untuk musim 2022/2023, ia dibanderol seharga 19 juta euro atau setara Rp317,2 miliar. Kedatangannya diproyeksikan untuk menggantikan Robert Sanchez yang hengkang ke Chelsea.

Musim pertamanya di Brighton diwarnai persaingan sengit untuk posisi kiper utama. Verbruggen turun di 27 laga di semua kompetisi. Ia unggul 4 laga dari rekan setimnya, Jason Steele, yang memainkan 23 pertandingan di semua kompetisi.

Berdasarkan statistik perbandingan Fotmob, Verbruggen unggul dalam semua aspek dari Steele dalam menjalankan tugasnya sebagai penjaga gawang. Hanya saja, ia masih kalah dalam hal distribusi bola. Meskipun masih ada kekurangan di sektor distribusi bola, performa Verbruggen di musim perdananya patut diapresiasi. Kemampuannya dalam menjaga gawang menjadikannya aset berharga bagi tim.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Pembuka Prancis di 5 Euro Terakhir, 2 Gol Bunuh Diri

2. Meski debutnya kurang mulus, ini jadi jalan bagi Verbruggen menjadi kiper utama Belanda

Bart Verbruggen, Kiper Belanda yang Jadi Kiper Debutan Termuda di EuroBart Verbruggen (jersey hijau) kala bertanding di UEFA European U-21 Championship pada 2021. (x.com/OnsOranje)

Sejak usia muda, Bart Verbruggen sudah menunjukkan bakatnya sebagai kiper dengan membela tim nasional Belanda di level junior. Kiprahnya dimulai di Belanda U-18, di mana ia menunjukkan kemampuannya sebagai kiper yang tangguh dan menjanjikan. Seiring dengan bertambahnya usia, Verbruggen kemudian bermain untuk Belanda U-21 di ajang UEFA European U-21 pada 2021.

Pada Maret 2023, Verbruggen mendapat panggilan pertamanya ke timnas senior untuk kualifikasi Euro 2024 melawan Gibraltar. Debutnya di timnas baru terlaksana pada Oktober 2023 saat melawan Prancis, tetapi laga tersebut harus berakhir dengan kekalahan 1-2. Meskipun demikian, performa gemilangnya di laga-laga selanjutnya mengantarkannya menjadi kiper pilihan utama di bawah asuhan Pelatih Ronald Koeman.

3. Bart Verbruggen menorehkan sejarah sebagai kiper termuda ketiga sepanjang sejarah Euro

Bart Verbruggen, Kiper Belanda yang Jadi Kiper Debutan Termuda di Europotret Bart Verbruggen (x.com/OnsOranje)

Dalam laga persahabatan melawan Kanada pada Kamis (6/6/2024) lalu, Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, mengumumkan bahwa Bart Verbruggen akan menjadi kiper utama di Euro 2024. Meski ada Mark Flekken yang dianggap lebih memiliki pengalaman, pelatih berusia 61 tahun ini lebih memilih Verbruggen. Koeman memilihnya karena ia merasa gaya bermain dan taktiknya lebih cocok dengan sang kiper muda.

Pemilihan Verbruggen ini sekaligus menandakan berakhirnya era kiper gaek di Timnas Belanda. Sejak era Edwin van der Sar yang menjadi kiper utama di Piala Dunia 2006 pada usia 32 tahun, Belanda selalu mengandalkan kiper senior. Setelah van der Sar, ada Maarten Stekelenburg, Jasper Cillessen, Tim Krul, Andries Noppert, hingga terakhir Remko Pasveer yang menjadi kiper debutan tertua Belanda pada usia 38 tahun.

Verbruggen menorehkan debut sensasional di Euro 2024. Ia bukan hanya menjadi kiper termuda Timnas Belanda di turnamen resmi, tetapi juga kiper debutan termuda ketiga sepanjang sejarah Euro pada usia 21 tahun 303 hari. Prestasi ini membuatnya sejajar dengan Viliam Schrojf (21 tahun 276 hari) dan Jose Angel Iribar (21 tahun 108 hari).

Debut gemilang ini membuka peluang bagi Bart Verbruggen untuk menjadi kiper utama Belanda pada masa mendatang. Di usianya yang masih muda, ia memiliki banyak waktu untuk berkembang dan menjadi kiper kelas dunia. Patut dinantikan sejauh mana ia mampu mengantarkan Belanda di Euro 2024.

Baca Juga: 4 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Serie A Italia

Widyo Andana Pradiptha Photo Verified Writer Widyo Andana Pradiptha

Seringnya nulis tentang sepak bola dan Formula 1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya