3 Pemain Timnas Italia di Euro 2024 yang Mentas di Luar Serie A

Dua di antaranya berposisi sebagai kiper

Setelah melakukan seleksi terhadap 30 pemain, Timnas Italia akhirnya memutuskan menunjuk 26 nama yang diboyong untuk mentas di Euro 2024. Salah satu faktor penting Luciano Spalletti memilih penggawa ini adalah sebelumnya mampu tampil solid bersama tiap-tiap klub sepanjang musim 2023/2024. Gli Azzurri tentu akan menampilkan performa terbaik demi mempertahankan gelar juara di ajang antarnegara Eropa tersebut.

Selain memanggil penggawa dari kompetisi domestik, Luciano Spalletti selaku pelatih juga memberikan kesempatan bagi pesepak bola yang berkarier di luar Serie A Italia untuk masuk skuad Timnas Italia Euro 2024. Tercatat ada tiga pemain Gli Azzurri yang membela tim di berbagai liga top Eropa. Siapa saja mereka dan seperti apa performanya pada 2023/2024? Mari baca ulasan berikut ini!

1. Gianluigi Donnarumma (Ligue 1 Prancis) berpeluang besar menjadi kiper utama Italia

3 Pemain Timnas Italia di Euro 2024 yang Mentas di Luar Serie AGianluigi Donnarumma (instagram.com/donnarumma)

Gianluigi Donnarumma masih menunjukkan peran penting sebagai salah satu tembok kokoh pertahanan Paris Saint-Germain. Kiper berkebangsaan Italia ini kerap dipercaya oleh Luis Enrique tampil selama 90 menit. Dirinya berkontribusi mengantar Les Parisiens memenangkan Ligue 1 Prancis dan Coupe de France 2023/2024. Musim ini, talenta yang kini berusia 25 tahun tersebut sudah diturunkan dalam 42 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 38 gol dan clean sheet 16 kali di semua kompetisi.

Gianluigi Donnarumma lantas mendapat panggilan memperkuat Timnas Italia di Euro 2024. Pesepak bola kelahiran Castellammare tersebut memiliki performa solid dan banyak pengalaman sehingga berpeluang besar mengisi posisi kiper utama Gli Azzurri. Sejak melakoni debut pada September 2016, Donnarumma telah mengoleksi 62 caps dengan kebobolan sebanyak 49 gol dan clean sheet 28 kali.

2. Guglielmo Vicario (Premier League) bersaing dengan Donnarumma mengisi posisi kiper utama

3 Pemain Timnas Italia di Euro 2024 yang Mentas di Luar Serie AGuglielmo Vicario (instagram.com/guglielmovicario)

Guglielmo Vicario diboyong Tottenham Hotspur dari FC Empoli pada musim panas 2023. Kehadirannya untuk menggantikan posisi Hugo Lloris yang tidak masuk rencana jangka panjang The Lilywhites. Benar saja, pesepak bola kelahiran Udine ini tampil impresif sehingga hampir sulit tergeser dari posisi kiper utama tim London Utara tersebut. Musim ini, Vicario telah berkontribusi dalam 40 laga dengan kebobolan sebanyak 62 gol dan membuat clean sheet 8 kali di berbagai ajang.

Berkat etos kerja mengesankan bersama Tottenham Hotspur, Guglielmo Vicario memperoleh kesempatan membela Timnas Italia di Euro 2024. Dirinya bisa menambah kedalaman kekuatan di jantung pertahanan. Namun, Vicario harus siap bersaing dengan Gianluigi Donnarumma demi memperebutkan tempat utama di skuad Gli Azzurri. Kiper yang kini berusia 27 tahun tersebut baru mencatatkan 2 caps dengan membuat 2 clean sheet.

3. Jorginho (Premier League) bisa menjadi penyeimbang permainan Italia di Euro 2024

3 Pemain Timnas Italia di Euro 2024 yang Mentas di Luar Serie AJorginho (instagram.com/jorginhofrello)

Jorginho masih memegang peran sebagai salah satu instrumen penting permainan Arsenal 2023/2024. Selain gelandang bertahan, talenta kelahiran Imbituba ini juga beberapa kali ditugaskan Mikel Arteta menjadi gelandang tengah. Dirinya memiliki ketenangan sehingga sukses memperlancar aliran bola dari area pertahanan ke lini serang The Gunners. Musim ini, dia sudah tampil sebanyak 36 kali dengan menorehkan 1 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

Performa Jorginho ternyata masih dibutuhkan Timnas Italia di Euro 2024. Pesepak bola yang kini berusia 32 tahun ini memiliki segudang pengalaman sebagai penyeimbang permainan Gli Azzurri. Selain itu, dia juga bisa berperan menjadi mentor bagi para penggawa muda. Sejauh ini, gelandang bertinggi 178 cm tersebut telah membuat 54 caps dengan mengemas 5 gol dan 3 assist.

Ketiga pemain yang mentas di luar Serie A Italia ini berhasil mendapat kesempatan masuk skuad Timnas Italia di Euro 2024. Jorginho dan Gianluigi Donnarumma bahkan ikut berjasa mengantar Gli Azzurri memenangkan Euro 2020. Sementara itu, Guglielmo Vicario untuk pertama kali akan merasakan atmosfer persaingan di kejuaraan antarnegara Eropa tersebut.

Baca Juga: Jorginho Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Arsenal  

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya