4 Pemain SK Rapid Wien yang Bela Timnas Austria di Euro 2024

Semua pemain masih berusia muda #EURO2024

Austria belum memiliki rekam jejak mengesankan saat mengikuti Euro. Sejauh ini, prestasi terbaik mereka hanya sampai babak 16 besar. Meski begitu, negara berjuluk Das Team tersebut mulai merakit kekuatan dengan memperbaiki kualitas kompetisi domestik sehingga bisa rutin mengorbitkan talenta-talenta hebat yang nantinya memberikan dampak positif terhadap kemajuan tim nasional.

Austria perlahan berhasil menjelma sebagai kuda hitam sehingga siap memberikan kejutan di Euro 2024. Ingin mengukir sejarah baru, Ralf Rangnick selaku pelatih memboyong penggawa yang dirasa mampu mendongkrak performa dan menjalankan skema taktik. Dari 26 nama yang dipanggil, ternyata ada empat pemain SK Rapid Wien yang membela Das Tiem di kompetisi antarnegara Benua Biru tersebut. Salah satu penilaian penting yaitu performa mereka bersama Die Grun-Weiben sepanjang 2023/2024.

1. Niklas Hedl melakoni peran sebagai pelapis Patrick Pentz di Timnas Austria

4 Pemain SK Rapid Wien yang Bela Timnas Austria di Euro 2024Niklas Hedl (instagram.com/niklashedl)

Niklas Hedl masih berperan sebagai salah satu faktor penting area pertahanan SK Rapid Wien 2023/2024. Kiper kelahiran Wien tersebut posisinya tak pernah tergantikan dari skuad inti sehingga sukses memperoleh banyak menit bermain bersama Die Grun-Weiben. Musim ini, Hedl sendiri telah dipercaya tampil dalam 42 kali dengan kebobolan sebanyak 43 gol dengan membuat clean sheet 17 kali.

Performa tersebut berbuah manis, Niklas Hedl berkesempatan membela Timnas Austria di Euro 2024. Talenta yang kini berusia 23 tahun ini hadir untuk menambah kedalaman kekuatan area pertahanan Das Team. Dirinya harus melakoni peran sebagai pelapis dari Patrick Pentz. Ini membuatnya selalu menghuni bangku cadangan. Hedl baru mengoleksi 1 caps dan menciptakan 1 clean sheet.

2. Leopold Querfeld minim kesempatan karena bertugas sebagai bek tengah pelapis Austria

4 Pemain SK Rapid Wien yang Bela Timnas Austria di Euro 2024Leopold Querfeld (twitter.com/oefb1904)

Meski masih berusia 20 tahun, Leopold Querfeld sukses menjelma sebagai salah satu instrumen penting permainan SK Rapied Wien 2023/2024. Bek tengah potensial ini bahkan sudah diturunkan secara reguler sehingga kerap menghiasi daftar starter Die Grun-Weiben. Musim ini, dirinya berkontribusi dalam 38 pertandingan dengan menyumbang 3 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Benar saja, Leopold Querfeld dipilih oleh Ralf Rangnick untuk bergabung dengan skuad Austria di Euro 2024. Pemain kelahiran Wien tersebut bisa menambah pilihan rotasi di jantung pertahanan. Bek tengah menjanjikan ini ternyata minim kesempatan karena bertugas sebagai pelapis. Dirinya baru mengumpulkan tiga caps bersama Das Team.

Baca Juga: 5 Pemain Hellas Verona 2023/2024 yang Meramaikan Euro 2024

3. Matthias Seidl selalu menghuni bangku cadangan Timnas Austria di Euro 2024

4 Pemain SK Rapid Wien yang Bela Timnas Austria di Euro 2024Matthias Seidl (instagram.com/mattiseidl)

Matthias Seidl adalah gelandang serang yang didapatkan SK Rapid Wien dari Blau Weiss Linz pada musim panas 2023. Talenta yang kini berusia 23 tahun tersebut langsung disodori kontrak hingga 2027. Kehadirannya diproyeksikan membantu meningkatkan daya gedor dan kreativitas lini depan Die Grun-Weiben.

Meski berstatus rekrutan baru, Matthias Seidl langsung bisa menyatu dengan skema taktik sehingga sering dipasang sebagai starter SK Rapid Wien 2023/2024. Selain gelandang serang, dirinya juga beberapa kali dipasang menjadi gelandang bertahan, gelandang tengah, dan gelandang kanan Die Grun-Weiben. Sejauh ini, Seidl sendiri bermain sebanyak 42 kali dengan mengukir 10 gol dan 6 assist di berbagai kompetisi.

Berkat performa mengesankan bersama SK Rapid Wien, Matthias Seidl diboyong Timnas Austria untuk mengikuti Euro 2024. Dirinya mampu tampil di berbagai area tengah sehingga memudahkan pelatih melakukan rotasi. Sayangnya, talenta kelahiran Kuchl ini selalu menghuni bangku cadangan. Hal tersebut lantaran ketatnya persaingan posisi gelandang serang. Seidl baru membuat empat caps.

4. Marco Grull diplot sebagai pelapis lini depan Timnas Austria

4 Pemain SK Rapid Wien yang Bela Timnas Austria di Euro 2024Marco Gruell (instagram.com/marcogruell)

Marco Grull masih menunjukkan kontribusi penting untuk SK Rapid Wien 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Schwarzach im Pongau ini sering dipercaya tampil sejak menit pertama di berbagai kompetisi. Meski posisi aslinya penyerang sayap kiri, dia juga mampu mengemban peran menjadi penyerang tengah dan gelandang tengah Die Grun-Weiben. Musim ini, Grull sendiri diturunkan dalam 39 pertandingan dengan menciptakan 21 gol dan 12 assist.

Benar saja, Marco Grull mendapat kesempatan emas memperkuat Timnas Austria di Euro 2024. Dirinya tentu memiliki performa solid untuk memperdalam kekuatan lini depan Das Team. Namun, talenta yang kini berusia 25 tahun tersebut harus puas diplot sebagai pelapis sehingga selalu duduk di bangku cadangan. Grull tercatat baru mengumpulkan 5 caps dengan menyumbang 1 assist.

Keempat pemain SK Rapid Wien di atas membela Austria di Euro 2024. Mereka semua ternyata menjalankan peran sebagai pelapis sehingga tidak bisa menunjukkan kontribusi optimal. Selain itu, para penggawa ini gagal mengantar Das Team melangkah jauh karena harus kalah dari Turki pada babak 16 besar kompetisi antarnegara Benua Biru tersebut.

Baca Juga: 4 Pemain Muda yang Membantu Swiss Melangkah Jauh di Euro 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya