3 Pemain Sheffield Wednesday dari Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Dua datang dari tim Premier League

Setelah hampir mengalamai degradasi dari Championship Inggris 2023/2024, Sheffield Wednesday sibuk bergerak untuk merakit kekuatan demi memperoleh komposisi yang pas pada musim panas 2024. Tim asuhan Danny Rohl ini telah melepas sebanyak sepuluh penggawa lama yang dirasa tidak cocok dengan skema taktik. Hal tersebut dilakukan The Owls agar bisa memberikan ruang kepada rekrutan baru.

Benar saja, Sheffield Wednesday aktif berburu penggawa incaran dan berhasil mendaratkan sekitar sebelas nama ke Hillsborough Stadium. Mereka membawa harapan besar untuk memperdalam kekuatan di berbagai lini permainan. Ternyata, tiga pemain baru The Owls sukses didatangkan dari liga top Eropa pada musim panas 2024. Meski memboyong banyak tenaga, tim asal South Yorkshire tersebut terbilang bisa menghemat pengeluaran uang lantaran sebagian besar gabung secara gratis dan status pinjaman.

1. Yan Valery gabung Sheffield Wednesday sampai 2027 setelah ditebus dari Angers SCO

3 Pemain Sheffield Wednesday dari Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Yan Valery (instagram.com/yan.valery)

Yan Valery adalah bek kanan yang membela Angers SCO setelah didatangkan dari Southampton pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Champigny-sur-Marne ini cepat melakukan adaptasi sehingga dipercaya sebagai salah satu figur penting dalam skema taktik. Selain itu, posisinya bisa dirotasi menjadi bek tengah, bek kiri, dan gelandang kanan. Berkat hal tersebut, dia sering memperoleh kesempatan menghiasi daftar starter. Valery sendiri telah mencatatkan total kontribusi sebanyak 68 kali dengan mencetak 5 assist.

Setelah berseragam Angers SCO selama 2 tahun, Yan Valery sepakat kembali membahgun karier di Inggris dan kali ini bersama Sheffield Wednesday pada musim panas 2024. Talenta berkebangsaan Tunisia tersebut ditebus dengan harga sekitar 474 ribu euro atau Rp8 miliar. Dirinya juga menandatangani kontrak berdurasi sampai 2027. Valery langsung dipercaya mengemban peran sebagai bek kanan utama The Owls. Hingga pekan keempat, dia telah tampil dalam empat pertandingan di Championship 2024/2025.

Baca Juga: 4 Transfer dari Championship ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

2. Shea Charles dipinjam Sheffield Wednesday dari Southampton sampai Mei 2025

3 Pemain Sheffield Wednesday dari Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Shea Charles (instagram.com/shea.charles)

Shea Charles merupakan gelandang bertahan yang didatangkan Southampton dari Manchester City U-21 pada musim panas 2023. Putra daerah asli Manchester ini telah menandatangani kontrak dengan durasi sampai 2027 demi merumput di St Mary's Stadium. Kehadirannya diproyeksikan meningkatkan kedalaman area tengah dan membantu kinerja jantung pertahanan The Saints.

Shea Charles ternyata melakoni peran sebagai pelapis dalam skema taktik Southampton 2023/2024. Ini membuatnya memperoleh menit bermain yang tidak terlalu banyak. Meski begitu, kehadirannya meningkatkan opsi rotasi lantaran pernah diplot menjadi gelandang bertahan, bek tengah, gelandang sayap, dan bek kanan. Dirinya juga ikut berjasa membawa The Saints promosi English Premier League (EPL) 2024/2025. Charles sendiri telah tampil dalam 38 pertandingan di semua ajang.

Southampton kemudian meminjamkan Shea Charles kepada Sheffield Wednesday pada musim panas 2024. Hal tersebut bertujuan demi membuat performa talenta berkebangsaan Irlandia Utara ini lebih matang dan berkembang. Dia rencananya membela The Owls sampai Mei 2025. Pesepak bola yang kini berusia 20 tahun ini berpotensi meningkatkan persaingan dan kualitas lini tengah. Hingga pekan keempat, Charles sudah dipercaya debut sebagai gelandang bertahan utama menghadapi Millwall di Championship 2024/2025.

3. Jamal Lowe menerima pinangan Sheffield United setelah dilepas gratis Bournemouth

3 Pemain Sheffield Wednesday dari Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Jamal Lowe (instagram.com/jamzlowe)

Jamal Lowe adalah penyerang tengah yang didapatkan Bournemouth dari Swansea City pada musim panas 2021. Pesepak bola kelahiran London ini lebih sering memulai laga dari bangku cadangan karena bertugas sebagai pelapis di lini depan The Cherries. Posisinya bahkan pernah dirotasi menjadi penyerang sayap dan gelandang serang. Lowe sendiri mencatatkan total penampilan dalam 40 laga dengan mencetak 8 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Tak berjalan mulus, Jamal Lowe kemudian sempat dipinjamkan oleh Bournemouth ke beberapa tim seperti Queens Park Rangers dan Swansea City. Ini untuk membuatnya memperoleh lebih banyak kesempatan. Talenta yang memiliki garis keturunan Jamaika ini baru bergabung lagi dengan skuad The Cherries pada musim panas 2024.

Jamal Lowe ternyata tidak memperoleh perpanjangan kontrak dari Bournemouth sehingga harus pergi secara gratis pada musim panas 2024. Tak sampai menganggur, penyerang yang kini berusia 30 tahun ini menerima pinangan Sheffield Wednesday. Dirinya dipagari kontrak berdurasi sampai 2026 demi mentas di Hillsborough Stadium. Pengalamannya berpeluang meningkatkan daya gedor lini depan The Owls. Hingga pekan keempat, Lowe sendiri berkontribusi sebanyak 5 pertandingan dengan mengukir 2 gol di berbagai kompetisi 2024/2025.

Ketiga pemain Sheffield Wednesday di atas didapatkan dari liga top Eropa pada musim panas 2024. Mereka semua telah dipercaya melakoni debut membela tim asal South Yorkshire tersebut. Menurutmu, siapakah yang nantinya sukses menjelma sebagai figur berpengaruh dalam skema permainan The Owls?

Baca Juga: 4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya