3 Pemain Manchester United Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya jebolan akademi Manchester United

Manchester United tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melakukan pembenahan skuad dengan memanfaatkan bursa transfer musim panas 2024. Sejauh ini, mereka sangat aktif lantaran sudah berhasil mendaratkan lima pemain ke Old Trafford Stadium. Para tenaga baru tersebut membawa angin segar di berbagai lini permainan untuk membuat The Red Devils tampil menjanjikan di semua kompetisi 2024/2025.

Selain berbelanja tenaga baru, Manchester United juga disibukkan dengan urusan melepas banyak penggawa lama yang tidak masuk rencana masa depan. Sementara ini, mereka resmi ditinggal 12 nama pada musim panas 2024. Ternyata, terdapat tiga pemain The Red Devils yang hengkang ke tim Serie A Italia. Mereka akan menjalani petualangan baru di kasta tertinggi sepak bola Italia tersebut. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud? Mari baca daftarnya di bawah ini!

1. Scott McTominay pindah ke Napoli setelah berseragam Manchester United selama 22 tahun

3 Pemain Manchester United Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2024Scott McTominay (instagram.com/scottmctominay)

Scott McTominay adalah gelandang tengah yang mengeyam pendidikan bersama akademi sepak bola Manchester United. Pesepak bola berkebangsaan Skotlandia ini telah menunjukkan performanya di berbagai kategori umur. Dirinya dinilai sebagai talenta potensial sehingga memperoleh kesempatan emas untuk merasakan atmosfer persaingan lebih ketat lagi dengan promosi ke skuad senior The Red Devils pada musim panas 2017.

Scott McTominay perlahan sukses menambah kedalaman kekuatan Manchester United. Tak jarang, dirinya hadir sebagai faktor pembeda dalam sebuah laga. Selain gelandang tengah, pemain yang kini berusia 27 tahun tersebut juga sanggup melakoni tugas menjadi gelandang bertahan dan gelandang serang tergantung skema takik. Dia juga ikut andil mengantar The Red Devils memenangkan EFL Cup 2023 dan FA Cup 2024. McTominay sendiri tercatat sudah berkontribusi dalam 255 laga dengan menyumbang 29 gol dan 8 assist di berbagai ajang.

Setelah 22 tahun berseragam Manchester United, Scott McTominay sepakat pindah dengan menerima tawaran Napoli pada musim panas 2024. I Partenopei harus merogoh kocek sebesar 30,5 juta euro atau Rp622 miliar demi menebusnya dari The Red Devils. Dirinya setuju menandatangani kontrak sampai 2028 demi merumput di Stadio Diego Armando Maradona. Talenta bertinggi 191 cm ini memiliki pengalaman yang berpotensi besar menambah opsi rotasi area tengah tim asal Campania tersebut.

2. Raphael Varane melanjutkan petualangan bersama Como sampai 2026

3 Pemain Manchester United Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2024Raphael Varane (comofootball.com)

Raphael Varane merupakan bek tengah yang merapat ke Manchester United setelah didatangkan dari Manchester United pada musim panas 2021. Pesepak bola kelahiran Lille ini dipagari kontrak selama 4 tahun demi merumput di Old Trafford Stadium. Dia memiliki segudang pengalaman untuk membantu meningkatkan kualitas jantung pertahanan The Red Devils.

Benar saja, Raphael Varane bisa menambah kekuatan di lini belakang Manchester United. Sayangnya, dia tidak selalu hadir menghiasi daftar starter lantaran kerap direpotkan dengan masalah cedera. Ini tentu membuat kontribusinya menjadi kurang optimal bersama tim asal Inggris tersebut. Meski begitu, talenta yang kini berusia 31 tahun ini ikut berjasa membawa The Red Devils memenangkan beberapa gelar di kancah domestik. Varane sendiri sudah diturunkan sebanyak 95 pertandingan dengan menorehkan 2 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Meski masih menyisakan kontrak 1 tahun, Raphael Varane dan Manchester United sepakat berpisah lebih cepat sehingga pergi secara gratis pada musim panas 2024. Pesepak bola berkebangsaan Prancis tersebut kemudian melanjutkan petualangan ke Italia demi menerima tawaran Como. Dirinya menandatangani kerja sama sampai 2026. Namun, performanya saat ini kembali terhambat lantaran tengah menderita cedera lutut. Hingga pekan kedua, Varane sendiri telah melakoni debut bersama I Lariani di ajang Coppa Italia 2024/2025.

3. Omari Forson berlabuh ke AC Monza setelah kontraknya habis di Manchester United

3 Pemain Manchester United Hengkang ke Serie A pada Musim Panas 2024Omari Forson (acmonza.com)

Omari Forson adalah penyerang sayap yang menimba ilmu di akademi sepak bola Manchester United. Talenta kelahiran London tersebut pernah merasakan tampil di berbagai kelompok umur. Berkat etos kerja menjanjikan, dirinya kemudian dipercaya promosi ke skuad senior The Red Devils pada musim dingin 2024.

Omari Forson ternyata kesulitan memperoleh kesempatan reguler bersama Manchester United 2023/2024. Hal tersebut terbilang wajar lantaran ketatnya persaingan di lini depan The Red Devils. Meski posisi aslinya penyerang sayap, dia juga pernah digeser untuk melakoni peran menjadi gelandang serang tergantung kebutuhan tim. Forson sendiri mencatatkan total penampilan dalam 7 pertandingan dengan membuat 1 assist di berbagai kompetisi.

Setelah memilih tidak memperpanjang kontrak, Omari Forson meninggalkan Manchester United secara gratis pada musim panas 2024. Tak sampai menganggur, talenta muda potensial ini kemudian berlabuh ke AC Monza. Dia langsung dipagari kontrak sampai 2028 demi merumput di U-Power Stadium. Kehadirannya berpeluang memberikan variasi di lini depan I Biancorossi.

Ketiga pemain Manchester United di atas hengkang ke tim Serie A Italia pada musim panas 2024. Mereka meninggalkan The Red Devils dengan status dijual permanen dan secara gratis. Raphael Varane kabarnya harus tersingkir dari skuad Como lantaran mengalami cedera panjang. Hal tersebut membuat masa depannya menjadi tidak menentu bersama I Lariani.

Baca Juga: 5 Pemain Uruguay yang Pernah Membela Manchester United

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya