4 Pemain Pinjaman Atalanta pada Musim Panas 2024, Berusia Muda Semua!

Tiga di antaranya berposisi sebagai gelandang

Atalanta masih mempertahankan predikat sebagai kuda hitam penuh kejutan sepanjang musim 2023/2024. Benar saja, skuad besutan Gian Piero Gasperini ini sukses mengukir sejarah karena untuk pertama kalinya memenangkan UEFA Europa League. Hal tersebut membuat nama La Dea makin harum dan diperhitungkan.

Berkat pencapain luar biasa ini, beberapa penggawa Atalanta juga masuk radar transfer tim lain pada musim panas 2024. Skuad asal Bergamo ini kemudian melakukan cuci gudang dengan melepas 19 nama, termasuk Teun Koopmeiners yang memiliki peran sangat penting dalam skema taktik. Meski begitu, kepergian para pemain tersebut bisa menghasilkan kucuran dana segar bagi La Dea.

Tak berdiam diri, Atalanta juga mencari pengganti yang dirasa lebih cocok dengan skema taktik. Mereka merakit kekuatan dengan mendaratkan sebelas nama ke Gewiss Stadium. Selain diboyong permanen dan secara gratis, ada empat pemain baru La Dea yang dipinjam dari tim lain pada musim panas 2024. Lantas, siapa saja pesepak bola pinjaman yang dimaksud tersebut? Mari simak daftar berikut ini ya!

1. Nicolo Zaniolo dipinjamkan Galatasaray kepada Atlanta sampai Juni 2025

4 Pemain Pinjaman Atalanta pada Musim Panas 2024, Berusia Muda Semua!Nicolo Zaniolo (kanan) (en.atalanta.it)

Nicolo Zaniolo adalah gelandang serang yang memperkuat Galatasaray setelah didatangkan dari AS Roma pada musim dingin 2023. Talenta berkebangsaan Italia ini menandatangani kontrak yang berdurasi sampai 2027. Dirinya membawa harapan untuk membantu meningkatkan daya kreativitas lini tengah dan depan Cimbom.

Tak berlangsung mulus, Nicolo Zaniolo ternyata lebih sering memulai pertandingan sebagai pengganti sehingga mendapat menit bermain yang minim. Selain gelandang serang, dia juga pernah bertugas menjadi penyerang tengah dan penyerang sayap. Zaniolo sendiri telah menunjukkan kontribusi dalam12 pertandingan dengan menyumbang 5 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Galatasaray kemudian setuju meminjamkan Nicolo Zaniolo kepada Aston Villa pada musim panas 2023. Dia memperkuat tim asal Birmingham tersebut sampai Juni 2024. Tak jauh berbeda, talenta kelahiran Massa ini harus puas melakoni peran sebagai pelapis bersama The Villans. Meski begitu, kehadirannya sukses menambah opsi rotasi karena bisa menempati berbagai posisi di area tengah dan depan. Zaniolo telah diturunkan dalam 39 laga dengan mengemas 3 gol.

Selepas itu, Nicolo Zaniolo kembali gabung Galatasaray pada musim panas 2024. Bertahan singkat, Cimbom setuju meminjamkannya lagi dan kali ini kepada Atalanta sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. La Dea harus merogoh kocek sebesar 6,4 juta euro atau Rp109 miliar demi memperoleh jasa talenta yang kini berusia 25 tahun tersebut. Dia berpeluang cepat adaptasi karena sudah tidak asing dengan atmosfer sepak bola Italia. Hingga pekan ketiga, Zaniolo sudah melakoni debut melawan Torino di Serie A Italia 2024/2025.

2. Odilon Kossounou dipinjam Atalanta untuk menambah kekuatan jantung pertahanan

4 Pemain Pinjaman Atalanta pada Musim Panas 2024, Berusia Muda Semua!Odilon Kossounou (kanan) (en.atalanta.it)

Odilon Kossounou merupakan bek tengah yang berseragam Bayer Leverkusen setelah diboyong dari Club Brugge pada musim panas 2021. Talenta kelahiran Abidjan ini dianggap memiliki masa depan menjanjikan sehingga dipagari kontrak jangka panjang yang berdurasi sampai 2026. Dirinya diproyeksikan untuk meningkatkan kualitas tembok pertahanan Die Werkself.

Tak butuh waktu lama, Odilon Kossounou sukses bertransformasi sebagai salah satu figur penting dalam skema taktik Bayer Leverkusen. Ini membuatnya sering mewarnai daftar starter. Selain bek tengah, dia sanggup diplot menjadi bek kanan dan gelandang bertahan. Talenta bertinggi 191 cm tersebut juga ikut berjasa membawa Die Werkself memenangkan berbagai trofi di kancah domestik. Kossounou sendiri telah bermain sebanyak 102 pertandingan dengan mengukir 1 gol dan 3 assist di semua ajang.

Berkat rekam jejak meyakinkan tersebut, Atalanta memutuskan untuk meminjam Odilon Kossounou dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2024. La Dea harus membayar biaya peminjaman sebesar 5 juta euro atau Rp85 miliar dari Die Werkself. Pesepak bola yang kini berusia 23 tahun ini rencananya akan merumput di Gewiss Stadium sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. Kossounou berpeluang meningkatkan kedalaman kekuatan jantung pertahanan tim asal Bergamo tersebut.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pindah dari Atalanta ke Juventus dalam 20 Tahun Terakhir

3. Marco Brescianini dipinjam Atalanta berkat portofolio meyakinkan bersama Frosinone

4 Pemain Pinjaman Atalanta pada Musim Panas 2024, Berusia Muda Semua!Marco Brescianini (kanan) (en.atalanta.it)

Marco Brescianini adalah gelandang tengah yang didatangkan Frosinone dari AC Milan pada musim panas 2023. Talenta kelahiran Calcinate ini sepakat menandatangani kontrak yang berdurasi sampai 2027. Dirinya membawa harapan untuk mengemban peran sebagai figur penting dalam mengatur tempo dan aliran serangan I Giallazzurri.

Benar saja, Marco Brescianini cepat melakukan adaptasi sehingga dipercaya sebagai salah satu kunci permainan Frosinone 2023/2024. Hal tersebut membuatnya kerap tampil sejak menit pertama di berbagai ajang. Dirinya bisa menambah pilihan rotasi lantaran sanggup melakoni beberapa peran di lini tengah dan belakang sesuai kebutuhan taktik. Sayangnya, dia gagal menyelamatkan I Giallazzurri dari jurang degradasi Serie A Italia. Brescianini sendiri telah tampil dalam 40 laga dengan mengemas 4 gol dan 2 assist.

Atalanta ternyata kepincut dengan performa Marco Brescianini sehingga meminjamnya dari Frosinone pada musim panas 2024. Tim asal Bergamo ini harus membayar sekitar 2 juta euro atau Rp34 miliar kepada I Giallazzurri. Dia akan membela La Dea sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. Benar saja, talenta yang kini berusia 24 tahun tersebut langsung dipercaya sebagai salah satu instrumen penting. Hingga pekan ketiga, Brescianini sudah membuat 2 gol dari 3 pertandingan di Serie A Italia 2024/2025.

4. Lazar Samardzic dipinjam Atalanta sampai Juni 2025 setelah tampil menjanjikan di Udinese

4 Pemain Pinjaman Atalanta pada Musim Panas 2024, Berusia Muda Semua!Lazar Samardzic (kanan) (en.atalanta.it)

Setelah kesulitan memperoleh kesempatan tampil reguler bersama RB Leipzig, Lazar Samardzic memilih berlabuh ke Italia demi membangun karier bersama Udinese pada musim panas 2024. Gelandang tengah berkebangsaan Serbia ini dipagari kontrak yang berlaku sampai 2026. Kedatangannya ketika itu untuk menambah pilihan di area tengah permainan Le Zebrette.

Tak langsung mulus, Lazar Samardzic awalnya kesulitan menembus skuad inti lantaran lebih sering memulai laga dari bangku cadangan Udinese. Seiring berjalannya waktu, pesepak bola kelahiran Berlin ini sukses menunjukkan perkembangan sehingga mendapat peran penting dalam skema taktik Le Zebrette. Dirinya sanggup diplot menjadi gelandang tengah, gelandang serang, dan penyerang bayangan sesuai kebutuhan Le Zebrette. Samardzic sendiri berkontribusi sebanyak 98 kali dengan mengukir 13 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Meski berperan sebagai salah satu figur penting, Udinese sepakat untuk meminjamkan Lazar Samardzic kepada Atalanta pada musim panas 2024. Talenta potensial yang kini berusia 22 tahun ini recananya akan memperkuat La Dea sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. Dia berpotensi memperkaya pilihan gelandang sehingga memudahkan Gian Piero Gasperini selaku pelatih untuk merakit komposisi kekuatan. Hingga pekan ketiga, Samardzic sudah tampil dalam 3 pertandingan dengan membuat 1 assist di semua ajang 2024/2025.

Keempat pemain pinjaman di atas bergabung dengan Atalanta pada musim panas 2024. Nicolo Zaniolo, Marco Brescianini, dan Lazar Samardzic sudah menunjukkan kontribusi untuk La Dea. Sementara, Odilon Kossounou belum melakoni laga debut. Mereka semua memiliki usia muda sehingga masih bisa berkembang lagi mencapai potensi terbaik. Menurutmu, siapakah yang nantinya benar-benar dipermanenkan oleh tim asal Bergamo tersebut?

Baca Juga: 6 Pemain Afrika Terakhir yang Gabung Atalanta Bergamo dari Klub Lain

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya