3 Pemain Man City yang Dilepas kepada Tim EPL Lain pada 2024

Dua di antaranya gelandang

Manchester City terlihat pasif dalam melakukan perombakan komposisi skuad pada musim panas 2024. Tim besutan Pep Guardiola tersebut tampaknya percaya diri dengan kedalaman kekuatan yang dimiliki untuk mengarungi ketatnya persaingan di semua kompetisi 2024/2025. Sementara ini, The Citizens baru memboyong Savinho dari ESTAC Troyes.

Tak banyak melakukan pergerakan, Manchester City malah harus ditinggal oleh enam penggawa lama pada musim panas 2024. Ternyata, ada tiga pemain The Citizens yang dilepas ke tim English Premier League (EPL) lain. Selain pergi dengan status pinjaman, beberapa juga dijual permanen sehingga berhasil menambah dana segar bagi tim asal kota Manchester tersebut.

1. Taylor Harwood-Bellis dipermanenkan Southampton sampai 2028

3 Pemain Man City yang Dilepas kepada Tim EPL Lain pada 2024Taylor Harwood-Bellis (instagram.com/tayhbellis_)

Taylor Harwood-Bellis adalah bek tengah yang memperkuat Southampton dengan status pinjaman dari Manchester City pada tenggat waktu musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Stockport ini berseragam The Saints sampai Mei 2024. Kedatangannya saat itu berguna untuk meningkatkan kualitas jantung pertahanan.

Benar saja, Taylor Harwood-Bellis sukses bertransformasi sebagai salah satu tumpuan lini belakang Southampton 2023/2024. Dirinya kerap dipercaya oleh Russell Martin untuk menghiasi daftar starter sehingga memperoleh banyak menit bermain. Selain bek tengah, dia juga beberapa kali digeser menjadi bek kanan tergantung kebutuhan taktik. Kerja kerasnya berbuah manis, talenta yang kini berusia 22 tahun tersebut ikut berperan bersar mengantar The Saints promosi ke English Premier League 2024/2025. 

Berkat rekam jejak impresif selama masa peminjaman, Southampton memutuskan untuk memboyong permanen Taylor Harwood-Bellis dari Manchester City pada musim panas 2024. The Saints harus merogoh kocek sebesar 20 juta poundsterling atau sekitar Rp406 miliar. Talenta bertinggi 188 cm ini disodori kontrak sampai 2028 demi merumput di St Mary's Stadium. Hingga pekan pertama, dirinya masih menghiasi starter dan tampil selama 90 menit di EPL 2024/2025. Sejauh ini, Harwood-Bellis membuat total kontribusi sebanyak 47 laga dengan mengemas 2 gol dan 4 assist di semua kompetisi.

Baca Juga: 7 Rekor Manchester City di Premier League, Bakal Bertambah?

2. Tommy Doyle ditebus permanen oleh Wolverhampton Wanderers sampai 2028

3 Pemain Man City yang Dilepas kepada Tim EPL Lain pada 2024Tommy Doyle (instagram.com/tommy.doyle8)

Tommy Doyle merupakan gelandang tengah yang pertama kali berseragam Wolverhampton Wanderers dari Manchester City dengan status pinjaman pada tenggat waktu musim panas 2023. Pesepak bola yang kini berusia 22 tahun ini merumput di Molineux Stadium sampai Mei 2024. Dirinya diproyeksikan untuk memperlancar aliran bola dan dan meningkatkan daya kreativitas area tengah permainan Wolves.

Meski berstatus pinjaman, Tommy Doyle cukup sering dipercaya mewarnai daftar starter Wolverhampton Wanderers 2023/2024. Selain itu, kehadirannya mampu meningkatkan pilihan rotasi lantaran sanggup melakoni peran menjadi gelandang tengah, gelandang serang, dan gelandang bertahan sesuai skema taktik Wolves. Sejauh ini, talenta kelahiran Manchester tersebut sudah mencatatkan kontribusi sebanyak 32 pertandingan dengan mengemas 1 gol di berbagai kompetisi.

Wolverhampton Wanderers kemudian setuju untuk merekrut Tommy Doyle secara permanen dari Manchester City pada musim panas 2024. Gelandang bertinggi 172 cm tersebut ditebus dengan harga 4,3 juta pound sterling atau Rp87 miliar dari The Citizens. Dirinya juga telah menandatangani kontrak sampai 2028 dengan opsi perpanjangan 2 tahun. Doyle sendiri sanggup melakoni beberapa peran di area tengah sehingga berpotensi besar menambah kedalaman kekuatan Wolves.

3. Kalvin Phillips dipinjam Ipswich Town sampai Juni 2025

3 Pemain Man City yang Dilepas kepada Tim EPL Lain pada 2024Kalvin Philips (instagram.com/ipswichtown dan kalvinphillips)

Setelah tampil solid bersama Leeds United, Kalvin Phillips setuju melebarkan sayap dengan menerima pinangan Manchester City pada musim panas pada musim panas 2022. Gelandang bertahan kelahiran Leeds tersebut dianggap sebagai rekrutan dengan masa depan menjanjikan sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Dia membawa harapan besar untuk menjadi faktor penting di area tengah dan membantu kinerja lini pertahanan The Citizens.

Berjalan tak sesuai harapan, Kalvin Phillips kesulitan menembus skuad inti Manchester City. Selain itu, cedera juga membuatnya makin tersisih sehingga minim kontribusi terhadap performa The Citizens. Sejauh ini, pesepak bola yang kini berusia 28 tahun tersebut telah diturunkan sebanyak 31 pertandingan dengan menorehkan 1 gol di semua kompetisi.

Tak sesuai harapan, Manchester City memutuskan untuk meminjamkan Kalvin Phillips kepada West Ham United pada musim dingin 2024. Dirinya berseragam The Hammers sampai Juni 2024. Gelandang bertinggi 179 cm ini ternyata lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan sehingga minim menit bermain. Phillips sendiri tercatat tampil dalam sepuluh laga bersama The Hammers.

Selepas itu, Kalvin Phillips kembali gabung dengan skuad Manchester City pada musim panas 2024. Dirinya ternyata tidak masuk skema taktik The Citizens sehingga kembali dipinjamkan dan kali ini kepada Ipswich Town. Dia rencananya akan membela The Tracktor Boys sampai Juni 2025. Pengalamannya berpotensi membantu meningkatkan kualitas area tengah permainan tim asal Suffolk tersebut.

Ketiga pemain Manchester City di atas dilepas ke tim English Premier League lain pada musim panas 2024. Taylor Harwood-Bellis dan Tommy Doyle harus pergi secara permanen dari The Citizens. Sementara, Kalvin Phillips melakoni masa peminjaman demi memperoleh lebih banyak kesempatan.

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Manchester City, Julian Alvarez Pecahkan Rekor!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya