3 Pemain Belgia yang Mewarnai Skuad VfL Wolfsburg 2023/2024

Ada yang kontraknya berakhir pada Juni 2024

Belgia menarik perhatian karena berhasil menjelma sebagai salah satu poros kekuatan dalam dunia sepak bola. Negara berjuluk The Red Devils ini bisa menampilkan performa yang impresif di berbagai ajang bergengsi belakangan ini. Selain itu, pengelolaan liga yang baik mampu memunculkan bibit-bibit potensial yang nantinya berguna sebagai fondasi kekuatan tim nasional.

Tak hanya mentas di kancah domestik, banyak pesepak bola Belgia berhasil menembus ketatnya persaingan untuk melebarkan sayap di berbagai liga top Eropa. VfL Wolfsburg menjadi salah satu tim yang memberi wadah bagi talenta The Red Devils untuk membangun karier. Pada 2023/2024, ada sekitar tiga pemain Belgia yang mewarnai skuad Die Wolfe. 

1. Sebastiaan Bornauw tak selalu tampil reguler menjaga lini pertahanan VfL Wolfsburg 2023/2024

3 Pemain Belgia yang Mewarnai Skuad VfL Wolfsburg 2023/2024Sebastiaan Bornauw (instagram.com/sebbornauw)

Sebastiaan Bornauw adalah bek tengah yang pernah merumput bersama FC Koln setelah didatangkan dari RSC Anderlecht pada musim panas 2019. Tak menyia-nyiakan kesempatan, pemain bertinggi 191 cm ini langsung menjadi salah satu figur penting di jantung pertahanan The Billy Goats. Dirinya sering diberikan kesempatan untuk tampil sejak menit pertama. Pesepak bola berkebangsaan Belgia tersebut sudah mencatatkan kontribusi dalam 57 laga dengan menyumbang 7 gol dan 1 assist di semua ajang.

Berkat kinerja impresif semasa membela FC Koln, Sebastiaan Bornauw sukses menarik perhatian VfL Wolfsburg sehingga dibeli pada musim panas 2021. Pesepak bola berusia 25 tahun ini setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2026. Dirinya ternyata cukup sering dimainkan sebagai starter Die Wolfe. Kehadirannya bisa menambah opsi bagi pelatih dalam merotasi area pertahanan tim asal Jerman tersebut.

Pada 2023/2024, Sebastian Bornauw tak selalu tampil reguler bersama VfL Wolfsburg. Sejauh ini, dirinya belum bisa menggeser duet Maxence Lacroix dan Mortiz Jenz di area pertahanan Die Wolfe. Hal ini membuatnya tidak terlalu mendapat banyak menit bermain. Hingga pekan ke-27 musim ini, Bornauw sendiri baru tampil sebanyak 15 kali di semua ajang. Pesepak bola kelahiran Wammel ini total mencatatkan kontribusi dalam 74 laga dengan mengukir 2 gol dan 2 assist bersama tim asal Jerman tersebut.

Baca Juga: Rapor 3 Penyerang Baru VfL Wolfsburg Awal 2023/2024, Ada Amin Sarr

2. Koen Casteels tengah menderita cedera bahu di VfL Wolfsburg

3 Pemain Belgia yang Mewarnai Skuad VfL Wolfsburg 2023/2024Koen Casteels (instagram.com/koencasteels1)

Koen Casteels merupa kan kiper yang pernah membela TSG Hoffenheim setelah diboyong dari KRC Genk pada musim panas 2011. Pesepak bola kelahiran Bonheiden ini awalnya kesulitan menembus skuad inti. Seiring berjalannya waktu, dia bisa mendapat kepercayaan pelatih sehingga menjadi pilihan utama dalam menjaga area pertahanan. Namun, cedera membuatnya absen panjang saat berseragam Die Kraichgauer. Casteels sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 43 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 91 gol di semua ajang.

Koen Casteels kemudian setuju untuk hengkang dari TSG Hoffenheim dengan menerima tawaran VfL Wolfsburg pada musim dingin 2015. Namun, dirinya langsung dipinjamkan kepada Werder Bremen demi membuat performanya matang. Selama masa peminjaman, dirinya tak selalu menjadi pilihan utama sehingga tidak mendapat menit bermain yang banyak. Dia tercatat hanya tampil dalam 7 laga dengan kebobolan 11 gol untuk Die Werderaner.

Pesepak bola berkebangsaan Belgia ini baru bergabung dengan skuad VfL Wolfsburg pada musim panas 2015. Koen Casteels perlahan bisa mendapat tempat di skuad utama sehingga sering dipasang sebagai starter. Ini membuatnya sering tampil selama 90 menit di berbagai kompetisi. Selain itu, dirinya sempat dipercaya untuk mengemban jabatan kapten Die Wolfe. Dia masih menyisakan kontrak sampai Juni 2024 untuk mentas di Volkswagen Arena.

Pada 2023/2024, Koen Casteels masih menjadi pilihan utama dalam menjaga pertahanan VfL Wolfsburg. Namun, dirinya saat ini tengah menderita cedera bahu sehingga melewatkan beberapa laga. Hingga pekan ke-27 musim ini, dia bermain sebanyak 23 kali dengan kebobolan 34 gol di semua ajang. Sejauh ini, Casteels mencatatkan penampilan dalam 271 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 351 gol.

3. Aster Vranckx lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan VfL Wolfsburg

3 Pemain Belgia yang Mewarnai Skuad VfL Wolfsburg 2023/2024Aster Vranckx (instagram.com/vranckx40)

Aster Vranckx adalah gelandang tengah jebolan akademi KV Mechelen. Pesepak bola kelahiran Erps-Kwerps ini telah tampil di berbagai kategori umur. Performanya dianggap siap sehingga mendapat kesempatan emas untuk mentas bersama skuad senior pada musim panas 2019.

Talenta berusia 21 tahun ini awalnya kesulitan tampil secara reguler bersama KV Mechelen. Tak menyerah, Aster Vranckx mulai menjelma seabgai figur penting permainan De Kakkers. Selain gelandang tengah, dirinya mampu menjalankan tugas menjadi gelandang bertahan dan gelandang serang sesuai skema taktik tim. Pesepak bola bertinggi 183 cm tersebut telah tampil sebanyak 47 pertandingan dengan menyumbang 5 gol dan 4 assist di berbagai ajang.

Potensi Aster Vranckx sukses masuk radar transfer VfL Wolfsburg sehingga diboyong dari KV Mechelen pada musim panas 2021. Gelandang berusia 21 tahun ini dipagari kontrak sampai 2025. Dia ternyata beberapa kali harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Hal tersebut terjadi karena ketatnya persaingan di area tengah Die Wolfe.

Aster Vranckx kemudian dipinjamkan oleh VfL Wolfsburg kepada AC Milan pada musim panas 2022. Hal ini demi membuatnya mendapat jam terbang. Tak sesuai harapan, dirinya kesulitan menembus skuad inti sehingga lebih sering menghuni bangku cadangan Rossoneri. Pesepak bola berkebangsaan Belgia tersebut hanya tampil sebanyak 10 pertandingan dengan mengukir 1 assist.

Pemain kelahiran Erps-Kwerps ini lantas kembali bergabung dengan skuad VfL Wolfsburg pada musim panas 2023. Aster Vranckx tak selalu masuk daftar starter Die Wolfe 2023/2024. Dirinya lebih sering diplot sebagai pelapis. Meski begitu, talenta bertinggi 183 cm ini bisa dipasang menjadi gelandang tengah dan gelandang bertahan. Sampai pekan ke-22 musim ini, Vranckx sendiri telah diturunkan sebanyak 22 kali di semua ajang. Sejauh ini, dia mencatatkan total kontribusi dalam 51 pertandingan dengan mencetak 2 gol bersama tim asal Jerman tersebut.

Ketiga pemain Belgia di atas mewarnai skuad VfL Wolfsburg 2023/2024. Mereka semua sudah menunjukkan kontribusi untuk performa Die Wolfe musim ini. Selain itu, para pesepak bola tersebut berhasil menambah kedalaman masing-masing posisi sehingga memudahkan pelatih dalam meracik komposisi skuad yang pas. 

Baca Juga: 6 Pemain yang Paling Sering Diturunkan Niko Kovac di VfL Wolfsburg

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya