4 Pemain AS Roma yang Bela Timnas Italia di Euro 2024

Penggawa penting klub pada 2023/2024 #EURO2024

Menyandang status sebagai juara bertahan, Italia tentu menunjukkan keseriusan demi mengulangi kesuksesan di Euro 2024. Luciano Spalletti selaku pelatih memberi kesempatan kepada 26 nama terbaik yang dirasa mampu mendukung skema taktik. Selain itu, salah satu faktor penting pemanggilan penggawa tersebut yaitu kinerja mengesankan bersama masing-masing tim sepanjang musim 2023/2024.

AS Roma ternyata menjadi salah satu penyumbang penggawa terbanyak untuk Gli Azzurri di Euro 2024. Tercatat, ada sekitar empat pemain yang diberikan kesempatan oleh Luciano Spalleti membela Timnas Italia di ajang antarnegara Benua Biru tersebut. Kehadiran mereka tentu membawa harapan besar agar bisa melanjutkan pencapaian hebat. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud dan seperti apa kontribusinya sejauh ini? Berikut ulasannya!

1. Stephan El Shaarawy melakoni peran sebagai pelapis di Timnas Italia

4 Pemain AS Roma yang Bela Timnas Italia di Euro 2024Stephan El Shaarawy (instagram.com/stewel92)

Stephan El Shaarawy masih menjelma sebagai salah satu figur penting di lini depan AS Roma. Pesepak bola kelahiran Savona tersebut cukup sering dipercaya menghiasi daftar starter. Meski posisi aslinya penyerang sayap, dirinya juga mampu mengembang tugas menjadi penyerang bayangan, gelandang serang, dan gelandang sayap tergantung kebutuhan taktik I Giallorossi. Musim ini, El Shaarawy tercatat berkontribusi sebanyak 48 kali dengan mengemas 3 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Etos kerja bersama AS Roma berbuah manis, Stephen El Shaarawy memperoleh kesempatan memperkuat Timas Italia di Euro 2024. Pengalamannya sangat berguna menambah kedalaman kekuatan karena mampu mengisi beberapa posisi di area depan dan tengah permainan Gli Azzurri. Sejauh ini, dia harus melakoni peran sebagai pelapis karena ketatnya persaingan. Talenta yang kini berusia 31 tahun tersebut telah mengumpulkan 31 caps dengan menyumbang 7 gol dan 4 assist.

2. Lorenzo Pellegrini menjelma sebagai figur penting dalam permainan Timnas Italia

4 Pemain AS Roma yang Bela Timnas Italia di Euro 2024Lorenzo Pellegrini (instagram.com/officialasroma dan lorepelle7)

Lorenzo Pellegrini masih menunjukkan kontribusi luar biasa untuk performa AS Roma 2023/2024. Ini membuat kapten I Giallorossi tersebut sering diturunkan sejak menit pertama di berbagai ajang. Selain gelandang serang, dirinya juga beberapa kali pernah diturunkan menjadi gelandang tengah dan gelandang kiri. Namun, performanya tidak selalu mulus karena sempat mengalami cedera hamstring. Musim ini, dia tampil dalam 41 pertandingan dengan menciptakan 10 gol dan 5 assist.

Benar saja, kontribusi Lorenzo Pellegrini dibutuhkan sehingga dipanggil membela Timnas Italia di Euro 2024. Talenta yang kini berusia 28 tahun ini menjelma sebagai figur penting dalam permainan Gli Azzurri. Dirinya mampu diturunkan menjadi penyerang sayap kiri dan gelandang. Sementara ini, putra daerah asli Roma tersebut sudah mengumpulkan 33 caps dengan mencetak 6 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 3 Penyebab Tumpulnya Lini Depan Prancis di Euro 2024

3. Gianluca Mancini belum bisa menggeser duet Alessandro Bastoni dan Riccardo Calafiori

4 Pemain AS Roma yang Bela Timnas Italia di Euro 2024Gianluca Mancini (instagram.com/gianlumancio_23)

Gianluca Mancini memegang peran penting sebagai tembok kokoh pertahanan AS Roma 2023/2024. Pesepak bola berkebangsaan Italia ini hampir sulit tergeser dari skuad inti sehingga kerap diturunkan selama 90 menit. Dirinya bahkan beberapa kali dipercaya mengemban jabatan kapten I Giallorossi. Musim ini, Mancini sendiri mencatatkan penampilan sebanyak 49 laga dengan mencetak 7 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

Gianluca Mancini ternyata mendapat kesempatan emas membela Timnas Italia di Euro 2024. Kehadiran pemain yang kini berusia 28 tahun ini tentu menjadi keuntungan karena bisa menambah variasi di jantung pertahanan Gli Azzurri. Sejauh ini, dirinya harus puas diplot sebagai pelapis karena belum mampu menggeser duet Riccardo Calafiori dan Alessandro Bastoni di posisi bek tengah. Talenta kelahiran Pontedera ini baru menciptakan 13 caps.

4. Bryan Cristante kalah bersaing dengan Jorginho dalam mengisi posisi geladang bertahan

4 Pemain AS Roma yang Bela Timnas Italia di Euro 2024Bryan Cristante (instagram.com/bryancristante)

Bryan Cristante mampu melakoni peran sebagai penyeimbang permainan AS Roma 2023/2024. Berkat kinerja tersebut, talenta kelahiran San Vito al Tagliamento ini hampir sulit tergeser dari skuad utama sehingga memperoleh banyak menit bermain. Selain mengisi posisi gelandang bertahan, dia juga lihai menjalankan tugas menjadi gelandang tengah dan bek tengah sesuai kebutuhan taktik. Musim ini, Cristante tampil sebanyak 52 kali dengan mengemas 4 gol dan 5 assist di semua ajang.

Bryan Cristante kemudian diboyong untuk merumput bersama Timnas Italia di Euro 2024. Kehadirannya tentu menjadi angin segar karena bisa menambah pilihan rotasi di lini tengah. Sejauh ini, talenta yang kini berusia 29 tahun tersebut kalah bersaing dengan Jorginho dalam mengisi posisi gelandang bertahan utama. Ini membuatnya sering memulai laga dari bangku cadangan. Cristante sendiri sudah membuat 42 caps dengan menyumbang 2 gol dan 3 assist.

Keempat pemain AS Roma di atas berkesempatan Membela Timnas Italia di Euro 2024. Sejauh ini, Bryan Cristante dan Lorenzo Pellegrini bisa memperoleh menit bermain. Sementara Gianluca Mancini dan Stephan El Shaarawy selalu duduk di bangku cadangan. Meski begitu, mereka semua masih memiliki peluang untuk menunjukkan performa terbaik karena Gli Azzurri berhasil lolos ke babak 16 besar di kompetisi antarnegara Benua Biru tersebut.

Baca Juga: 3 Pelatih di Euro 2024 yang Pernah Menangani RB Leipzig

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya