3 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024

Ilkay Guendogan kembali ke Manchester City

Tak ingin membuang kesempatan, Barcelona terlihat serius memperbaiki kekuatan pada musim panas 2024. Tim asal Catalonia tersebut sepakat menyudahi kerja sama dengan memecat Xavi Hernandez. Sebagai gantinya, mereka berhasil mengamankan tanda tangan Hansi Flick. Juru taktik berkebangsaan Jerman ini dianggap lebih pas dengan rencana masa depan Blaugrana sehingga disodori kontrak berdurasi sampai 2026 demi bertahan di Camp Nou Stadium.

Di bawah komando Hansi Flick, Barcelona langsung melakukan perombakan komposisi kekuatan dengan menghadirkan dua nama, yaitu Dani Olmo dan Pau Victor, pada musim panas 2024. Tim asal Catalonia ini juga tidak lupa melepas beberapa penggawa lama yang sudah tidak sejalan dengan skema taktik. Selain dijual permanen dan dipinjamkan, terdapat tiga pemain Blaugrana yang dilepas gratis.

Mereka ternyata tersebar di berbagai liga top Eropa. Lantas, siapa saja pesepak bola yang pergi secara cuma-cuma tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Sergino Dest dipermanenkan PSV Eindhoven sampai 2028

3 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Sergino Dest (kiri) (psv.nl)

Setelah tampil menjanjikan bersama Ajax Amsterdam, Sergino Dest sepakat melanjutkan karier bersama Barcelona pada musim panas 2020. Pesepak bola kelahiran Almere ini memperoleh kontrak jangka panjang selama 5 tahun. Kehadirannya ketika itu diproyeksikan untuk meningkatkan kekuatan sisi kanan jantung pertahanan Blaugrana.

Sergino Dest awalnya kerap dipercaya mewarnai skuad utama Barcelona. Dirinya berhasil menambah opsi rotasi lantaran sanggup melakoni banyak peran. Seiring berjalannya waktu, dia mulai tersisih dari skuad utama. Selain itu, cedera juga menghambat kinerjanya untuk tim Catalonia tersebut. Talenta berkebangsaan Amerika Serikat ini mencatatkan total penampilan dalam 72 kali dengan mengemas 3 gol dan 4 assist. Tak masuk skema taktik, Dest sempat dipinjamkan Blaugrana kepada AC Milan pada musim panas 2022.

Selepas itu, Sergino Dest kembali gabung dengan skuad Barcelona pada musim panas 2023. Dia ternyata tidak masuk rencana masa depan sehingga harus melakoni peminjaman lagi dan kali ini memperkuat PSV Eindhoven. Benar saja, dia langsung bertransformasi sebagai salah satu figur penting permainan Boeren 2023/2024. Dirinya mampu bertugas menjadi bek kanan dan bek kiri tergantung kebutuhan tim. Sayangnya, talenta bertinggi 173 cm ini mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Dest sendiri diturunkan sebanyak 37 kali dengan menyumbang 2 gol dan 7 assist di semua ajang.

Meski masih tersisa 1 tahun, Sergino Dest dan Barcelona sepakat untuk menyudahi kerja sama lebih cepat sehingga dilepas gratis pada musim panas 2024. Dirinya kemudian kembali menerima tawaran PSV Eindhoven. Dia langsung disodori kontrak berdurasi sampai 2028 demi mentas di Philips Stadium. Bek sayap muda ini masih belum bisa diturunkan Boeren karena masih dalam masa penyembuhan cedera ACL.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani Olmo

2. Ilkay Guendogan kembali memperkuat Manchester City sampai Juni 2025

3 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Ilkay Gundogan (mancity.com)

Ilkay Guendogan adalah gelandang tengah yang memperkuat Barcelona setelah didatangkan gratis dari Manchester City pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Gelsenkirchen tersebut setuju menandatangani kontrak sampai 2025. Pengalamannya tentu membawa angin segar untuk meningkatkan persaingan dan kualitas area tengah permainan Blaugrana.

Tak butuh waktu adaptasi lama, Ilkay Guendogan mampu menjelma sebagai salah satu tumpuan permainan Barcelona 2023/2024. Dirinya kerap memperoleh kesempatan tampil selama 90 menit di berbagai kompetisi. Talenta berkebangsaan Jerman ini sanggup melakoni peran menjadi gelandang tengah dan gelandang bertahan tergantung skema taktik Blaugrana. Guendogan sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 51 pertandingan dengan menorehkan 5 gol dan 14 assist.

Meski memegang peran penting, Barcelona dan Ilkay Guendogan sepakat berpisah lebih cepat dari kontrak sehingga pergi secara gratis pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 33 tahun ini kemudian setuju kembali berseragam Manchester City. Dirinya disodori kerja sama berdurasi sampai Juni 2025. Hingga pekan kedua, dia sudah dipercaya tampil sebagai pengganti untuk The Citizens di English Premier League (EPL) 2024/2025. Sejauh ini, Guendogan telah membuat total penampilan sebanyak 305 laga dengan menyumbang 60 gol dan 38 assist di berbagai ajang.

3. Sergi Roberto memulai petualangan baru bersama Como sampai 2026

3 Pemain Barcelona yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Sergi Roberto (comofootball.com)

Sergi Roberto merupakan gelandang tengah jebolan akademi sepak bola Barcelona. Talenta kelahiran Reus tersebut kemampuannya telah ditempa di berbagai kategori umur. Benar saja, dirinya berhasil menunjukkan etos kerja menjanjikan sehingga diberikan kesempatan emas untuk merasakan persaingan lebih ketat lagi dengan promosi ke skuad senior Blaugrana pada musim panas 2013.

Sergi Roberto perlahan sukses menunjukkan perkembangan sehingga meningkatkan opsi rotasi permainan Barcelona. Dirinya sanggup mengisi banyak posisi di area tengah dan jantung pertahanan tim Catalonia tersebut. Namun, performanya tidak selalu mulus lantaran sempat mengalami cedera. Meski begitu, dia ikut berkontribusi mengantar Blaugrana memenangkan banyak gelar bergengsi. Roberto sendiri sudah diturunkan dalam 373 pertandingan dengan mencetak 19 gol dan 43 assist di semua kompetisi.

Setelah membangun karier bersama Barcelona sejak usia 14 tahun, Sergi Roberto dilepas gratis pada musim panas 2024. Dirinya kemudian memulai petualangan baru dengan pergi ke Italia demi menerima tawaran Como. Talenta berkebangsaan Spanyol tersebut dipagari kontrak sampai 2026. Pengalamannya berpotensi besar menambah kekuatan area tengah dan pertahanan I Lariani.

Ketiga pemain Barcelona di atas dilepas gratis ke tim lain pada musim panas 2024. Mereka semua melanjutkan perjalanan di kasta tertinggi sepak bola Belanda, Inggris, dan Italia. Sebenarnya, Marcos Alonso juga pergi secara cuma-cuma dari Blauragana, tetapi belum menemukan pelabuhan baru saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dipinjam Real Betis dari Barcelona Sedekade Terakhir

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya