4 Pemain Stade Rennais yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya ke Bayer Leverkusen

Stade Rennais menjadi salah satu yang paling sibuk melakukan bongkar pasang kekuatan pada musim panas 2024. Tim asuhan Julien Stephan tersebut tidak ragu menggelontorkan dana demi mendatangkan penggawa incaran yang dianggap bisa membawa angin segar ke Roazhin Park. Sementara ini, terdapat delapan nama baru yang berhasil diajak gabung Les Rennais untuk mengarungi ketatnya kompetisi 2024/2025.

Selain diperkuat nama baru, beberapa penggawa lama Stade Rennais juga masuk radar transfer tim lain sehingga dilepas pada musim panas 2024. Ada total sepuluh pesepak bola yang telah hengkang. Ternyata, empat di antaranya sepakat untuk melanjutkan karier dengan pindah ke Bundesliga Jerman. Lantas, siapa saja yang memulai petualangan di kasta tertinggi Liga Jerman tersebut? Simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Martin Terrier memulai petualangan baru bersama Bayer Leverkusen

4 Pemain Stade Rennais yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2024Martin Terrier (instagram.com/martin_terrier)

Martin Terrier adalah penyerang sayap yang bergabung dengan Stade Rennais setelah diboyong dari Olympique Lyon pada musim panas 2020. Talenta kelahiran Armentieres tersebut dianggap sebagai rekrutan menjanjikan sehingga memperoleh kontrak selama 5 tahun. Dirinya ketika itu diproyeksikan untuk menambah daya kreativitas dan membantu produktivitas lini depan Les Rennais.

Martin Terrier cepat melakukan adaptasi sehingga menjelma sebagai salah satu figur penting di lini depan Stade Rennais. Namun, performanya tidak selalu mulus lantaran sempat mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Hal tersebut membuatnya absen lama.

Selepas pulih, dia kembali mampu menghiasi skuad inti Les Rennais. Selain penyerang sayap, talenta yang kini berusia 27 tahun ini juga lihai melakoni peran menjadi penyerang tengah dan gelandang serang. Terrier sendiri tercatat sudah membuat total kontribusi sebanyak 141 kali dengan mengemas 51 gol dan 24 assist di semua kompetisi.

Setelah berseragam Stade Rennais selama 4 tahun, Martin Terrier memulai petualangan baru dengan menerima tawaran Bayer Leverkusen. Tim asal Jerman ini membelinya dengan harga 20 juta euro atau Rp343 miliar dari Les Rennais. Penyerang sayap tersebut langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2029. Terrier sendiri sudah melakoni debut bersama Die Werkself di DFL Super Cup 2024/2025.

2. Jeanuel Belocian dibeli Bayer Leverkusen berkat portofolio impresif bersama Stade Rennais

4 Pemain Stade Rennais yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2024Jeanuel Belocian (kanan) (bayer04.de)

Jeanuel Belocian adalah bek tengah muda potensial yang mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Stade Rennais. Pemain kelahiran Les Abymes tersebut kemampuannya sudah ditempa di berbagai kategori umur. Dirinya kemudian mendapat kesempatan emas untuk merasakan persaingan lebih ketat dengan promosi ke skuad senior Les Rennais pada musim panas 2022.

Tak langsung mulus, Jeanuel Belocian awalnya lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan Stade Rennais. Seiring berjalannya waktu, dirinya mampu menunjukkan performa menjanjikan sehingga mulai sering memperoleh kesempatan bersama Les Rennais. Pesepak bola yang kini berusia 19 tahun ini bisa melakoni peran menjadi bek tengah dan bek kiri tergantung skema taktik. Belocian sendiri sudah bermain dalam 39 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di semua kompetisi.

Berkat portofolio impresif selama berseragam Stade Rennais, Jeanuel Belocian masuk radar transfer Bayer Leverkusen sehingga dibeli pada musim panas 2024. Bek tengah berkebangsaan Prancis ini ditebus dengan harga 15 juta euro atau Rp258 miliar. Dia rencananya akan merumput di BayArena sampai 2029. Kehadirannya berpeluang meningkatkan opsi rotasi jantung pertahanan lantaran bisa menempati posisi bek tengah dan bek kiri. Belocian sendiri langsung dipercaya sebagai starter di ajang DFL Super Cup 2024/2025.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Stade Rennais di Liga Inggris pada 2023/2024

3. Fabian Rieder dipinjamkan kepada VfB Stuttgart hingga Juni 2025

4 Pemain Stade Rennais yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2024Fabian Rieder (vfb.de)

Fabian Rieder merupakan gelandang serang yang memperkuat Stade Rennais dari BSC Young Boys pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Swiss ini mendapat kontrak sampai 2027 demi mentas di Roazhon Park. Talenta bertinggi 179 cm tersebut diproyeksikan menambah variasi dan kreativitas penyerangan Les Rennais.

Tak sesuai harapan, Fabian Rieder ternyata kesulitan menghiasi starter Stade Rennais 2023/2024. Hal tersebut tentu berdampak terhadap minimnya menit bermain yang diterima. Selain itu, talenta yang kini berusia 22 tahun ini juga sempat menderita cedera sehingga makin tersisih dari skuad inti. Rieder sendiri telah diturunkan dalam 21 pertandingan dengan mengukir 3 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

Minim kesempatan, Stade Rennais sepakat meminjamkan Fabian Rieder kepada VfB Stuttgart pada musim panas 2024. Pesepak bola kelahiran Bern tersebut rencananya akan mentas di Mercedes-Benz Arena hingga Juni 2025 dengan opsi pembelian. Dirinya berpotensi menambah kedalaman kekuatan Die Schwaben lantaran sanggup melakoni beberapa peran di area tengah.

4. Arthur Theate dipinjam Eintracht Frankfurt untuk menggantikan peran Willian Pacho

4 Pemain Stade Rennais yang Pindah ke Bundesliga pada Musim Panas 2024Arthur Theate (en.eintracht.de)

Arthur Theate adalah bek tengah yang sepakat merapat ke Stade Rennais setelah didatangkan dari Bologna pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Liege ini dianggap sebagai rekrutan dengan masa depan menjanjikan sehingga disodori kontrak jangka panjang sampai 2027. Kehadirannya membawa harapan untuk memperkokoh kekuatan dinding pertahanan tim asal Prancis tersebut.

Keputusannya tepat, Arthur Theate langsung bertransformasi sebagai salah satu instrumen berpengaruh di jantung pertahanan Stade Rennais. Talenta berkebangsaan Belgia ini kerap memperoleh kesempatan tampils sejak menit pertama di berbagai ajang. Meski posisi aslinya bek tengah, dirinya juga bisa digeser menjadi bek kiri tergantung skema taktik Les Rennais. Theate sendiri sudah berkontribusi dalam 82 pertandingan dengan mencetak 8 gol dan 1 assist.

Meski memegang peran penting, Stade Rennais sepakat meminjamkan Arthur Theate kepada Eintracht Frankfurt pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 24 tahun ini rencananya akan mentas di Deutsche Bank Park sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. Selain itu, Bek tengah bertinggi 185 cm ini diplot untuk menggantikan peran Willian Pacho yang pindah ke Paris Saint-Germain. Hal tersebut membuat Theate berpeluang besar mengisi peran penting di area belakang Die Adler.

Keempat pemain Stade Rennais di atas pindah ke tim Bundesliga Jerman pada musim panas 2024. Martin Terrier dan Jeanuel Belocian dijual permanen Les Rennais. Sementara, Fabian Rieder dan Arthur Theate dilepas dengan status pinjaman. Menurutmu, siapakah yang nantinya bisa bersinar di kasta tertinggi sepak bola Jerman tersebut?

Baca Juga: 4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal Stade Rennais

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya