5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024

Semua masih berusia muda

Intinya Sih...

  • Ipswich Town berhasil promosi ke English Premier League 2024/2025 setelah 22 tahun.
  • Omari Hutchinson dipermanenkan dari Chelsea setelah tampil impresif dengan 11 gol dan 6 assist.
  • Jacob Greaves, Liam Delap, Arijanet Muric, dan Ben Johnson juga bergabung untuk memperkuat The Tractor Boys.

Ipswich Town berhasil mencuri perhatian sepanjang musim 2023/2024. Skuad asuhan Kieran McKenna ini tampil mengesankan khususnya di Championship Inggris. Tim berjuluk The Tractor Boys ini mampu menduduki peringkat kedua sehingga berhak promosi ke English Premier League (EPL) 2024/2025. Mereka harus menunggu selama 22 tahun untuk kembali merasakan atmosfer persaingan di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Tak ingin dianggap hanya sebagai penggembira, Ipswich Town langsung mempersiapkan kekuatan dengan serius pada musim panas 2024. Selain melepas beberapa penggawa lama, tim asal Suffolk tersebut tidak lupa memboyong tenaga baru. Sejauh ini, The Tractor Boys sudah berhasil mendatangkan lima pemain ke Portman Road Stadium demi menghadapi ketatnya kompetisi 2024/2025.

1. Omari Hutchinson dipermanenkan Ipswich Town hingga 2029

5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024Omari Hutchinson (instagram.com/ipswichtown dan omarihutchinson10)

Omari Hutchinson adalah penyerang sayap yang dipinjam Ipswich Town dari Chelsea pada musim panas 2023. Meski berstatus pinjaman, pesepak bola yang kini berusia 20 tahun ini bisa mendapat menit bermain dan berhasil menunjukkan performa impresif sepanjang 2023/2024. Dirinya juga beberapa kali sempat diturunkan menjadi gelandang serang dan gelandang kanan The Tractor Boys. Hasilnya tak mengecewakan, Hutchinson sendiri sukses mengumpulkan 11 gol dan 6 assist dari 50 laga di semua kompetisi.

Benar saja, Ipswich Town memutuskan untuk mempermanenkan Omari Hutchinson dari Chelsea pada musim panas 2024. Talenta kelahrian Redhill ini dianggap rekrutan dengan masa depan menjanjikan sehingga dipagari kontrak sampai 2029. Rekam jejak impresif tersebut membuatnya berpeluang besar diplot menjadi salah satu figur penting lini serang The Tractor Boys.

2. Jacob Greaves diboyong dari Hull City untuk menambah kekuatan pertahanan Ipswich Town

5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024Jacob Greaves (itfc.co.uk)

Jacob Greaves merupakan bek tengah jebolan akademi sepak bola Hull City. Pemain kelahiran Cottingham ini kemampuannya telah ditempa di berbagai kelompok umur. Dirinya bahkan sempat menjalani masa peminjaman ke Cheltenham Town demi memperoleh jam terbang. Selepas kembali, dirinya berhasil mendapat kesempatan emas promosi ke skuad senior The Tigers pada musim panas 2020.

Jacob Greaves langsung dipercaya menempati posisi penting di jantung pertahanan Hull City. Hal tersebut membuatnya sering diturunkan selama 90 menit di berbagai kompetisi. Selain bek tengah, pemain yang kini berusia 23 tahun ini juga bisa mengemban tugas menjadi gelandang bertahan dan bek kiri tergantung kebutuhan taktik The Tigers. Greaves sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 177 pertandingan dengan mengemas 2 gol dan 3 assist.

Berkat etos kerja hebat tersebut, Jacob Greaves masuk radar transfer Ipswich Town sehingga diboyong dari Hull City pada musim panas 2024. Talenta bertinggi 193 cm ini langsung dipagari kontrak jangka panjang untuk merumput di Portman Road Stadium sampai 2029. Kedatangannya membawa harapan besar demi memperkuat dan menambah opsi rotasi jantung pertahanan The Tractor Boys.

Baca Juga: Profil Elkan Baggott, Bek Timnas yang Bela Ipswich Town

3. Liam Delap berpeluang menambah ketat persaingan di posisi ujung tombak Ipswich Town

5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024Liam Delap (itfc.co.uk)

Liam Delap adalah penyerang tengah yang menimba ilmu di akademi sepak bola Manchester City. Pesepak bola kelahiran Winchester ini telah bermain di berbagai kategori umur. Selain itu, dirinya juga sempat dipinjamkan ke beberapa tim seperti Stoke City, Preston North End, dan Hull City demi memperoleh banyak pengalaman.

Selain penyerang tengah, Liam Delap mampu mengisi banyak posisi seperti menjadi penyerang sayap dan geladang sayap. Meski begitu, dia kesulitan menembus skuad inti karena ketatnya persaingan di lini depan Manchester City. Talenta yang kini berusia 21 tahun tersebut tercatat hanya tampil sebanyak 6 pertandingan dengan mengemas 1 gol di semua ajang bersama tim senior The Citizens.

Ingin mendapat lebih banyak kesempatan, Liam Delap setuju untuk meninggalkan Manchester City setelah menerima tawaran Ipswich Town pada musim panas 2024. Talenta yang memiliki garis keturunan asal Irlandia tersebut menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2029. Kehadirannya berpeluang menambah ketat persaingan di posisi ujung tombak The Tractor Boys.

4. Arijanet Muric datang untuk menggantikan posisi Vaclav Hladky

5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024Arijanet Muric (instagram.com/aromuric49)

Arijanet Muric merupakan kiper membela Burnley setelah didatangkan dari Manchester City pada musim panas 2022. Tak butuh waktu lama adaptasi, dirinya sukses dipercaya mengisi posisi inti. Namun, seiring berjalannya waktu, pemain berkebangsaan Kosovo ini harus rela tergeser dari skuad utama sehingga sering menghabiskan waktu di bangku cadangan. Selain itu, dia juga gagal menyelamatkan The Clarets dari jurang degradasi English Premier League 2023/2024. Muric sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 55 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 51 gol dan menciptakan 21 clean sheet.

Arijanet Muric lantas setuju untuk hengkang dari Burnley dengan menerima pinangan Ipswitch Town pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 25 tahun tersebut memperoleh kontrak sampai 2028. Kedatangannya diproyeksikan menggantikan posisi Vaclav Hladky yang sudah dilepas gratis. Namun, Muric harus bersaing dengan Christain Walton dan Cieran Slicker demi menjadi kiper utama The Tractor Boys.

5. Ben Johnson didapatkan secara gratis dari West Ham United

5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024Ben Johnson (itfc.co.uk)

Ben Johnson adalah bek kanan lulusan akademi sepak bola West Ham United. Talenta kelahiran London ini kemampuannya telah diasah di berbagai kategori umur. Dirinya kemudian dipanggil untuk masuk skuad Senior The Hammers pada musim panas 2020.

Ben Johnson ternyata tidak selalu mendapat kesempatan reguler bersama West Ham United. Hal ini membuatnya memperoleh menit bermain yang tidak banyak. Meski begitu, kehadirannya menambah opsi rotasi untuk The Hammers karena mampu mengisi beberapa posisi di area tengah dan jantung pertahanan tim asal London tersebut. Johnson sendiri tercatat bermain sebanyak 109 pertandingan dengan mengemas 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

West Ham United lantas tidak memperpanjang kontrak Ben Johnson sehingga dilepas gratis pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 24 tahun tersebut kemudian melanjutkan karier dengan menerima tawaran Ipswich Town. Dia setuju menandatangani kerja sama sampai 2028. Johnson sendiri berpotensi memperkokoh area pertahanan dan menambah opsi rotasi lini tengah The Tractor Boys.

Kelima pemain baru di atas didatangkan Ipswich Town pada musim panas 2024. Tim asal Suffolk ini berusaha memperkuat berbagai lini untuk bisa bersaing di semua kompetisi 2024/2025. Bukan tidak mungkin, The Tractor Boys melanjutkan perburuan demi mendapatkan penggawa incaran mengingat bursa transfer masih dibuka.

Baca Juga: Elkan Baggott Masuk Skuad Ipswich untuk Premier League 2024/25

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya