4 Pemain Benfica yang Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya gabung tim di Serie A Italia

Benfica disibukkan dengan urusan memperbaiki komposisi kekuatan pada bursa transfer musim panas 2024. Tim kota Lisboa ini termasuk aktif berburu tenaga baru dan berhasil mendaratkan sembilan nama ke Estadio da Luz. Para pesepak bola tersebut diproyeksikan untuk memperkuat berbagai lini permainan As Aguias agar bisa meraih hasil maksimal sepanjang 2024/2025.

Meski mengeluarkan banyak uang untuk merekrut tenaga baru, Benfica ternyata masih bisa meraih keuntungan lantaran sukses menjual beberapa penggawa lama dengan harga tinggi. Tim asal Portugal ini telah ditinggal oleh 12 nama pada musim panas 2024.

Selain pergi permanen, ada juga yang dilepas gratis dan dipinjamkan ke tim lain. Terdapat empat pemain As Aguias yang hengkang ke liga top Eropa. Ini menjadi kesempatan emas bagi mereka demi menjajal atmosfer persaingan lebih ketat di kompetisi elite Benua Biru.

1. Joao Neves sukses memikat perhatian Paris Saint-Germain setelah tampil impresif di Benfica

4 Pemain Benfica yang Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Joao Neves (en.psg.fr)

Joao Neves merupakan gelandang bertahan potensial jebolan akademi sepak bola Benfica. Talenta kelahiran Tavira ini telah merasakan persaingan di semua kategori umur. Benar saja, dirinya dinilai sebagai salah satu aset menjanjikan sehingga diberikan kesempatan emas untuk merasakan promosi bersama skuad senior As Aguias pada musim dingin 2023.

Tak langsung mulus, Joao Neves awalnya kesulitan menembus skuad inti sehingga lebih sering melakoni peran pelapis di Benfica. Seiring berjalannya waktu, dia sanggup menunjukkan kematangan performa dan sukses menjelma sebagai salah satu instrumen penting dalam skema takik. Ini membuatnya kerap mengisi daftar starter di berbagai ajang.

Selain gelandang bertahan, dirinya juga lihai bertugas menjadi gelandang tengah. Neves sendiri sudah mencatatkan total kontribusi sebanyak 75 laga dengan mengemas 4 gol dan 3 assist untuk As Aguias.

Berkat rekam jejak impresif selama memperkuat Benfica, Joao Neves sukses memikat perhatian Paris Saint-Germain sehingga diboyong pada musim panas 2024. Les Parisiens harus merogoh kocek mahal sekitar 70 juta euro atau Rp1,2 triliun.

Dirinya juga disodori kontrak jangka panjang yang berlaku sampai 2029. Kehadirannya menjadi angin segar untuk meningkatkan kualitas area tengah tim asal Prancis tersebut. Hingga pekan keempat, talenta yang kini berusia 19 tahun ini telah tampil dalam 4 laga dengan menyumbang 4 assist di Ligue 1 Prancis 2024/2025

2. David Neres melanjutkan petualangan bersama Napoli sampai 2028

4 Pemain Benfica yang Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024David Neres (instagram.com/ davidneres)

David Neres adalah penyerang sayap yang berseragam Benfica setelah didapatkan dari Shakthar Donetsk pada musim panas 2022. Talenta berkebangsaan Brasil ini langsung dipagari kontrak jangka panjang yang berdurasi sampai 2027. Dia memiliki kemampuan yang berpotensi meningkatkan kreativitas dan daya dobrak lini depan tim asal Portugal tersebut.

David Neres sukses bertransformasi sebagai salah satu figur penting Benfica. Pesepak bola kelahiran Sao Paulo ini sering dipercaya tampil sejak menit pertama. Dia menambah opsi rotasi lantaran sanggup mengisi beberapa peran di lini depan dan tengah tergantung kebutuhan taktik. Tak selalu mulus, performanya juga sempat terhambat masalah cedera. Neres sendiri sudah diturunkan sebanyak 83 kali dengan menciptakan 17 gol dan 26 assist di semua kompetisi.

Bertahan kurang lebih selama 2 tahun, David Neres setuju hengkang dari Benfica untuk melanjutkan petualangan ke Italia dengan menerima tawaran Napoli pada musim panas 2024. Dirinya ditebus I Partenopei seharga 28 juta euro atau Rp478 miliar dari As Aguias. Penyerang sayap bertinggi 176 cm ini menandatangani kontrak berdurasi sampai 2028. Hingga pekan ketiga, Neres sudah bermain dalam 2 pertandingan dengan mengukir 2 assist di Serie A Italia 2024/2025

Baca Juga: 4 Pemain Brasil Terakhir yang Direkrut Napoli sebelum David Neres

3. Morato menerima pinangan Nottingham Forest dengan kontrak berdurasi sampai 2029

4 Pemain Benfica yang Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Morato (nottinghamforest.co.uk)

Felipe Rodrigues da Silva atau yang akrab disapa Morato merupakan pesepak bola yang berposisi sebagai bek tengah. Dia pernah memperkuat Benfica B setelah didatangkan dari Sao Paulo pada musim panas 2019. Talenta berkebangsaan Brasil tersebut sukses tampil menjanjikan sehingga dipanggil untuk melakoni promosi ke skuad senior As Aguias pada musim panas 2021.

Langkahnya tak mudah, Morato kesulitan tampil secara reguler karena ketatnya persaingan di jantung pertahanan Benfica. Hal tersebut membuatnya sering menghabiskan waktu di bangku cadangan. Seiring berjalannya waktu, kehadirannya sukses menambah pilihan rotasi karena bisa diplot menjadi bek tengah dan bek kiri bersama As Aguias. Pesepak bola bertinggi 192 cm ini mencatatkan total kontribusi dalam 86 pertandingan dengan mengemas 2 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

Setelah membangun karier di Portugal, Morato setuju meninggalkan Benfica dengan menerima pinangan Nottingham Forest pada musim panas 2024. Tim asal Inggris tersebut mengucurkan dana sekitar 15 juta euro atau Rp256 miliar. Pemain yang kini berusia 23 tahun ini menandatangani kontrak jangka panjang berlaku sampai 2029. Kehadirannya berpeluang meningkatkan kekuatan, khususnya di tembok pertahanan The Tricky Trees. Hingga pekan keempat, dia melakukan debut sebagai pengganti saat menghadapi Liverpool di Premier League 2024/2025.

4. Casper Tengstedt dipinjam Hellas Verona sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian

4 Pemain Benfica yang Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024Casper Tengstedt (hellasverona.it)

Casper Tengstedt adalah penyerang tengah yang didatangkan Benfica dari Rosenborg BK pada musim dingin 2023. Pesepak bola berkebangsaan Denmark ini dianggap sebagai prospek menjanjikan sehingga disodori kontrak jangka panjang yang berlaku sampai 2028. Dirinya datang untuk menambah pilihan dan meningkatkan persaingan di lini depan tim asal Portugal tersebut.

Casper Tengstedt sulit menampilkan kinerja optimal lantaran kalah bersaing dengan penggawa lini depan lain Benfica. Hal tersebut berdampak terhadap minimnya menit bermain yang diterima. Meski posisi aslinya penyerang tengah, talenta kelahiran Herning ini juga pernah bertugas menjadi penyerang bayangan dan penyerang sayap kanan As Aguias. Dirinya mencatatkan kontribusi dalam 35 pertandingan dengan membuat 4 gol dan 7 assist di semua kompetisi.

Minim kesempatan, Benfica membuat keputusan untuk meminjamkan Casper Tengstedt kepada Hellas Verona pada musim panas 2024. Penyerang tengah yang kini berusia 24 tahun ini akan membangun karier di Marcantonio Bentegodi Stadium sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. Dirinya berpeluang memperkaya komposisi lini depan tim asal Italia tersebut. Hingga pekan ketiga, Tengstedt sendiri sudah tampil dalam 4 pertandingan dengan menciptakan 1 assist di berbagai kompetisi 2024/2025.

Keempat pemain Benfica di atas hengkang ke liga top Eropa pada musim panas 2024. Joao Neves, David Neres, dan Morato dijual permanen oleh As Aguias. Sementara, Casper Tengstedt pergi dengan status pinjaman. Mereka semua telah diberikan kesempatan debut bersama masing-masing tim barunya.

Baca Juga: 6 Pemain yang Direkrut Benfica pada Musim Panas 2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya