3 Pemain Everton yang Berpartisi di Euro 2024, Ada Pickford!

Penggawa inti Everton pada 2023/2024 #EURO2024

Everton mengalami perjalanan yang terbilang tidak mulus sepanjang musim 2023/2024. Tim besutan Sean Dyche ini memperoleh hasil kurang memuaskan di berbagai kompetisi. The Toffees bahkan harus terseok-seok di papan bawah setelah hanya mampu menduduki peringkat ke-15 English Premier League (EPL) 2023/2024.

Meski melalui jalan terjal pada 2023/2024, beberapa penggawa Everton masih terpilih untuk mengikuti Euro 2024. Tercatat, ada sekitar tiga pemain The Toffees yang berpartisipasi di ajang antarnegara Benua Biru tersebut. Kehadiran mereka dianggap sangat penting untuk menambah kedalaman skuad dan meningkatkan performa masing-masing Timnas. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud dan seperti apa kontribusinya sejauh ini?

1. Jordan Pickford memiliki pengalaman sebagai kiper utama Timnas Inggris

3 Pemain Everton yang Berpartisi di Euro 2024, Ada Pickford!Jordan Pickford (instagram.com/jpickford1 dan everton)

Jordan Pickford masih menjadi salah satu sosok penting permainan Everton 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Washington tersebut memegang peran kunci di jantung pertahanan. Talenta bertinggi 185 cm ini posisinya hampir sulit tergantikan sehingga kerap dipasang selama 90 menit. Musim ini, dirinya sudah berkontribusi dalam 42 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 54 gol dan membuat 14 clean sheet di semua kompetisi.

Benar saja, Jordan Pickford dipanggil untuk berpartisipasi memperkuat Timnas Inggris di Euro 2024. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut memiliki pengalaman sebagai kiper utama The Three Lions. Dirinya masih menunjukkan kinerja solid menjaga area pertahanan. Sejauh ini, Pickford telah membuat 62 caps dengan kebobolan sebanyak 45 gol dan mencatatkan 30 clean sheet.

Baca Juga: 5 Pemain Bundesliga Jerman yang Dibawa Republik Ceko ke Euro 2024

2. Amadou Onana mengatur tempo permainan dan menjadi penghubung antarlini Timnas Belgia

3 Pemain Everton yang Berpartisi di Euro 2024, Ada Pickford!Amadou Onana (instagram.com/its_onana)

Amadou Onana makin menunjukkan sumbangsih luar biasa terhadap performa Everton 2023/2024. Dirinya bisa mendapat kepercayaan Sean Dyche sehingga sering menghiasi daftar starter. Ini membuatnya memperoleh banyak menit bermain. Meski posisi aslinya gelandang bertahan, pemain berkebangsaan Belgia tersebut beberapa kali diplot menjadi gelandang tengah The Toffees. Musim ini, dia mengoleksi 3 gol dan 1 assist dari 37 pertandingan di semua ajang.

Kerja kerasnya tak sia-sia, Amadou Onana diboyong Timnas Belgia untuk mengikuti Euro 2024. Talenta berusia 22 tahun ini bisa mengatur tempo permainan dan menjadi penghubung antarlini. Berkat portofolio meyakinkan tersebut, dia berpulang mengisi posisi gelandang bertahan utama The Red Devils. Sementara ini, Onana sudah membuat 14 caps dengan menciptakan 1 assist.

3. Vitaliy Mykolenko berpulang memperdalam kekuatan sisi kiri pertahanan Timnas Ukraina

3 Pemain Everton yang Berpartisi di Euro 2024, Ada Pickford!Vitaliy Mykolenko (instagram.com/mikola_16)

Vitaliy Mykolenko berperan sebagai salah satu kunci lini pertahanan Everton 2023/2024. Pesepak bola berkebangsaan Ukraina ini masih dipercaya mengisi posisi bek kiri utama The Toffees. Ini membuatnya sering tampil selama 90 menit di berbagai ajang. Selain itu, dirinya pernah beberapa kali diturunkan menjadi gelandang sayap kiri. Musim ini, Mykolenko sendiri bermain sebanyak 34 kali dengan menorehkan 2 gol di semua kompetisi.

Berkat performa tersebut, Vitaliy Mykolenko berhasil masuk dalam skuad Timnas Ukraina di Euro 2024. Kehadirannya berpeluang memperdalam kekuatan sisi kiri pertahanan The Blue and Yellow. Talenta kelahiran Cherkasy ini harus bersaing dengan Oleksandr Zinchenko dan Bogdan Mykhaylichenko demi menjadi bek kiri utama. Mykolenko sendiri telah membuat 41 caps dengan mengemas 1 gol dan 2 assist.

Ketiga pemain Everton di atas memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi di Euro 2024. Mereka semua masih berpotensi menjadi faktor pembeda dalam sebuah pertandingan untuk masing-masing Timnas. Lantas, mampukah para penggawa The Toffees ini mencuri perhatian di ajang antarnegara Benua Biru tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya