4 Pemain AZ Alkmaar Pergi ke Liga Top Eropa Lain pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya melanjutkan karier ke Serie A

AZ Alkmaar belum terlalu aktif menghadirkan tambahan tenaga pada musim panas 2024. Sementara ini, mereka tercatat baru mendaratkan tiga nama ke AFAS Stadium. Tim berjuluk De Kaasboeren ini malah melakukan cuci gudang dengan melepas sebanyak tujuh penggawa lama.

Meski begitu, kepergian beberapa pemain tersebut membuat tim asal Belanda ini mendapat kucuran dana segar. Itu akan digunakan untuk mencari pengganti yang dianggap lebih cocok dengan rencana masa depan.

Dari 7 nama yang meninggalkan AZ Alkmaar, ada 4 pemain yang melanjutkan perjalanan dengan pergi ke liga to Eropa lainnya pada musim panas 2024. Mantan penggawa De Kaasboeren ini tersebar di kasta tertinggi sepak bola Italia, Inggris, dan Jerman. Mereka membawa harapan bagi masing-masing tim agar bisa tampil lebih kompetitif di semua ajang.

1. Mathew Ryan bergabung dengan AS Roma setelah kontraknya habis di AZ Alkmaar

4 Pemain AZ Alkmaar Pergi ke Liga Top Eropa Lain pada Musim Panas 2024Mathew Ryan (asroma.com)

Mathew Ryan adalah kiper yang memperkuat AZ Alkmaar setelah didatangkan dari FC Copenhagen pada musim dingin 2023. Pesepak bola berkebangsaan Australia ini setuju menandatangani kontrak selama 1,5 tahun bersama De Kaasboeren. Dirinya saat itu hadir untuk menambah opsi rotasi jantung pertahanan tim asal Belanda tersebut.

Meski berstatus rekrutan baru, Mathew Ryan langsung diplot sebagai kiper utama AZ Alkmaar. Kehadirannya begitu penting sehingga hampir sulit tergantikan bersama De Kaasboeren. Pesepak bola yang kini berusia 32 tahun ini tercatat sudah tampil sebanyak 64 pertandingan dengan kebobolan 71 gol dan menciptakan 25 clean sheet di semua kompetisi.

Mathew Ryan dan AZ Alkmaar ternyata tidak mencapai kesepakatan terkait perpanjangan kontrak sehingga harus dilepas gratis pada musim panas 2024. Kiper kelahiran Plumpton ini lantas melanjutkan karier dengan menerima tawaran AS Roma. Dirinya menandatangani kesepakatan hingga 2025 dengan opsi tambahan selama 2 tahun. Kehadirannya diplot untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Rui Patricio. Ryan sendiri harus siap bersaing dengan Mile Svilar dan Pietro Boer demi menjadi pilihan utama I Giallorossi.

2. Dani de Wit memulai petualangan baru dengan VfL Bochum sampai 2028

4 Pemain AZ Alkmaar Pergi ke Liga Top Eropa Lain pada Musim Panas 2024Dani de Wit (instagram.com/vflbochum1848.official dan danidewit_)

Dani de Wit merupakan gelandang serang yang didatangkan AZ Alkmaar dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2019. Dirinya dianggap sebagai aset menjanjikan sehingga memperoleh kontrak jangka panjang sampai 2024. Kehadirannya ketika itu diproyeksikan untuk meningkatkan kekuatan dan kreativitas lini tengah De Kaasboeren.

Benar saja, Dani de Wit langsung menjelma sebagai figur penting permainan AZ Alkmaar. Dirinya sering dipercaya tampil sejak menit pertama di berbagai kompetisi. Talenta yang kini berusia 26 tahun tersebut mampu menjalankan peran menjadi gelandang tengah dan gelandang serang sesuai kebutuhan taktik De Kaasboeren. De Wit sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 188 pertandingan dengan menorehkan 46 gol dan 21 assist.

Bertahan selama 5 tahun, Dani de Wit tidak memperpanjang kontrak bersama AZ Alkmaar sehingga pergi secara gratis pada musim panas 2024. Talenta berkebangsaan Belanda ini kemudian memulai petualangan baru dengan menerima pinangan VfL Bochum. Gelandang bertinggi 184 cm tersebut setuju menandatangani kerja sama sampai 2028. Pengalamannya berpeluang meningkatkan persaingan dan kualitas lini tengah Die Unabsteigbaren.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal pada Pekan Ke-5 Bursa Transfer Musim Panas 2024

3. Jens Odgaard dipermanenkan Bologna sampai 2027

4 Pemain AZ Alkmaar Pergi ke Liga Top Eropa Lain pada Musim Panas 2024Jens Odgaard (instagram.com/jensodgaard)

Jens Odgaard merupakan penyerang tengah yang didapatkan AZ Alkmaar dari US Sassuolo pada musim panas 2022. Talenta kelahiran Hillerod tersebut dianggap memiliki potensi menjanjikan sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2027. Dirinya membawa harapan untuk meningkatkan produktivitas lini depan De Kaasboeren.

Tak butuh waktu lama, Jens Odgaard mampu memperoleh peran penting di area depan AZ Alkmaar. Dirinya sering diturunkan untuk menghiasi daftar starter. Meski posisi aslinya penyerang tengah, talenta bertinggi 188 cm tersebut juga beberapa kali diplot menjadi penyerang sayap dan gelandang serang sesuai skema taktik. Namun, seiring berjalannya waktu, dia mulai tergeser dari skuad inti sehingga menit bermainnya berkurang. Odgaard sendiri tampil dalam 71 pertandingan dengan menyumbang 14 gol dan 8 assist di semua kompetisi.

AZ Alkmaar lantas setuju untuk meminjamkan Jens Odgaard kepada Bologna pada musim dingin 2024. Dirinya berseragam I Rossoblu sampai Juni 2024. Penyerang berkebangsaan Denmark ini  tak selalu dipasang sebagai penggawa inti. Selain itu, performanya sempat terhambat lantaran mengalami cedera otot paha. Odgaard telah berkontribusi dalam 10 pertandingan dengan mengemas 2 gol di Serie A Italia 2023/2024.

Bologna ternyata sepakat untuk mempermanenkan Jens Odgaard dari AZ Alkmaar pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 25 tahun ini disodori kontrak sampai 2027 demi merumput di Stadio Renato Dall'Ara. Kehadirannya berpeluang menambah pilihan rotasi karena mampu melakoni banyak peran di area penyerangan I Rossoblu.

4. Yukinari Sugawara menjadi pemain Jepang keempat yang pernah membela Southampton

4 Pemain AZ Alkmaar Pergi ke Liga Top Eropa Lain pada Musim Panas 2024Yukinari Sugawara (southamptonfc.com)

Yukinari Sugawara merupakan bek kanan yang awalnya memperkuat AZ Alkmaar dengan status pinjaman dari Nagoya Grampus. Tak sia-sia, talenta berkebangsaan Jepang tersebut dianggap memiliki potensi menjanjikan sehingga dipermanenkan pada musim panas 2020. Dirinya ketika itu diplot untuk membantu kekuatan jantung pertahanan dan serangan melalui sektor sayap De Kaasboeren.

Tak langsung mulus, Yukinari Sugawara sempat kesulitan tampil secara reguler bersama AZ Alkmaar. Seiring berjalannya waktu, talenta kelahiran Toyokawa ini sukses menjelma sebagai salah satu instrumen penting permainan De Kaasboeren. Ini membuatnya sering diturunkan sejak menit pertama. Selain bek kanan, dirinya mampu bertugas menjadi penyerang sayap kanan dan gelandang kanan. Sugawara sendiri sudah mengumpulkan 14 gol dan 29 assist dari total 198 pertandingan di semua kompetisi.

Yukinari Sugawara kemudian membuat keputusan untuk hengkang dari AZ Alkmaar setelah mendapat tawaran dari Southampton pada musim panas 2024. Talenta yang kini berusia 24 tahun ini sepakat menandatangani kontrak hingga 2028 demi mentas di St Mary's Stadium. Selain itu, dirinya juga menjadi pemain berkebangsaan Jepang keempat yang bergabung dengan The Saints. Kehadirannya berpeluang menjalankan beberapa peran di sisi kanan permainan tim asal Inggris tersebut.

Keempat pemain AZ Alkmaar di atas pergi ke liga top Eropa lainnya pada musim panas 2024. Mereka semua akan memulai petualangan baru dan diharapkan bisa memberikan dampak penting terhadap performa masing-masing tim. Menurutmu, siapakah yang nantinya paling bersinar?

Baca Juga: 3 Pemain Portugal yang Meniti Karier Bersama AZ Alkmaar 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya