5 Pemain Asia yang Meramaikan Ligue 1 2023/2024, Ada Lee Kang In!

Ada yang menjadi rekan satu tim

Asia beberapa kali melahirkan pesepak bola dengan talenta luar biasa. Para pemain Asia itu mampu bersaing dengan bakat-bakat menjanjikan dari seluruh dunia. Bukan hal yang mengejutkan jika tim Eropa memperebutkan tanda tangan pemain Benua Kuning.

Banyak pemain Asia yang akhirnya berhasil menembus ketatnya liga top Eropa. Ligue 1 Prancis menjadi salah satu tujuan mereka untuk melanjutkan karier. Pada 2023/2024, ada sekitar lima pesepak bola Asia yang meramaikan kasta tertinggi sepak bola Prancis tersebut.

1. Lee Kang In mendapat kontrak jangka panjang bersama PSG

5 Pemain Asia yang Meramaikan Ligue 1 2023/2024, Ada Lee Kang In!Lee Kang In (en.psg.fr)

Lee Kang In menunjukkan performa yang impresif selama membela RCD Mallorca. Ini membuat Paris Saint-Germain merekrutnya pada musim panas 2023. Pemain kebangsaan Korea Selatan itu dianggap mempunyai kemampuan yang menjanjikan sehingga langsung diikat kontrak sampai 2028 untuk bertahan di Parc des Princes.

Gelandang serang 22 tahun ini sudah debut membela PSG pada 2023/2024. Lee Kang In beberapa kali mampu mendapat kepercayaan dari Luis Enrique sehingga dimainkan sebagai starter. Namun, sampai pekan-8, dia baru tampil dalam tiga pertandingan di berbagai ajang. Ini terjadi karena Lee harus membela Korea Selatan di Asian Games 2022 China.

2. Takumi Minamino bertransformasi menjadi andalan AS Monaco

5 Pemain Asia yang Meramaikan Ligue 1 2023/2024, Ada Lee Kang In!Takumi Minamino (asmonaco.com)

Takumi Minamino gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya saat membela Liverpool. Dirinya lebih sering diplot sebagai pelapis dalam skema taktik The Reds. Dirinya lantas dijual kepada AS Monaco pada musim panas 2022. Penyerang sayap asal Jepang ini setuju menandatangani kontrak sampai 2026 bersama Rouges et Blanc.

Pesepak bola kelahiran Osaka ini lalu bertransformasi menjadi salah satu tumpuan penyerangan AS Monaco. Pada 2023/2024, Takumi Minamino sering mendapat kesempatan untuk bermain sebagai starter. Sampai minggu ke-8, dirinya sudah menyumbang 3 gol dan 3 assist dalam 7 pertandingan di Ligue 1. Sejauh ini, dia mencatatkan total 32 penampilan dengan mencetak 4 gol dan 7 assist untuk Rouges et Blanc.

Baca Juga: PSG Lepas Lee Kang In ke Korea Selatan Demi Asian Games 2022

3. Mousa Al-Tamari bergabung secara gratis ke Montpellier pada musim panas 2023

5 Pemain Asia yang Meramaikan Ligue 1 2023/2024, Ada Lee Kang In!Mousa Al-Tamari (instagram.com/mhscofficiel)

Mousa Al-Tamari berhasil didapatkan Montpellier secara gratis dari OH Leuven pada musim panas 2023. Penyerang sayap asal Yordania ini langsung dikontrak sampai 2026 untuk bertahanan di Stadion Mosson. Kehadirannya tentu menjadi keuntungan karena bisa menambah opsi untuk lini depan La Paillade.

Meski didapatkan secara cuma-cuma, Mousa Al-Tamari bisa langsung menyatu dengan permainan Montpellier. Dirinya kerap dipasang jadi starter dan tampil selama 90 menit. Hingga pekan ke-8, penyerang sayap 26 tahun ini menunjukkan kontribusi luar biasa dengan torehan 3 gol dan 2 assist dalam 6 pertandingan di Ligue 1 2023/2024.

4. Keito Nakamura didatangkan Stade de Reims dari LASK Linz

5 Pemain Asia yang Meramaikan Ligue 1 2023/2024, Ada Lee Kang In!Keito Nakamura (stade-de-reims.com)

Keito Nakamura bisa menunjukkan permainan yang mengesankan saat masih berseragam LASK Linz. Performa ini membuat Stade de Reims tanpa ragu untuk merekrutnya pada musim panas 2023. Penyerang sayap asal Jepang ini dianggap sebagai bakat yang menjanjikan sehingga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028. Kedatangannya bisa menambah kedalaman lini depan tim asal Prancis tersebut.

Pesepak bola kelahiran Abiko ini telah melakukan debut bersama Stade de Reims. Dirinya bisa mendapat kepercayaan pelatih sehingga sering dipasang sebagai starter. Sampai minggu ke-8, Keito Nakamura berkontribusi dengan 1 gol dan 1 assist dalam 8 pertandingan di Ligue 1 2023/2024. Dia berpotensi jadi faktor pembeda dalam permainan Les Rouges et Blancs.

5. Junya Ito jadi sosok penting untuk permainan Stade de Reims

https://www.youtube.com/embed/JyoK6S4SaAA

Selain Keito Nakamura, Stade de Reims juga mempunyai penggawa asal Jepang, yaitu Junya Ito. Penyerang sayap kelahiran Kanagawa ini didatangkan dari KRC Genk pada musim panas 2022. Dirinya setuju dengan durasi kontrak hingga 2026 untuk bertahan di Stadion Auguste Delaune.

Tak butuh waktu lama, Junya Ito langsung menjadi sosok penting di lini depan Stade de Reims. Pada 2023/2024, posisinya masih sulit tergeser sehingga selalu mendapat kesempatan untuk bermain sebagai starter. Sampai minggu ke-8, dia sudah membuat 8 penampilan dengan menyumbang 1 gol dan 2 assist di Ligue 1. Sejauh ini, Ito mencatatkan total 44 laga dengan mencetak 7 gol dan 7 assist bersama tim asal Prancis tersebut.

Kelima pesepak bola Asia di atas meramaikan Ligue 1 2023/2024. Sebagian besar dari mereka baru datang untuk mencicipi kasta tertinggi sepak bola Prancis pada musim panas 2023. Meski begitu, para pemain Asia tersebut berpotensi menambah kedalaman dan jadi faktor pembeda untuk timnya masing-masing.

Baca Juga: Rasa Frustrasi yang Bikin Takumi Minamino Jadi Kuat

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya