3 Pemain Lulusan Akademi Anderlecht yang Mentas di Serie A 2023/2024

Didominasi penggawa AS Roma

Anderlecht menjadi salah satu tim terbaik yang berasal dari Belgia. Klub berjuluk Paars-Wit ini sukses mendominasi kompetisi domestik sehingga banyak memenangi trofi juara. Selain mentereng dari segi prestasi, mereka juga bisa mengelola akademi dengan baik, sehingga banyak memunculkan bibit-bibit menjanjikan dalam dunia sepak bola.

Banyak pesepak bola jebolan akademi Anderlecht yang bisa berkarier membela tim raksasa dan menembus di liga top Eropa. Salah satu kompetisi yang menjadi tujuan adalah Serie A Italia. Pada 2023/2024, ada tiga pemain lulusan Anderlecht yang tampil di kasta tertinggi sepak bola Italia tersebut.

1. Romelu Lukaku dipinjamkan Chelsea kepada AS Roma mulai pada musim panas 2023

3 Pemain Lulusan Akademi Anderlecht yang Mentas di Serie A 2023/2024Romelu Lukaku (twitter.com/OfficialASRoma)

Romelu Lukaku adalah penyerang yang pernah menimba ilmu di akademi milik Anderlecht. Dirinya berhasil tampil di berbagai kelompok umur sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2009. Meski saat itu masih muda, dia bisa mendapat menit bermain dan menjelma jadi mesin pencetak gol untuk tim asal Belgia tersebut.

Bertahan selama 2 musim bersama skuad senior Anderlecht, Romelu Lukaku memilih pergi untuk bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2011. Kariernya ternyata berjalan tidak mulus, dirinya kesulitan mendapat menit bermain dan lebih sering berperan sebagai pelapis. Penyerang kelahiran Antwerpen ini kemudian bertualang dengan membela beberapa tim di Inggris dan Italia.

Setelah membela banyak tim, Romelu Lukaku memutuskan kembali memperkuat Chelsea pada musim panas 2021. Pesepak bola kebangsaan Belgia ini dibeli dari Inter Milan dan langsung dipagari kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Stamford Bridge. Namun, dia tidak merasa bahagia dengan skema taktik dan kerap menunjukkan performa angin-anginan. Ini membuat The Blues mengembalikan Lukaku ke I Nerazzuri dengan status pinjam pada musim panas 2022.

Setelah menyelesaikan masa peminjamannya bersama Inter Milan, Romelu Lukaku dipinjamkan lagi ke AS Roma pada musim panas 2023. Dia rencananya akan berseragam I Giallorossi hingga 2024. Tak butuh waktu adaptasi, penyerang 30 tahun ini mampu menjadi kunci di lini depan. Dirinya kerap mendapat kepercayaan dari Jose Mourinho untuk dipasang sebagai starter. Hingga pekan ke-9, Lukaku sudah berkontribusi dalam 9 laga dengan mencetak 7 gol di berbagai ajang pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Top Skor Timnas yang Bermain di Serie A 2023/2024, Ada Pemain Asia

2. Alexis Saelemaekers dipinjamkan AC Milan kepada Bologna dengan opsi pembelian

3 Pemain Lulusan Akademi Anderlecht yang Mentas di Serie A 2023/2024Alexis Saelemaekers (instagram.com/ alexis.saelemaekers)

Alexis Saelemaekers merupakan gelandang kanan yang pernah mengenyam pendidikan di akademi Anderlecht. Dia telah menunjukkan kualitasnya dengan tampil di berbagai kelompok umur sehingga dipromosikan ke skuad utama pada 2018. Dirinya mendapat menit bermain yang cukup dan memberi kontribusi penting dalam skema permainan tim berjuluk Paars-Wit tersebut.

Performa menjanjikan ini membuat AC Milan mendatangkannya dengan status pinjam pada musim dingin 2020. Berselang 6 bulan, Alexis Saelemaekers dipermanenkan oleh tim asal Italia tersebut. Dirinya sering diberikan kesempatan untuk tampil sebagai starter di berbagai ajang. Pesepak bola kelahiran Berchem-Sainte-Agathe ini bahkan ikut mengantarkan Rossoneri menjadi juara Serie A 2022.

Pada musim panas 2023, Alexis Saelemaekers dipinjamkan AC Milan ke Bologna hingga 2024 dengan opsi pembelian. Sejauh ini, dirinya lebih sering hadir sebagai pengganti dalam sistem permainan I Rossoblu. Ini membuatnya menjadi minim kontribusi untuk tim. Sampai pekan ke-9. pesepak bola kebangsaan Belgia ini baru tampil dalam empat pertandingan di Serie A 2023/2024.

3. Mile Svilar jadi pelapis Rui Patricio di AS Roma pada 2023/2024

3 Pemain Lulusan Akademi Anderlecht yang Mentas di Serie A 2023/2024Mile Svilar (instagram.com/svilar_mile)

Mile Svilar adalah kiper lulusan akademi dari Anderlecht. Pesepak bola kelahiran Antwerpen ini telah membela berbagai kelompok umur tim berjuluk Paars-Wit tersebut. Performa solid mengantarkannya mendapat promosi skuad utama pada 2016. Namun, dirinya lebih sering hadir sebagai pelapis sehingga tidak pernah debut bersama klub asal Belgia tersebut.

Kiper 24 tahun ini kemudian memilih untuk pindah ke Benfica pada musim panas 2017. Mile Svilar ternyata lebih sering duduk di bangku cadangan dari As Guias. Dirinya hanya beberapa kali dipercaya untuk mengawal pertahanan tim. Pesepak bola kebangsaan Serbia ini lantas dilepas secara gratis untuk bergabung dengan AS Roma pada musim panas 2022. Dia setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2027 bersama I Giallorossi.

Mile Svilar harus rela menjalankan peran sebagai pelapis dari Rui Patricio di AS Roma. Pada 2023/2024, kiper kelahiran Antwerpen ini banyak menghabiskan waktunya untuk duduk di bangku cadangan tim. Hingga minggu ke-9 2023/2024, Svilar tercatat baru dimainkan dalam 2 laga dengan kebobolan sebanyak 1 gol di ajang UEFA Europa League. Meski begitu, usianya tergolong muda sehingga masih bisa mencapai potensi terbaik dan menjadi pilihan utama bagi I Giallorossi.

Ketiga pemain lulusan akademi Anderlecht tersebut mentas di Serie A 2023/2024. Hanya Romelu Lukaku yang sejauh ini bisa mendapat kesempatan secara reguler bersama timnya. Meski begitu, kehadiran mereka berpotensi menambah kekuatan dan mengangkat performa tim agar lebih kompetitif di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Serie A 2023/2024 yang Digaet dari Serie B

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya