3 Pemain AS Roma yang Pindah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Ada yang masih berusia 19 tahun

Ingin meraih hasil optimal, AS Roma disibukkan dengan urusan bongkar pasang kekuatan pada bursa transfer musim panas 2024. Skuad besutan Daniele De Rossi tersebut rela menggelontorkan dana segar demi mengamankan tanda tangan penggawa incaran. Hasilnya, sebanyak sebelas nama berhasil diajak bergabung oleh I Giallorossi untuk melengkapi kekuatan di berbagai sektor permainan.

Selain mengurus kehadiran tenaga baru, AS Roma juga melakukan cuci gudang dengan melepas sebanyak 14 penggawa lama. Tak hanya meneruskan karier di Eropa, terdapat tiga pemain I Giallorossi yang sepakat pindah dengan menerima tawaran dari tim Saudi Pro League pada musim panas 2024. Mereka lantas tersebar di berbagai tim di kasta tertinggi sepak bola Arab Saudi tersebut.

1. Houssem Aouar bergabung dengan Al-Ittihad sampai 2028 setelah berseragam AS Roma

3 Pemain AS Roma yang Pindah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Houssem Aouar (instagram.com/houssem_aouar)

Tampil mengesankan bersama Olympique Lyon, Houssem Aouar malah tidak memperoleh perpanjangan kontrak sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Lyon ini kemudian berlabuh ke Italia untuk bergabung dengan AS Roma. Dirinya dipagari kontrak jangka panjang selama 5 tahun demi berseragam I Giallorossi.

Tak berjalan sesuai harapan, Aouar ternyata kesulitan memperoleh kesempatan reguler bersama AS Roma pada 2023/2024. Hal tersebut memengaruhi menit bermain yang diterimanya. Meski begitu, dia pernah bertugas menjadi gelandang tengah, gelandang serang, dan penyerang sayap kanan untuk I Giallorossi. Aouar sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 25 pertandingan dengan menyumbang 4 gol di semua kompetisi.

Hanya bertahan singkat bersama AS Roma, Houssem Aouar setuju untuk pindah ke Arab Saudi dengan menerima pinangan Al-Ittihad pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 26 tahun tersebut ditebus tim berujuluk Nadi Al-Watan ini sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp205 miliar. Dia telah menandatangani kontrak berdurasi sampai 2028. Kehadirannya berpotensi menambah kekuatan lataran sanggup menjadi gelandang tengah dan gelandang serang. Hingga pekan kedua, Aouar sendiri bermain dalam 2 pertandingan dengan mencetak 2 gol di Saudi Pro League 2024/2025.

Baca Juga: 5 Eks LaLiga yang Hijrah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

2. Joao Costa sepakat melanjutkan karier bersama Al-Ettifaq sampai 2028

3 Pemain AS Roma yang Pindah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Joao Costa (kanan) (instagram.com/(ettifaq, joaocosta, dan stevengerrard)

Joao Costa adalah penyerang sayap yang didapatkan AS Roma dari akademi Corinthians pada musim panas 2021. Talenta berkebangsaan Brasil tersebut terlebih dahulu harus ditempa di akademi milik AS Roma. Dia kemudian menunjukkan kemampuannya di berbagai kategori umur. Tak hanya itu, Costa dianggap sebagai salah satu sosok menjanjikan sehingga diberikan kesempatan sebanyak lima kali untuk membela skuad senior I Giallorossi.

Benar saja, Joao Costa berhasil memperoleh kesempatan emas promosi ke skuad senior AS Roma pada musim panas 2024. Bertahan singkat, pemain kelahiran Umuarama tersebut sukses memikat perhatian Al-Ettifaq. Dia sepakat melanjutkan karier di Arab Saudi dengan tebusan 9 juta euro atau Rp154 miliar. Selain itu, penyerang sayap yang kini berusia 19 tahun ini telah menandatangani kontrak berdurasi sampai 2028 demi merumput di Prince Mohamed bin Fahd Stadium.

3. Chris Smalling menandatangani kontrak berdurasi sampai 2026 bersama Al-Fayha

3 Pemain AS Roma yang Pindah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024Chris Smalling (twitter.com/AlfayhaSC)

Chris Smalling adalah bek tengah yang pertama kali membela AS Roma dengan status pinjaman dari Manchester United. Pesepak bola berkebangsaan Inggris ini ternyata cepat melakukan adaptasi sehingga sering dipercaya tampil sebagai starter di berbagai ajang. Rekam jejak tersebut membuat I Giallorossi tanpa ragu memboyongnya secara permanen pada musim panas 2020. 

Chris Smalling makin menunjukkan peran penting dalam menjaga dinding pertahanan AS Roma. Namun, perjalanannya tidak selalu mulus karena sempat mengalami berbagai macam cedera. Meski begitu, bek tengah bertinggi 194 cm ini ikut berjasa mengantar I Giallorossi memenangkan UEFA Conference League 2021/2022. Smalling sendiri telah bermain sebanyak 155 kali dengan membuat 10 gol dan 4 assist bersama tim ibu kota Italia tersebut.

Berseragam AS Roma kurang lebih selama 5 tahun, Chris Smalling setuju meninggalkan ingar bingar sepak bola Eropa untuk melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi dengan bergabung ke Al-Fayha pada musim panas 2024. Pesepak bola veteran tersebut telah menandatangani kontrak yang berdurasi sampai 2026. Pengalamannya berpeluang membantu meningkatkan kekuatan lini pertahanan Al-Burtuqali.

Ketiga pemain AS Roma di atas pindah ke Saudi Pro League pada musim panas 2024. Sejauh ini, baru Houssem Aouar yang telah menunjukkan kontribusi bagi Al-Ittihad di kasta tertinggi sepak bola Arab Saudi tersebut. Sementara, Joao Costa dan Chris Smalling belum melakoni debut bersama masing-masing tim.

Baca Juga: 4 Bek Tengah Terakhir yang Didatangkan AS Roma

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya