5 Pemain Chelsea Dipinjamkan ke Tim EPL Lain pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya lulusan akademi Chelsea

Chelsea menjadi salah satu tim yang sibuk bergerak memanfaatkan bursa transfer pada musim panas 2024. Skuad besutan Enzo Maresca ini sangat boros lantaran tidak ragu menggelontorkan dana segar demi mendaratkan penggawa incaran ke Stamford Bridge. Hal tersebut membuat The Blues memiliki banyak opsi rotasi di berbagai area permainan untuk mengarungi ketatnya kompetisi 2024/2025.

Kedatangan tenaga baru membuat Chelsea harus merampingkan skuad pada musim panas 2024. Tim asal London Barat tersebut membuat keputusan untuk melepas sekitar 23 penggawa lama yang tidak cocok dengan skema taktik. Para pesepak bola ini kemudian tersebar di berbagai kompetisi untuk melanjutkan kariernya. Ternyata, terdapat lima pemain The Blues yang dipinjamkan kepada tim English Premier League (EPL) lain.

1. Raheem Sterling dipinjamkan ke Arsenal setelah tidak masuk skema taktik Chelsea

5 Pemain Chelsea Dipinjamkan ke Tim EPL Lain pada Musim Panas 2024Raheem Sterling (instagram.com/arsenal dan sterling7)

Raheem Sterling adalah penyerang sayap yang didatangkan Chelsea dari Manchester City pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Kingston ini dianggap sebagai rekrutan menjanjikan sehingga dipagari kontrak sampai 2027. Pengalamannya tentu sangat dibutuhkan untuk membantu mendongkrak kinerja lini depan The Blues.

Benar saja, Raheem Sterling langsung menjelma sebagai salah satu instrumen penting Chelsea. Ini membuatnya sering memperoleh kesempatan menghiasi daftar starter. Talenta yang kini berusia 29 tahun ini juga menambah opsi rotasi lantaran sanggup melakoni beberapa peran di area depan dan tengah sesuai kebutuhan taktik. Sterling sendiri tercatat diturunkan dalam 81 laga dengan mengemas 19 gol dan 12 assist di semua ajang bersama The Blues.

Meski memiliki peran penting, Raheem Sterling ternyata tidak masuk rencana taktik Enzo Maresca sehingga harus tersisih dari Chelsea pada musim panas 2024. The Blues lantas mencari solusi dengan meminjamkannya kepada Arsenal.

Talenta bertinggi 170 cm ini akan memperkuat The Gunners selama 1 tahun. Sterling sendiri berpeluang menambah pilihan rotasi lini depan bagi tim London Utara tersebut untuk mengarungi ketatnya berbagai kompetisi 2024/2025.

2. Lesley Ugochukwu dipinjamkan Chelsea kepada Southampton sampai Mei 2025

5 Pemain Chelsea Dipinjamkan ke Tim EPL Lain pada Musim Panas 2024Lesley Ugochukwu (southamptonfc.com)

Lesley Ugochukwu merupakan gelandang bertahan yang merapat ke Chelsea setelah didatangkan dari Stade Rennais pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Prancis ini dianggap sebagai figur potensial sehingga memperoleh kontrak jangka panjang sampai 2030. Dirinya diproyeksikan memperkuat area tengah dan membantu kinerja jantung pertahanan The Blues.

Langkahnya tak mudah, Lesley Ugochukwu ternyata kalah bersaing dengan penggawa lini tengah lain milik Chelsea 2023/2024. Ini berdampak terhadap minimnya menit bermain yang diterima. Selain itu, talenta kelahiran Rennes tersebut juga sempat mengalami cedera hamstring sehingga harus absen dalam waktu lama. Ugochukwu sendiri hanya diturunkan sebanyak 15 kali di berbagai kompetisi bersama The Blues.

Chelsea kemudian meminjamkan Lesley Ugochukwu kepada Southampton pada musim panas 2024. Ini demi membuat performanya lebih matang dan berkembang. Talenta yang kini berusia 20 tahun tersebut akan mentas di St Mary's Stadium sampai Mei 2025. Dirinya berpotensi meningkatkan kekuatan lantaran sanggup diplot menjadi gelandang bertahanan dan gelandang tengah sesuai kebutuhan taktik. Hingga pekan ketiga, Ugochukwu telah melakoni debut bersama The Saints di ajang EFL Cup 2024/2025.

Baca Juga: 5 Pemain Skandinavia dengan Gol Terbanyak di Premier League

3. Armando Broja dipinjamkan ke Everton setelah tidak masuk rencana taktik Chelsea

5 Pemain Chelsea Dipinjamkan ke Tim EPL Lain pada Musim Panas 2024Armando Broja (evertonfc.com)

Armando Broja adalah penyerang tengah yang mengenyam pendidikan bersama akademi sepak bola Chelsea. Pesepak bola berkebangsaan Albania ini telah ditempa di berbagai kelompok umur. Tak hanya itu, dirinya bahkan sempat melakoni masa peminjaman ke Vitesse Arnhem dan Southampton demi membuat performanya makin matang. Kerja kerasnya berbuah manis, Broja dianggap sebagai bakat muda potensial sehingga dipromosikan ke skuad senior Chelsea pada musim panas 2022.

Perjalanannya terjal, Armando Broja lebih sering memulai laga dari bangku cadangan lantaran ketatnya persaingan di lini depan Chelsea. Selain itu, cedera anterior cruciate ligament (ACL) membuatnya harus beristirahat dalam waktu lama. Selepas pulih, dia ternyata masih kesulitan menghiasi daftar starter The Blues. Dirinya mencatatkan kontribusi sebanyak 38 kali dengan mengoleksi 3 gol dan 2 assist. Meski begitu, Broja masih menyisakan kontrak sampai 2028 bersama tim London Barat tersebut.

Minim kesempatan, Chelsea lantas meminjamkan Armando Broja kepada Fulham pada musim dingin 2024. Pesepak bola yang kini berusia 22 tahun tersebut merumput di Craven Cottage Stadium sampai Mei 2024. Tak berjalan lancar, dirinya kalah bersaing sehingga kesulitan tampil reguler bersama The Cottagers 2023/2024. Broja hanya bermain dalam 8 pertandingan dengan menyumbang 1 assist di Premier League.

Setelah itu, Armando Broja kembali gabung dengan skuad Chelsea pada musim panas 2024. Namun, dia tidak masuk rencana taktik sehingga perannya tersisih. The Blues kemudian meminjamkannya lagi dan kali ini kepada Everton. Dirinya akan berseragam The Toffees sampai Mei 2025 dengan opsi pembelian. Broja berpeluang menambah variasi ujung tombak tim asal kota Liverpool tersebut.

4. Kepa Arrizabalaga kembali melakoni masa peminjaman dan kali ini kepada Bournemouth

5 Pemain Chelsea Dipinjamkan ke Tim EPL Lain pada Musim Panas 2024Kepa Arrizabalaga (twitter.com/afcbournemouth)

Kepa Arrizabalaga merupakan kiper yang diboyong Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018. Kedatangannya saat itu untuk menggantikan peran Thibaut Courtois yang hengkang ke Real Madrid. Pesepak bola berkebangsaan Spanyol tersebut tentu membawa harapan besar untuk meningkatkan kualitas jantung pertahanan The Blues.

Benar saja, Kepa Arrizabalaga langsung dipercaya mengisi tempat utama bersama Chelsea. Dirinya sering diturunkan selama 90 menit di berbagai ajang. Namun, seiring berjalannya waktu, posisinya tergeser sehingga harus puas berperan sebagai pelapis. Meski begitu, dia ikut berjasa membawa The Blues memenangkan berbagai trofi bergengsi. Kepa sendiri sudah mencatatkan kontribusi dalam 163 pertandingan dengan kebobolan 175 gol dan menciptakan 59 clean sheet.

Sulit masuk skuad inti, Chelsea kemudian setuju meminjamkan Kepa Arrizabalaga kepada Real Madrid pada musim panas 2023. Dia melanjutkan karier bersama Los Blancos sampai Juni 2024. Kehadirannya saat itu untuk menggantikan peran Thibaut Courtois yang menderita cedera ACL. Dirinya sempat dipecaya menempati posisi kiper utama.

Seiring berjalannya waktu, talenta kelahiran Ondarro ini kalah bersaing dengan Andriy Lunin sehingga lebih sering duduk di bangku cadangan. Meski begitu, ia ikut berjasa membawa tim ibu kota Spanyol tersebut memenangkan berbagai trofi bergengsi. Kepa sendiri diturunkan dalam 20 kali dengan kebobolan 18 gol dan menciptakan 9 clean sheet.

Kepa Arrizabalaga kembali bergabung dengan skuad Chelsea pada musim panas 2024. Dirinya setuju memperpanjang kontrak sampai 2026 bersama tim London Barat tersebut. Namun, dia masih bukan pilihan utama sehingga The Blues meminjamkannya kepada Bournemouth. Talenta yang kini berusia 29 tahun ini akan berseragam The Cherries sampai Mei 2025. Hingga pekan ketiga, Kepa telah melakoni debut dengan kebobolan 2 gol ketika menghadapi Everton di Premier League 2024/2025.

5. Trevoh Chalobah rencananya membela Crystal Palace sampai Mei 2025

5 Pemain Chelsea Dipinjamkan ke Tim EPL Lain pada Musim Panas 2024Trevoh Chalobah (cpfc.co.uk)

Trevoh Chalobah adalah bek tengah lulusan akademi sepak bola Chelsea. Talenta kelahiran Freetown ini sudah merasakan mentas di berbagai kelompok umur. Dia bahkan pernah dipinjamkan ke beberapa tim seperti Ipswich Town, Huddersfield Town, dan FC Lorient untuk membuat performanya lebih berkembang. Usahanya tak sia-sia, Chalobah berhasil menarik perhatian sehingga dipromosikan ke skuad senior The Blues pada musim panas 2021.

Trevoh Chalobah ternyata berhasil menambah kedalaman kekuatan benteng pertahanan Chelsea. Pesepak bola yang memiliki garis keturunan Sierra Leone ini cukup sering hadir sebagai faktor pembeda dalam pertandingan. Selain bek tengah, dia bisa diplot menjadi bek kanan dan gelandang bertahan.

Perjalanannya tak selalu mulus, dirinya pernah mengalami cedera paha sehingga harus absen lama. Talenta bertinggi 192 cm ini masih menyisakan kontrak sampai 2028 bersama The Blues. Chalobah sendiri tercatat tampil sebanyak 80 kali dengan mengoleksi 5 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

Tak masuk skema permainan, Chelsea lantas meminjamkan Trevoh Chalobah kepada Crystal Palace pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 25 tahun ini rencananya membela The Eagles sampai Mei 2025. Kehadirannya berpotensi melengkapi komposisi kekuatan lini pertahanan tim London Selatan tersebut.

Kelima pemain Chelsea di atas dipinjamkan ke tim English Premier League (EPL) lain pada musim panas 2024. Ini tentu menjadi kesempatan bagi para pesepak bola tersebut untuk membuktikan performa terbaiknya. Menurutmu, siapakah yang nantinya bisa tampil konsisten dan mencuri perhatian sepanjang 2024/2025?

Baca Juga: Gabung Chelsea, Jadon Sancho Girang Bukan Main

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya