3 Pemain RB Salzburg Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Ada yang hanya tampil singkat bersama RB Salzburg

Berbeda dari musim sebelumnya, RB Salzbrug kurang beruntung mengarungi ketatnya persaingan sepanjang 2023/2024. Hal tersebut lantaran tim asal Austria ini gagal meraih trofi di kancah domestik. Ini juga membuat Die Roten Bullen harus memecat Gerhard Struber dari jabatan pelatih pada April 2024. Mereka kemudian menunjuk Onur Cinel sebagai juru taktik pengganti.

Demi meraih hasil yang lebih baik, RB Salzbrug terlihat cukup sibuk memanfaatkan bursa transfer musim panas 2024. Mereka langsung merekrut Pepijn Lijnders sebagai pelatih baru yang rencananya dikontrak sampai 2027. Die Roten Bullen juga tercatat sementara ini sudah mendaratkan dua penggawa ke Red Bull Arena Salzburg.

Selain menghadirkan wajah baru, RB Salzburg ternyata banyak melepas penggawa lama pada musim panas 2024. Sejauh ini, ada sekitar 15 nama yang telah pergi meninggalkan tim asal Austria tersebut. Bahkan, tiga pemain Die Roten Bullen hengkang ke tim liga top Eropa. Lantas, siapa saja pesepak bola yang berlabuh ke kompetisi elite Benua Biru ini? Mari simak ulasan berikut ini ya!

1. Strahinja Pavlovic didatangkan AC Milan untuk menjaga area pertahanan sampai 2028

3 Pemain RB Salzburg Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Strahinja Pavlovic (acmilan.com)

Strahinja Pavlovic adalah bek tengah yang bergabung dengan RB Salzburg setelah didatangkan dari AS Monaco pada musim panas 2022. Pesepak bola berkebangsaan Serbia ini dianggap sebagai aset masa depan sehingga sepakat menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2027. Dirinya saat itu hadir membawa harapan untuk meningkatkan kekuatan jantung pertahanan Die Roten Bullen.

Benar saja, Strahinja Pavlovic berhasil menjelma sebagai salah satu figur penting di area pertahanan RB Salzburg. Talenta kelahiran Sabac ini sering dipercaya mewarnai daftar starter sehingga bisa memperoleh banyak menit bermain. Selain itu, dirinya juga ikut membawa Die Roten Bullen memenangkan Bundesliga Austria 2022/2023. Pavlovic sendiri sudah menyumbang 6 gol dan 6 assist dari 71 total pertandingan di semua kompetisi.

Berkat rekam jejak impresif selama berseragam RB Salzburg, Strahinja Pavlovic masuk radar transfer AC Milan sehingga didatangkan pada musim panas 2024. Bek tengah yang kini berusia 23 tahun tersebut ditebus dari Die Roten Bullen dengan harga sekitar 18 juta euro atau Rp309 miliar. Dirinya sudah menandatangani kontrak sampai 2028 untuk menjaga area pertahanan I Rossoneri.

2. Luka Sucic memulai petualangan baru bersama Real Sociedad sampai 2029

3 Pemain RB Salzburg Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Luka Sucic (instagram.com/luka_sucic)

Luka Sucic merupakan gelandang tengah yang menimba ilmu bersama akademi sepak bola RB Salzburg. Talenta berkebangsaan Kroasia ini sudah menunjukkan performa terbaiknya di berbagai kategori umur. Usahanya tak sia-sia, dirinya dianggap sebagai salah satu talenta potensial sehingga dipanggil promosi ke skuad senior Die Roten Bullen pada musim panas 2020.

Luka Sucic ternyata perlahan bisa memenuhi ekspektasi dengan menjelma sebagai salah satu sosok penting dalam skema taktik Die Roten Bullen. Selain gelandang tengah, pesepak bola yang kini berusia 21 tahun ini juga sanggup diplot menjadi gelandang serang dan gelandang sayap. Namun, kinerjanya tak selalu mulus lantaran sempat mengalami cedera lutut. Selepas pulih, dia sukses kembali sering mewarnai daftar starter. Selain itu, dirinya ikut berjasa mengantar tim asal Austria tersebut meraih banyak trofi domestik. Sucic sendiri telah mencatatkan kontribusi dalam 128 laga dengan mengukir 18 gol dan 19 assist di berbagai ajang.

Setelah kurang lebih berseragam RB Salzburg selama 8 tahun, Luka Sucic memulai petualangan baru dengan menerima pinangan Real Sociedad pada musim panas 2024. Tim asal Spanyol tersebut menebusnya dari Die Roten Bullen dengan harga sekitar 10 juta euro atau Rp172 miliar. Dirinya juga dianggap sebagai rekrutan penting sehingga disodori kontrak sampai 2029. Sucic sendiri berpeluang membawa angin segar bagi Txuri-Urdin lantaran sanggup menempati beberapa posisi di area tengah.

3. Timo Horn menerima tawaran VfL Bochum setelah dilepas gratis RB Salzburg

3 Pemain RB Salzburg Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Timo Horn (tengah) (vfl-bochum.de)

Timo Horn sempat berstatus tanpa tim setelah dilepas oleh FC Koln pada musim panas 2023. Setelah menganggur selama beberapa bulan, kiper berkebangsaan Jerman ini memperoleh kesempatan emas dengan menerima tawaran RB Salzburg pada musim dingin 2024. Dirinya sepakat menandatangani kerja sama demi memperkuat Die Roten Bullen sampai Juni 2024.

Timo Horn harus puas melakoni peran sebagai pelapis dari Alexander Schlager di RB Salzburg 2023/2024. Hal tersebut membuatnya tidak bisa menampilkan performa optimal bersama Die Roten Bullen. Talenta yang kini berusia 30 tahun ini tercatat hanya diturunkan dalam 3 pertandingan dengan kebobolan 4 gol di Bundesliga Austria.

Pesepak bola kelahiran Koln ini tidak mendapat perpanjangan kontrak dari RB Salzburg sehingga dilepas gratis pada musim panas 2024. Timo Horn lantas pulang ke Jerman untuk menerima tawaran membela VfL Bochum. Dirinya setuju menandatangani kerja sama sampai 2026 demi merumput di Vonovia Ruhrstadion. Kiper bertinggi 192 cm tersebut memiliki pengalaman yang berpotensi menambah kedalaman kekuatan pertahanan Die Unabsteigbaren. 

Ketiga pemain RB Salzburg di atas hengkang ke liga top Eropa pada musim panas 2024. Mereka semua berhasil tersebar di berbagai kompetisi elite sepak bola Italia, Spanyol, dan Jerman. Menurutmu, siapakah yang nantinya sukses mengemban peran penting bersama tim barunya?

Baca Juga: 4 Bek Tengah Serie A Italia Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya