3 Pemain LaLiga di Skuad Belgia untuk Euro 2024

Ada pemain Atletico Madrid #EURO2024

Belgia sempat digadang-gadang akan meraih banyak kesuksesan karena memiliki generasi emas. Hal tersebut bukan tanpa sebab, mereka berhasil diperkuat oleh pemain bintang di berbagai posisi. Sayangnya, negara berjuluk The Red Devils ini gagal memenuhi ekspektasi sehingga harus puas nihil trofi.

Tak ingin mendapat hasil sama, Belgia melakukan perubahan pada Euro 2024. Domenico Tedesco selaku pelatih memanggil 26 nama terbaik yang dianggap cocok dengan skema taktik. Th Red Devils mencoba menggabungkan para pemain dengan segudang pengalaman dan talenta muda potensial yang tengah naik daun. 

Dari 26 nama yang masuk skuad Belgia di Euro 2024, Ada tiga pemain yang membangun karier di LaLiga 2023/2024. Kehadiran mereka berpotensi menambah pilihan sehingga memudahkan pelatih untuk rotasi di ajang antarnegara Benua Biru tersebut. Lantas, siapa saja penggawa yang dimaksud dan seperti apa kontribusinya untuk The Red Devils sejauh ini? Yuk, intip daftar di bawah ini!

1. Axel Witsel belum bisa menunjukkan kontribusi karena berkutat dengan cedera

3 Pemain LaLiga di Skuad Belgia untuk Euro 2024Axel Witsel (instagram.com/axelwitsel28)

Axel Witsel masih dipercaya sebagai salah satu faktor penting permainan Atletico Madrid 2023/2024. Pesepak bola berkebangsaan Belgia ini kerap dipasang Diego Simeone untuk menghiasi daftar starter Los Colchoneros. Dirinya mampu melakoni peran menjadi bek tengah dan gelandang bertahan tim ibu kota Spanyol tersebut. Musim ini, Witsel sendiri sudah mengoleksi 51 pertandingan dengan menyumbang 2 gol di semua kompetisi. Ini juga membuatnya mendapat perpanjangan kontrak hingga 2025.

Berkat etos kerja impresif tersebut, Axel Witsel berkesempatan membela Timnas Belgia di Euro 2024. Pengalaman talenta yang kini berusia 35 tahun ini bisa menambah opsi lini tengah dan area pertahanan The Red Devils. Sayangnya, dia saat ini belum bisa menunjukkan kontribusi karena berkutat dengan cedera. Sejauh ini, Witsel membuat 132 caps dengan menciptakan 12 gol dan 8 assist.

Baca Juga: 5 Pemain LaLiga Spanyol Cetak Gol pada Matchday 3 Euro 2024

2. Arthur Vermeeren melakoni peran sebagai pelapis di lini tengah Timnas Belgia

3 Pemain LaLiga di Skuad Belgia untuk Euro 2024Arthur Vermeeren (instagram.com/arthurvermeeren)

Arthur Vermeeren berhasil menunjukkan kinerja menjanjikan saat masih berseragam Royal Antwerp. Atletico Madrid lantas mendatangkannya pada musim dingin 2024. Talenta kelahiran Lier tersebut dianggap sebagai aset masa depan sehingga dipagari kontrak jangka panjang hingga 2030. Kehadirannya diproyeksikan untuk memperlancar aliran bola dan menambah kreativitas lini tengah Los Colchoneros. 

Langkah awalnya tidak gampang, Arthur Vermeeren ternyata sulit memperoleh kesempatan reguler bersama Atletico Madrid 2023/2024. Hal tersebut membuatnya minim menit bermain dan sering menghabiskan waktu duduk di bangku cadangan. Musim ini, talenta yang kini berusia 19 tahun ini sudah diturunkan sebanyak lima kali di LaLiga.

Meski minim kesempatan bersama Atletico Madrid, Arthur Vermeeren dianggap sebagai talenta potensial sehingga diboyong Timnas Belgia di Euro 2024. Pemain bertinggi 180 cm ini bisa menambah opsi lini tengah The Red Devils. Sejauh ini, dirinya harus puas melakoni peran sebagai pelapis karena kalah bersaing dengan penggawa lain. Vermeeren sendiri baru mengoleksi 4 caps.

3. Dodi Lukebakio meningkatkan kedalaman kekuatan di sisi sayap penyerangan Belgia

3 Pemain LaLiga di Skuad Belgia untuk Euro 2024Dodi Lukebakio (instagram.com/lukebakio)

Dodi Lukebakio adalah penyerang sayap yang membela Sevilla setelah didatangkan dari Hertha Berlin pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Belgia ini langsung dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Dirinya berpotensi menambah ketajaman dan daya kreativitas lini depan Los Nervionenses.

Benar saja, Dodi Lukebakio langsung menjelma sebagai sosok penting di area depan permainan Sevilla 2023/2024. Selain penyerang sayap, dia bisa diplot menjadi penyerang tengah dan gelandang serang. Namun, kinerjanya tidak selalu mulus karena sempat mengalami cedera ligamen. Ini membuatnya harus melewatkan cukup banyak pertandingan bersama Los Nervionenses. Lukebakio sendiri berkontribusi dalam 27 laga dengan mengukir 5 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

Dodi Lukebakio kemudian dipanggail masuk skuad Belgia di Euro 2024. Pesepak bola kelahiran Brussels ini mampu meningkatkan kedalaman kekuatan di sisi sayap penyerangan The Red Devils. Sementara ini, dirinya sudah membuat 17 caps dengan mencetak 2 gol dan 3 assist.

Ketiga pemain LaLiga di atas masuk skuad Belgia di Euro 2024. Sejauh ini, Axel Witsel menjadi satu-satunya yang belum diturunkan karena tengah mengalami cedera di ajang antarnegara Benua Biru tersebut. Meski begitu, mereka semua masih berkesempatan menambah jumlah caps karena The Red Devils berhasil melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga: 6 Pemain Terpenting Hungaria di Euro 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya