4 Penyerang Baru yang Memperkuat Bournemouth pada Musim Panas 2024

Didominasi penyerang tengah

Bournemouth sangat sibuk bergerak merakit kekuatan pada musim panas 2024. Skuad besutan Andoni Iraola ini terlihat sudah melepas beberapa penggawa lama yang tidak masuk rencana masa depan. Bahkan, Dominic Solanke, salah satu nama dengan kontribusi penting, juga meninggalkan The Cherries. Penyerang berkebangsaan Inggris tersebut memilih melanjutkan karier bersama Tottenham Hotspur.

Tak berdiam diri, Bournemouth aktif mencari pesepak bola incaran yang akan melengkapi kekuatan pada musim panas 2024. Sementara ini, mereka sudah berhasil mendaratkan sekitar tujuh nama ke Vitality Stadium. Ternyata, terdapat empat penggawa baru yang memiliki posisi sebagai penyerang dalam skema taktik.

Lantas, siapa saja pemain yang memperkuat lini depan The Cherries tersebut dan seperti apa rekam jejaknya? Yuk, simak daftar di bawah ini!

1. Evanilson menjadi rekrutan termahal yang pernah diboyong Bournemouth

4 Penyerang Baru yang Memperkuat Bournemouth pada Musim Panas 2024Evanilson (afcb.co.uk)

Francisco Evanilson de Lima atau yang biasa dipanggil Evanilson merupakan penyerang tengah yang membangun karier bersama FC Porto setelah didatangkan dari Tombense FC pada musim panas 2020. Pesepak bola kelahiran Fortaleza ini dianggap sebagai aset masa depan dengan memperoleh kontrak selama 5 tahun. Talenta berkebangsaan Brasil tersebut datang untuk meningkatkan produktivitas gol dan daya gedor Dragoes.

Tak langsung mulus, Evanilson awalnya kesulitan menembus skuad inti sehingga minim kontribusi bersama FC Porto. Seiring berjalannya waktu, dia mampu mendapat kepercayaan pelatih dan mulai memperoleh banyak menit bermain. Dirinya bahkan ikut berkontribusi mengantar Dragoes memenangkan berbagai gelar domestik. Penyerang bertinggi 183 cm ini tercatat telah diturunkan sebanyak 154 pertandingan dengan mengemas 60 gol dan 21 assist di semua ajang.

Portofolio menjanjikan selama memperkuat FC Porto berbuah manis, Evanilson masuk radar pencarian Bournemouth sehingga didatangkan pada musim panas 2024. The Cherries harus menebusnya dengan harga sekitar 40,2 juta pound sterling atau Rp813 miliar dari Dragoes. Ini membuatnya menjadi rekrutan termahal yang pernah diboyong tim asal Dorset tersebut. Dirinya juga langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2029. Kehadirannya diplot untuk menggantikan peran Dominci Solanke yang pindah ke Tottenham Hotspur.

2. Luis Sinisterra dipermanenkan dari Leeds United

4 Penyerang Baru yang Memperkuat Bournemouth pada Musim Panas 2024Luis Sinisterra (instagram.com/luissinisterra)

Luis Sinisterra adalah penyerang sayap yang memperkuat AFC Bournemouth dengan status pinjaman dari Leeds United pada tenggat waktu musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Kolombia ini mentas di Vitality Stadium sampai Juni 2024. Dirinya tentu membawa harapan besar untuk meningkatkan ketajaman dan kreativitas lini depan melalui sektor sayap The Cherries.

Tak berjalan mulus, Luis Sinisterra ternyata kesulitan memperoleh kesempatan reguler bersama AFC Bournemouth 2023/2024. Ini membuat kontribusinya berjalan kurang optimal. Selain itu, cedera hamstring juga sempat membuatnya absen dalam beberapa pertandingan. Meski begitu, talenta yang kini berusia 25 tahun tersebut sanggup mengisi beberapa posisi seperti penyerang sayap, gelandang kiri, dan gelandang serang sesuai kebutuhan taktik The Cherries.

Luis Sinisterra kemudian dipermanenkan oleh AFC Bournemouth dari Leeds United pada musim panas 2024. The Cherries merogoh kocek sekitar 20 juta poundsterling atau Rp404 miliar demi memboyongnya dari The Peacocks. Dia sepakat menandatangani kontrak jangka panjang. Hingga pekan pertama, dirinya langsung dipercaya menghiasi daftar starter The Cherries di English Premier League (EPL) 2024/2025. Sejauh ini, Sinisterra telah mencatatkan total penampilan sebanyak 24 pertandingan dengan mengemas 3 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 3 Pemain Bournemouth yang Sukses Mencapai 10 Gol Semusim di EPL

3. Enes Unal diboyong permanen dari Getafe sampai 2028

4 Penyerang Baru yang Memperkuat Bournemouth pada Musim Panas 2024Enes Unal (instagram.com/afcb dan enesunal16)

Enes Unal merupakan penyerang tengah yang dipinjam Bournemouth dari Getafe pada tenggat waktu musim dingin 2024. Pesepak bola berkebangsaan Turki ini memperkuat The Cherries sampai Juni 2024. Dirinya saat itu hadir untuk menambah kedalaman kekuatan, terutama di posisi ujung tombak tim asal Dorset tersebut.

Enes Unal ternyata lebih sering diturunkan oleh Andoni Iraola sebagai pelapis lini depan Bournemouth 2023/2024. Ini membuat penyerang kelahiran Bursa tersebut memperoleh menit bermain yang tidak banyak. Meski minim kesempatan, dirinya mampu menunjukkan kontribusi penting dengan mengumpulkan 2 gol dan 2 assist dari 17 pertandingan di semua kompetisi.

Bournemouth kemudian membuat keputusan untuk memboyong permanen Enes Unal dari Getafe pada musim panas 2024. The Cherries membelinya dengan harga sekitar 13 juta poundsterling atau Rp263 miliar dari Azulones. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2028 demi merumput di Vitality Stadium. Unal sendiri memiliki kemampuan yang solid untuk meningkatkan opsi rotasi di posisi ujung tombak tim asal Inggris tersebut.

4. Daniel Jebbison gabung Bournemouth sampai 2028 setelah dilepas gratis Sheffield United

4 Penyerang Baru yang Memperkuat Bournemouth pada Musim Panas 2024Daniel Jebbison (afcb.co.uk)

Daniel Jebbison adalah penyerang tengah yang menimba ilmu bersama akademi sepak bola Sheffield United. Talenta berkebangsaan Kanada ini sudah menampilkan kinerjanya di berbagai kelompok umur. Dirinya juga sempat dipinjamkan kepada Chorley demi membut performanya lebih matang. Selepas itu, Jebbison memperoleh kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior The Blades pada musim panas 2021.

Tak langsung masuk skuad senior Sheffield United, Daniel Jebbison langsung dipinjamkan kepada Burton Albion pada musim panas 2021. Meski berstatus pinjaman, dirinya sukses menjelma sebagai salah satu figur penting dalam permainan tim asal Staffordshire tersebut. Selain penyerang tengah, dia juga sanggup diplot menjadi penyerang sayap kiri. Jebbison sendiri telah mengoleksi 9 gol dari 22 pertandingan di semua ajang bersama Brewers.

Selepas tampil solid selama masa peminjaman, Sheffield United kembali memanggil Daniel Jebbison pada musim dingin 2022. Tak berjalan sesuai harapan, talenta kelahiran Ontario ini ternyata kesulitan menembus skuad inti sehingga minim kontribusi untuk The Blades. Dirinya mencatatkan penampilan sebanyak 35 laga dengan mencetak 3 gol dan 1 assist.

Daniel Jebbison tidak mencapai kesepakatan terkait masalah perpanjangan kontrak bersama Sheffield United sehingga dilepas gratis pada musim panas 2024. Talenta yang kini berusia 21 tahun ini lantas menerima tawaran Bournemouth. Dirinya menandatangani kerja sama sampai 2028. Kehadirannya berpotensi menambah pilihan di lini depan The Cherries. Hingga pekan pertama, Jebbison sudah melakoni debut sebagai pengganti bersama tim asal Dorset ini di Premier League 2024/2025.

Keempat penyerang baru di atas memperkuat Bournemouth pada musim panas 2024. Mereka semua tentu menghadirkan harapan besar untuk menambah pilihan rotasi dan meningkatkan performa lini depan The Cherries. Menurutmu, mampukah skuad besutan Andoni Iraola ini membuat kejutan sepanjang 2024/2025?

Baca Juga: 3 Pemain AFC Bournemouth yang Meramaikan Euro 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya