3 Pemain Portugal yang Meniti Karier Bersama AZ Alkmaar 2023/2024

Dua di antaranya masih berstatus pinjaman

Meski tak terlalu bergelimang prestasi, AZ Alkmaar mampu bertransformasi sebagai kuda hitam yang kerap mengganggu persaingan raksasa, seperti PSV Eindhoven, Ajax Amsterdam, dan Feyenoord Rotterdam, di kasta tertinggi sepak bola Belanda. Hal tersebut membuat mereka kerap menghiasi papan atas Eredivisie.

Selain itu, tim berjuluk De Kaasboeren ini sukses menjadi wadah bagi talenta dari berbagai negara untuk membangun karier. Dihuni mayoritas pemain berkebangsaan Belanda, AZ Alkmaar ternyata juga diperkuat penggawa yang berasal dari Portugal pada 2023/2024. Bukan rahasia, negara berjuluk Selecao das Quinas ini rutin mengorbitkan bakat-bakat menjanjikan.

Rekam jejak meyakinkan tersebut sukses memikat perhatian De Kaasboeren. Ini membuat tiga pemain Portugal bisa meniti karier bersama AZ Alkmaar musim ini. Siapa saja pemain Portugal yang meniti karier bersama AZ Alkmaar 2023/2024?

1. Tiago Dantas lebih sering diplot sebagai pemain pengganti bersama AZ Alkmaar 2023/2024

3 Pemain Portugal yang Meniti Karier Bersama AZ Alkmaar 2023/2024Tiago Dantas (instagram.com/tiagodantas86)

Tiago Dantas merupakan gelandang tengah yang bergabung dengan AZ Alkmaar dengan status pinjaman dari Benfica pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Portugal ini merumput bersama De Kaasboeren hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian. Kedatangannya tentu membawa harapan besar untuk memperlancar aliran bola dan menambah daya kreativitas di area tengah tim asal Belanda tersebut.

Berjalan kurang mulus, Tiago Dantas tidak selalu mendapat kepercayaan tampil sebagai starter AZ Alkmaar 2023/2024. Hal tersebut membuatnya lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan. Meski begitu, kehadiran talenta yang kini berusia 23 tahun ini bisa menambah pilihan di posisi gelandang tengah dan gelandang bertahan De Kaasboeren. Sampai pekan ke-32 musim ini, pesepak bola kelahiran Lisboa ini sudah menunjukkan kontribusi dengan bermain sebanyak 24 kali dengan mencetak 1 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 3 Eks AZ Alkmaar yang Membela Tim Ligue 1 2023/2024

2. Alexandre Penetra menambah kedalaman kekuatan di jantung pertahanan AZ Alkmaar

3 Pemain Portugal yang Meniti Karier Bersama AZ Alkmaar 2023/2024Alexandre Penetra (instagram.com/penetra_6)

Alexandre Penetra sukses menjadi salah satu instrumen penting di lini pertahanan Famalicao. Hal tersebut membuat namanya sering mengisi starter di berbagai kompetisi. Berkat etos kerja meyakinkan, AZ Alkmaar tanpa ragu mendatangkannya pada musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Portugal ini dianggap sebagai rekrutan dengan masa depan menjanjikan sehingga disodori kontrak jangka panjang sampai 2028.

Benar saja, Alexandre Penetra sering masuk skuad inti AZ Alkmaar 2023/2024. Kehadirannya mampu menambah kedalaman kekuatan di jantung pertahanan De Kaasboeren. Pesepak bola yang kini berusia 22 tahun ini bisa diplot menjadi bek tengah dan bek kanan sesuai kebutuhan taktik tim. Hingga pekan ke-32 musim ini, dia sudah diturunkan sebanyak 34 kali dengan menorehkan 2 assist di semua ajang.

3. Goncalo Esteves lebih sering tampil bersama skuad U-21 AZ Alkmaar 2023/2024

3 Pemain Portugal yang Meniti Karier Bersama AZ Alkmaar 2023/2024Goncalo Esteves (instagtram.com/goncaloesteves_2)

Goncalo Esteves adalah bek kanan potensial yang bergabung dengan Sporting CP secara gratis dari akademi Porto pada musim panas 2021. Dirinya ternyata kesulitan menembus skuad utama. Pemain kelahiran Arcos del Valdevez ini kemudian dipinjamkan kepada Estoril Praia pada musim panas 2022. Hal tersebut bertujuan agar membuat performanya lebih matang.

Goncalo Esteves tidak mendapat kesempatan reguler selama masa peminjaman bersama Estoril Praia. Dia tercatat hanya diturunkan dalam empat pertandingan sehingga minim kontribusi. Bek kanan yang kini berusia 20 tahun ini kemudian kembali memperkuat Sporting CP pada musim dingin 2023.

Esteves masih kesulitan menjadi pilihan utama di Sporting CP. Dirinya bahkan harus tampil membela Sporting CP B demi memperoleh menit bermain. Sejauh ini, pesepak bola berkebangsaan Portugal tersebut membuat total kontribusi dalam sepuluh laga bersama skuad senior Verde e Brancos. Tak masuk rencana, dia kemudian dipinjamkan lagi dan kali ini kepada AZ Alkmaar pada musim dingin 2024. Bek kanan bertinggi 176 cm ini membela De Kaasboeren hingga Juni 2024 dengan opsi pembelian.

Talenta asal Portugal ini bukan pilihan utama dalam menjaga sisi kanan pertahanan AZ Alkmaar 2023/2024. Goncalo Esteves bahkan lebih sering diturunkan bersama skuad U-21 De Kaasboeren. Hingga pekan ke-32 musim ini, dirinya baru tampil dalam 1 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di ajang KNVB Beker.

Ketiga pemain Portugal di atas tengah meniti karier bersama AZ Alkmaar 2023/2024. Musim ini, Alexandre Penetra dan Tiago Dantas cukup sering diberikan kesempatan untuk mentas di berbagai ajang. Sementara, Goncalo Esteves memperoleh menit bermain yang sedikit bersama De Kaasboeren. Meski begitu, mereka semua masih bisa mencapai potensi terbaik karena berusia muda.

Baca Juga: 3 Pemain AZ Alkmaar Terakhir yang Menjadi Top Skor Eredivisie

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya