5 Pemain Baru Al-Qadsiah dari Luar Arab Saudi pada Musim Panas 2024

Sebagian besar datang dari liga top Eropa

Intinya Sih...

  • Al-Qadsiah juara kasta kedua Liga Arab Saudi
  • Merekrut 5 pemain baru dari luar kompetisi Arab Saudi
  • Pierre-Emerick Aubameyang, Koen Casteels, Nahitan Nandez, Nacho Fernandez, Julian Quinones menjadi rekrutan anyar

Al-Qadsiah melakoni perjalanan mengesankan sepanjang musim 2023/2024. Tim asal Khobar ini sukses menjaga konsistensi, terutama ketika mentas di Saudi First Division League. Hasilnya tak sia-sia, skuad berjuluk Fares Al Sharqiya ini mampu menjuarai kasta kedua sepak bola Arab Saudi. Pencapaian hebat tersebut membuat mereka berhak melanjutkan asa untuk bersaing di Saudi Pro League 2024/2025.

Ingin membuat kejutan, Al-Qadsiah lantas berusaha memanfaatkan bursa transfer secara maksimal untuk merakit kekuatan pada musim panas 2024. Selain melepas beberapa penggawa lama, mereka tidak lupa menghadirkan nama-nama yang dirasa lebih cocok dengan skema taktik. Ternyata, ada lima pemain baru yang sukses diboyong dari luar kompetisi Arab Saudi. Pengalaman pesepak bola tersebut tentu membawa harapan besar untuk mendongkrak performa Fares Al Sharqiya di semua kompetisi 2024/2025.

1. Pierre-Emerick Aubameyang ditebus dari Olympique Marseille

5 Pemain Baru Al-Qadsiah dari Luar Arab Saudi pada Musim Panas 2024Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) (spl.com.sa)

Setelah gagal mendapat tempat utama di Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyang dilepas gratis pada musim panas 2023. Tak sampai menganggur, dirinya setuju menerima tawaran dari Olympique Marseille. Penyerang veteran berkebangsaan Gabon ini menandatangani kontrak selama tiga tahun bersama Les Phoceens.

Pesepak bola kelahiran Laval ini langsung bertransformasi sebagai salah satu instrumen penting permainan Olympique Marseille 2023/2024. Pierre-Emerick Aubameyang sering mendapat kesempatan bermain sejak menit pertama. Selain penyerang tengah, dia juga beberapa kali diplot menjadi penyerang bayangan dan penyerang sayap kiri. Performanya belum habis, Aubameyang sendiri berhasil mengumpulkan 30 gol dan 11 assist dari 51 pertandingan di semua kompetisi.

Hanya bertahan singkat bersama Olympique Marseille, Pierre-Emerick Aubameyang setuju hengkang untuk membela Al-Qadsiah pada musim panas 2024. Tim berjuluk Fares Al Sharqiya menebusnya dengan harga 10 juta euro atau sekitar Rp176 milliar dengan kontrak hingga 2026. Pengalaman penyerang berusia 35 tahun ini berpotensi meningkatkan daya gedor dan produktivitas lini depan.

2. Koen Casteels berpotensi besar diplot sebagai kiper utama Al-Qadsiah

5 Pemain Baru Al-Qadsiah dari Luar Arab Saudi pada Musim Panas 2024Koen Casteels (instagram.com/koencasteels1)

Koen Casteels adalah kiper yang pertama kali memperkuat VfL Wolfsburg dengan status pinjaman dari Werder Bremen. Dirinya kemudian dipermanenkan pada musim panas 2015. Dia awalnya tak selalu tampil secara reguler sehingga minim kontribusi. Seiring berjalannya waktu, talenta bertinggi 197 cm ini sukses bertransformasi sebagai pilihan utama. Tak hanya itu, pesepak bola berkebangsaan Belgia tersebut sempat dipercaya mengemban jabatan kapten. Casteels sendiri sudah diturunkan dalam 275 pertandingan dengan kebobolan 357 gol dan menciptakan 91 clean sheet bersama Die Wolfe.

Tak mendapat perpanjangan kontrak di VfL Wolfsburg, Koen Casteels dilepas gratis pada musim panas 2024. Dirinya kemudian sepakat memulai petualangan di Arab Saudi dengan membela Al-Qadsiah. Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut disodori kontrak sampai 2027 demi mentas di Prince Saud Bin Jalawi Stadium. Casteels sendiri berpotensi besar diplot sebagai kiper utama Fares Al Sharqiya.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 10 Olympique Marseille sebelum Aubameyang

3. Nahitan Nandez berpeluang menambah kekuatan dan kreativitas lini tengah

5 Pemain Baru Al-Qadsiah dari Luar Arab Saudi pada Musim Panas 2024Nahitan Nandez (instagram.com/nahitannandez25

Nahitan Nandez merupakan gelandang tengah yang diboyong Cagliari dari Boca Juniors pada musim panas 2019. Dirinya ternyata sukses menjelma sebagai salah satu tumpuan permainan tim asal Sardinia tersebut. Bukan tanpa sebaba, talenta yang kini berusia 28 tahun ini mampu mengisi beberapa posisi di area tengah dan belakang. Ini tentu menambah opsi rotasi. Selain itu, dia ikut menemani pasang surut perjalanan Gli Isolani. Nandez sendiri telah menunjukkan kontribusi total sebanyak 165 kali dengan mengemas 6 gol dan 18 assist di semua ajang.

Nahitan Nandez ternyata tidak mencapai kesepatan terkait kontrak bersama Cagliari sehingga dilepas gratis pada musim panas 2024. Pemain kelahiran Punta del Este ini lantas sempat diisukan akan bergabung dengan AS Roma. Namun, dirinya membuat keputusan mengejutan dengan memilih melanjutkan karier bersama Al-Qadsiah. Kedatangannya berpeluang menambah kekuatan dan kreativitas lini tengah Fares Al Sharqiya.

4. Nacho Fernandez memiliki pengalaman untuk memperkokoh lini belakang Al-Qadsiah

5 Pemain Baru Al-Qadsiah dari Luar Arab Saudi pada Musim Panas 2024Nacho Fernandez (twitter.com/AlQadsiahEN)

Nacho Fernandez adalah bek tengah jebolan akademi sepak bola Real Madrid. Putra daerah asli Madrid ini kemampuannya telah ditempa di berbagai kategori umur. Dirinya dianggap sebagai bakat yang menjanjikan sehingga mendapat kesempatan emas promosi ke skuad senior Los Blancos pada musim panas 2012.

Nacho Fernandez awalnya kesulitan mendapat menit bermain lantaran ketatnya persaingan di jantung pertahanan Real Madrid. Tak menyerah, dirinya perlahan bisa menambah kedalaman kekuatan sehingga sering dipercaya tampil sebagai starter. Selain bek tengah, dia juga pernah bertugas menjadi bek kanan dan bek kiri sesuai kebutuhan takti. Talenta yang kini berusia 34 tahun ini ikut berjasa mengantar Los Blancos memenangkan banyak gelar bergengsi. Nacho sendiri sudah membuat total penampilan dalam 364 pertandingan dengan menyumbang 16 gol dan 10 assist di berbagai ajang.

Setelah bertahan kurang lebih selama 24 tahun, Nacho Fernandez dilepas gratis oleh Real Madrid pada musim panas 2024. Pesepak bola berkebangsaan Spanyol tersebut kemudian bergabung dengan Al-Qadsiah. Dirinya sepakat menandatangani kontrak hingga 2026. Pesepak bola veteran ini memiliki pengalaman yang berpeluang memperkokoh lini belakang Fares Al Sharqiya. 

5. Julian Quinones diboyong Al-Qadsiah dari CF America

5 Pemain Baru Al-Qadsiah dari Luar Arab Saudi pada Musim Panas 2024Julian Quinones (kanan) (twitter.com/AlQadsiahEN)

Julian Quinones merupakan penyerang tengah yang bergabung CF America dari Atlas Guadalajara pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Magui Payan ini bisa menunjukkan peran penting sepanjang 2023/2024. Selain itu, kehadiran pesepak bola versatile ini mampu mengisi banyak posisi di area depan dan tengah. Tak sia-sia, dirinya ikut berkontribusi membawa Aguilas memenangkan beberapa gelar domestik. Quinones sendiri mencatatkan total penampilan dalam 52 pertandingan dengan menorehkan 23 gol dan 10 assist di berbagai kompetisi.

Hanya bertahan singkat membela CF America, Julian Quinones memilih gabung Al-Qadsiah pada musim panas 2024. Penyerang berkebangsaan Meksiko ini diboyong dengan harga 15 juta dolar atau sekitar Rp243 miliar. Selain itu, dia langsung dipagari kontrak sampai 2028 untuk merumput di Prince Saud Bin Jalawi Stadium. Pemain yang kini berusia 27 tahun tersebut membawa harapan demi meningkatkan kualitas dan persaingan lini depan Fares Al Sharqiya.

Kelima pemain baru Al-Qadsiah di atas didatangkan dari luar kompetisi Arab Saudi pada musim panas 2024. Mereka akan bahu membahu membuat Fares Al Sharqiya menjelma sebagai kuda hitam yang diperhitungkan di semua ajang 2024/2025. Menurutmu, siapakah yang nantinya berhasil menjadi pembeda dalam tim?

Baca Juga: Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya