4 Pemain Arsenal Gabung Tim Premier League Lain pada Musim Panas 2024

Sebagian besar jebolan akademi Arsenal

Arsenal tak membuang kesempatan untuk memanfaatkan bursa transfer secara optimal pada musim panas 2024. Tim London Utara ini langsung membenahi komposisi kekuatan dengan menghadirkan lima rekrutan ke Emirates Stadium. Para pemain baru tersebut membawa harapan besar bagi The Gunners untuk meningkatkan kualitas di berbagai sektor permainan agar lebih solid sepanjang 2024/2025.

Selain memperoleh suntikan tenaga baru, Arsenal juga disibukkan dengan urusan melepas penggawa lama yang tidak masuk skema permainan. Hal ini membuat sebelas nama harus pergi pada musim panas 2024. Ternyata, terdapat empat pemain The Gunners yang akhirnya melanjutkan karier dengan gabung tim Premier League lain. Ini membuat mereka tetap bisa merasakan atmosfer persaingan di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud? Mari simak daftarnya di bawah ini!

1. Emile Smith Rowe menerima tawaran Fulham setelah tersisih dari skuad utama Arsenal

4 Pemain Arsenal Gabung Tim Premier League Lain pada Musim Panas 2024Emile Smith Rowe (fulhamfc.com)

Emile Smith Rowe adalah gelandang serang jebol akademi sepak bola Arsenal. Putra daerah asli London ini telah merasakan ditempa di berbagai kelompok umur. Tak hanya itu, dirinya juga dipinjamkan ke beberapa tim seperti RB Leipzig dan Huddersfield town agar membuat performanya makin matang dan berkembang. Usahanya berbuah manis, Smith Rowe dipanggil untuk promosi ke skuad The Gunners pada musim panas 2020.

Emile Smith Rowe membawa angin segar lantaran sukses menjelma sebagai salah satu figur penting bagi Arsenal. Dirinya juga menambah opsi rotasi karena bisa menjalankan beberapa peran di area tengah dan depan. Namun, seiring berjalannya waktu, dia mulai tersisihkan dari skema permainan The Gunners sehingga menit bermainnya berkurang drastis. Smith Rowe sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 115 kali dengan mengemas 18 gol dan 13 assist di semua kompetisi bersama tim London Utara tersebut.

Tak mendapat tempat utama, Emile Smith Rowe memilih menjemput kemungkinan lain dengan meninggalkan Arsenal demi menerima tawaran Fulham pada musim panas 2024. Dirinya diboyong seharga 34 juta poundsterling atau Rp690 miliar dari The Gunners. Selain itu, dia langsung memperoleh kontrak jangka panjang sampai 2029. Kedatangannya berpotensi meningkatkan kualitas lini tengah The Cottagers. Hingga pekan ketiga, Smith Rowe telah diturunkan sebanyak 4 laga dengan mengemas 1 gol di berbagai ajang 2024/2025.

2. Eddie Nketiah menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2029 bersama Crystal Palace

4 Pemain Arsenal Gabung Tim Premier League Lain pada Musim Panas 2024Eddie Nketiah (cpfc.co.uk)

Eddie Nketiah merupakan penyerang tengah yang mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Arsenal. Talenta kelahiran London ini sudah menunjukkan kemampuannya di berbagai kategori umur. Benar saja, dirinya dianggap sebagai salah satu bakat potensial sehingga dipercaya promosi ke skuad utama The Gunners pada musim dingin 2019.

Eddie Nketiah kalah bersaing dengan penggawa lini depan lain sehingga lebih sering menghuni bangku cadangan Arsenal. Minim kesempatan, The Gunners lantas sepakat untuk meminjamkannya kepada Leeds United pada musim panas 2019. Penyerang bertinggi 175 cm ini kerap memulai laga dari bangku cadangan The Peacocks. Meski begitu, dirinya sukses menampilkan etos kerja menjanjikan. Nketiah sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 19 laga dengan mengemas 5 gol dan 1 assist di semua ajang untuk tim asal West Yorkshire tersebut.

Bertahan singkat, Eddie Nketiah kembali gabung dengan skuad Arsenal pada musim dingin 2020. Pesepak bola yang kini berusia 25 tahun ini harus puas melakoni peran sebagai pelapis karena masih kesulitan mendapat tempat utama bersama The Gunners. Meski begitu, dia bisa diplot menjadi penyerang tengah dan penyerang sayap sesuai kebutuhan tim London Utara tersebut. Nketiah sendiri sudah diturunkan dalam 168 pertandingan dengan mencetak 38 gol dan 7 assist di berbagai kompetisi.

Crystal Palace lantas memanfaatkan situasi tidak menentu tersebut dengan memboyong Eddie Nketiah pada musim panas 2024. Pesepak bola yang memiliki garis keturunan Ghana ini kemudian ditebus seharga 30 juta poundsterling atau sekitar Rp609 miliar dari Arsenal. Dirinya setuju menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2029. Nketiah sendiri akan bersaing dengan Jean-Philippe Mateta demi memperebutkan posisi ujung tombak utama The Eagles.

Baca Juga: Mengenal Joan Garcia, Pengganti Aaron Ramsdale di Arsenal

3. Aaron Ramsdale gabung Southampton setelah kehilangan tempat utama di Arsenal

4 Pemain Arsenal Gabung Tim Premier League Lain pada Musim Panas 2024Aaron Ramsdale (southamptonfc.com)

Aaron Ramsdale adalah kiper yang merapat ke Arsenal setelah didatangkan dari Sheffield United pada musim panas 2021. Dirinya langsung memperoleh kepercayaan mengisi tempat utama dan mengemban peran sebagai salah satu sosok penting di jantung pertahanan The Gunners. Ini membuatnya kerap diturunkan selama 90 menit di berbagai ajang. Berkat etos kerja mengesankan, Ramsdale memperoleh perpanjangan kontrak sampai 2026 bersama tim London Utara tersebut.

Demi menambah daya persaingan, Arsenal memutuskan untuk meminjam David Raya dari Brentford pada musim panas 2023. Hal tersebut ternyata membuat Aaron Ramsdale kehilangan tempat utama. Kiper kelahiran Stoke-on-Trent ini harus puas sering duduk di bangku cadangan The Gunners. Ramsdale sendiri mencatatkan total penampilan sebanyak 89 pertandingan dengan kebobolan 99 gol dan menciptakan 32 clean sheet di semua ajang.

Ingin mendapat lebih banyak kesempatan, Aaron Ramsdale memilih pergi dari Arsenal untuk gabung bersama Southampton pada musim panas 2024. The Saints harus merogoh kocek sebesar 25 juta poundsterling atau Rp508 miliar untuk menghadirkan Ramsdale dari The Gunners. Dirinya dipagari kontrak sampai 2028 demi merumput di St Mary's Stadium. Hingga pekan ketiga, dia sudah diturunkan dalam 1 pertandingan dengan kebobolan 3 gol di Premier League 2024/2025.

4. Reiss Nelson dipinjamkan kepada Fulham sampai Juni 2025

4 Pemain Arsenal Gabung Tim Premier League Lain pada Musim Panas 2024Reiss Nelson (fulhamfc.com)

Reiss Nelson merupakan penyerang sayap yang menimba ilmu di akademi sepak bola Arsenal. Pesepak bola asli London ini sudah pernah merasakan atmosfer persaingan di berbagai kategori umur. Dirinya juga mencicipi berkarier membela TSG Hoffenheim dengan status pinjaman untuk membuatnya memperoleh jam terbang. Usahanya berbuah manis, Nelson berhasil promosi ke skuad senior pada musim panas 2019.

Tak berjalan mulus, Reiss Nelson melakoni peran sebagai pelapis karena ketatnya persaingan di lini depan Arsenal. Selain itu, cedera juga menghambat performanya bersama tim London Utara tersebut. Dirinya kemudian dipinjamkan lagi oleh The Gunners dan kali ini kepada Feyenoord Rotterdam pada musim panas 2021. Meski berstatus pinjaman, dia berhasil memperoleh cukup banyak menit bermain. Talenta bertinggi 175 cm ini mampu diplot menjadi penyerang sayap dan gelandang serang. Nelson sendiri tampil dalam 32 laga dengan mengumpulkan 4 gol dan 7 assist untuk De club aan de Maas.

Setelah tampil meyakinkan bersama Feyenoord Rotterdam, Reiss Nelson kembali memperkuat Arsenal pada musim panas 2022. Talenta yang memiliki garis keturunan Jamaika ini masih bukan pilihan di lini serang The Gunners. Dirinya juga sempat absen cukup lama lantaran mengalami cedera. Dia membuat kontribusi dalam 90 kali dengan mengukir 8 gol dan 9 assist. Nelson sendiri masih menyisakan kontrak sampai 2027 bersama tim London Utara tersebut.

Reiss Nelson ternyata tidak masuk skuad inti Arsenal. Dirinya kemudian dipinjamkan kepada Fulham pada musim panas 2024. Penyerang sayap yang kini berusia 24 tahun ini rencananya mentas di Craven Cottage Juni 2025. Dia berpeluang menambah pilihan rotasi di sektor sayap penyerangan tim London Barat tersebut. Hingga pekan ketiga, Neilson sudah membuat satu laga di Premier League 2024/2025.

Keempat pemain Arsenal di atas gabung tim Premier League lain pada musim panas 2024. Emile Smith Rowe, Eddie Nketiah, dan Aaron Ramsdale dijual permanen sehingga sukses menghasilkan dana segar bagi The Gunners. Sementara, Reiss Nelson pergi dengan status pinjaman.

Baca Juga: 5 Rekrutan Arsenal pada Musim Panas 2024, Merata Tiap Lini!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya