4 Pemain Jepang yang Pernah Berseragam Southampton, Sugawara Terbaru!

Ada yang diboyong secara gratis

Southampton terlihat sangat aktif melakukan bongkar pasang skuad pada musim panas 2024. Hal tersebut terbilang wajar karena The Saints akan kembali mentas di English Premier League (EPL) pada 2024/2025. Salah satu rekrutan yang berhasil didaratkan ke St Mary's Stadium adalah Yukinari Sugawara. Talenta kelahiran Toyokawa ini ditebus dengan harga 6 juta poundsterling atau sekitar Rp126 miliar dari AZ Alkmaar.

Yukinari Sugawara ternyata bukan satu-satunya pesepak bola berkebangsaan Jepang yang pernah memutuskan membangun karier bersama Southampton. Termasuk talenta yang kini berusia 24 tahun tersebut, ada empat pemain asal Negeri Sakura yang berseragam The Saints. Lantas, siapa saja nama yang dimaksud dan seperti apa performanya? Mari baca ulasan berikut ini ya!

1. Yukinari Sugawara setuju menandatangani kontrak sampai 2028 bersama Southampton

4 Pemain Jepang yang Pernah Berseragam Southampton, Sugawara Terbaru!Yukinari Sugawara (southamptonfc.com)

Yukinari Sugawara adalah bek kanan yang pertama kali bergabung dengan AZ Alkmaar dengan status pinjaman dari Nagoya Grampus. Pesepak bola berkebangsaan Jepang ini lantas dipermanenkan pada musim panas 2020. Kedatangannya ternyata mampu menambah opsi rotasi di jantung pertahanan De Kaasboeren.

Talenta yang kini berusia 24 tahun ini perlahan tumbuh sebagai salah satu instrumen penting permainan AZ Alkmaar. Ini membuat Yukinari Sugawara hampir sulit tergeser dari skuad inti. Meski posisi aslinya bek kanan, dirinya pernah melakoni peran menjadi penyerang sayap kanan, gelandang kanan, dan gelandang tengah. Sugawara sendiri sudah mengumpulkan total kontribusi dalam 198 pertandingan dengan mengemas 14 gol dan 29 assist di semua kompetisi bersama De Kaasboeren. 

Setelah sekian lama membangun karier di Belanda, Yukinari Sugawara setuju untuk hengkang dari AZ Alkmaar dengan mencari tantangan baru bersama Southampton pada musim panas 2024. Pesepak bola bertinggi 179 cm ini menandatangani kontrak sampai 2028 demi merumput di St Mary's Stadium. Kedatangannya berpotensi mengisi beberapa posisi di sisi kanan permainan The Saints.

2. Takumi Minamino dipinjam Southampton dari Liverpool pada musim dingin 2021

4 Pemain Jepang yang Pernah Berseragam Southampton, Sugawara Terbaru!Takumi Minamino (southamptonfc.com)

Takumi Minamino ternyata kesulitan mendapat menit bermain bersama Liverpool. Hal tersebut lantaran ketatnya persaingan di lini depan The Reds. Pesepak bola berkebangsaan Jepang ini lantas dipinjamkan kepada Southampton pada musim dingin 2021. Dia saat itu datang membawa harapan untuk menambah daya gedor dan kreativitas area serangan The Saints.

Meski berstatus pinjaman, Takumi Minamino cukup sering dipercaya mewarnai skuad utama Southampton. Selain itu kehadirannya mampu mengisi beberapa area seperti penyerang sayap kiri, gelandang kanan, dan penyerang tengah tergantung skema taktik. Talenta yang kini berusia 29 tahun tersebut mencatatkan total kontribusi sebanyak 10 kali dengan menyumbang 2 gol untuk The Saints di English Premier League. Minamino sendiri kemudian kembali membela Liverpool pada musim panas 2021.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum Minamino

3. Maya Yoshida didatangkan Southampton dari VVV-Venlo pada musim panas 2012

4 Pemain Jepang yang Pernah Berseragam Southampton, Sugawara Terbaru!Maya Yoshida (twitter.com/SouthamptonFC)

Maya Yoshida adalah bek tengah veteran yang sempat merasakan atmosfer sepak bola Inggris setelah didatangkan Southampton dari VVV-Venlo pada musim panas 2012. Mantan kapten tim nasional Jepang ini diboyong dengan harga 2 juta poundsterling atau sekitar Rp42 miliar. Kehadirannya tentu diplot untuk menjadi tembok kokoh di jantung pertahanan The Saints.

Tak butuh waktu adaptasi lama, Maya Yoshida langsung mendapat kepercayaan sehingga sering diturunkan sejak menit pertama bersama Southampton. Ini membuatnya bisa menunjukkan kontribusi penting, terutama di area jantung pertahanan. Namun, seiring berjalannya waktu, posisinya mulai tergeser. Dia bahkan beberapa kali harus puas menghabiskan waktu di bangku cadangan The Saints.

Minim kesempatan, Maya Yoshida kemudian dipinjamkan kepada Sampdoria pada musim dingin 2020. Selepas kembali, bek tengah veteran ini tidak masuk rencana masa depan Southampton. Dia sudah mencatatkan total penampilan sebanyak 194 pertandingan dengan menyumbang 9 gol dan 3 assist. Yoshida sendiri hengkang dari The Saints secara gratis untuk kembali memperkuat I Blucerchiati pada musim panas 2020.

4. Tadanari Lee kesulitan mendapat kesempatan reguler saat membela Southampton

https://www.youtube.com/embed/8hq51njChaE

Tadanari Lee merupakan mantan peyerang tengah yang didapatkan Southampton secara gratis dari Sanfrecce Hirosima pada musim panas dingin 2012. Pemain berkebangsaan Jepang tersebut setuju menandatangani kontrak selama dua setengah tahun demi berseragam The Saints. Dia diharapkan mampu memperdalam kekuatan dan menambah opsi rotasi di area depan. 

Perjalanannya berliku, Tadanari Lee ternyata kesulitan mendapat kesempatan tampil secara reguler bersama Southampton. Hal ini membuatnya tidak bisa menunjukkan kontribusi optimal. Dirinya bahkan sempat dipinjamkan kepada FC Tokyo pada musim dingin 2013. Langkah tersebut diambil agar pesepak bola kelahiran Tokyo ini memperoleh jam terbang.

Selepas menyelesaikan masa peminjaman, Tadanari Lee masih bukan pilihan utama di sektor depan Southampton. Dirinya bahkan beberapa kali harus membela skuad U-21. Penyerang bertinggi 182 cm tersebut tercatat hanya membuat kontribusi sebanyak 14 pertandingan dengan menorehkan 2 gol dan 3 assist di semua ajang. Lee kemudian dilepas gratis oleh The Saints untuk memperkuat Urawa Red Diamnonds pada musim dingin 2014.

Keempat pemain berkebangsaan Jepang di atas pernah berseragam Southampton. Yukinari Sugawara menjadi nama yang paling baru didapatkan pada musim panas 2024. Talenta kelahiran Toyokawa tersebut diharapkan cepat beradaptasi sehingga bisa menjelma sebagai salah satu sosok berpengaruh dalam skema taktik The Saints.

Baca Juga: 4 Pemain Jepang yang Berkiprah di EPL 2023/2024, Ada Rekrutan Baru!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya