3 Lulusan Akademi Real Madrid Berkiprah di Serie A Italia 2023/2024

Semua berposisi sebagai bek

Real Madrid mempunyai kekuatan finansial luar biasa untuk membentuk skuad yang solid. Cara ini terbukti ampuh, Los Blancos mampu mengoleksi banyak trofi domestik dan Eropa. Meski begitu, tim asal ibu kota Spanyol ini tidak hanya fokus berbelanja pemain bintang. Mereka juga membangun fondasi kekuatan dengan menjalankan program akademi sepak bola yang bernama La Fabrica.

Banyak pemain lulusan La Fabrica mendapat kesempatan promosi ke skuad utama dan sukses menjadi tumpuan permainan Real Madrid. Namun, tidak sedikit juga pesepak bola jebolan akademi tersebut yang memilih untuk hengkang demi memperoleh menit bermain. Berkat rekam jejak meyakinkan, mereka tidak terlalu kesulitan menemukan pelabuhan baru sehingga bisa tersebar di berbagai kompetisi elite Eropa.

Serie A Italia menjadi salah satu tujuan bagi jebolan La Fabrica untuk membangun karier. Tak jarang, mereka diplot sebagai sosok penting dan menunjukkan etos kerja luar biasa. Pada 2023/2024, ada tiga pemain lulusan akademi Real Madrid yang berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Italia. Siapa saja mereka?

1. Diego Llorente mulai sering dipasang sebagai starter AS Roma 2023/2024

3 Lulusan Akademi Real Madrid Berkiprah di Serie A Italia 2023/2024Diego Llorente (instagram.com/diego_2llorente)

Diego Llorente adalah bek tengah yang memulai perjalanan dengan menimba ilmu bersama akademi Real Madrid. Pesepak bola asli Madrid ini telah mengasah kemampuan di berbagai kelompok umur. Dirinya dianggap mempunyai potensi menjanjikan sehingga mendapat kesempatan promosi ke skuad senior Los Blancos pada musim panas 2015.

Sulit bersaing di skuad Real Madrid, Deigo Llorente sempat dipinjamkan ke beberapa tim seperti Rayo Vallecano dan Malaga. Ini bertujuan untuk membuat performanya lebih matang dan mendapat pengalaman. Selepas menyelesaikan masa peminjaman, talenta berusia 30 tahun ini masih belum masuk rencana masa depan Los Blancos. Dirinya tercatat hanya tampil sebanyak tiga pertandingan bersama tim asal ibu kota Spanyol tersebut.

Tak masuk rencana jangka panjang, Diego Llorente setuju hengkang dari Real Madrid untuk bergabung dengan Real Sociedad pada musim panas 2017. Pesepak bola berkebangsaan Spanyol ini langsung menjelma sebagai salah satu figur penting di jantung pertahanan. Dirinya cukup sering mendapatkan kesempatan tampil selama 90 menit. Dia bahkan berjasa mengantar Txuri-Urdin memenangkan Copa Del Rey 2020. Llorente sendiri mencatatkan total penampilan dalam 88 pertandingan dengan menyumbang 8 gol dan 2 assist di semua ajang.

Berkat performa mengesankan saat membela Real Sociedad, Diego Llorente diboyong Leeds United pada musim panas 2020. Langkah awalnya tak sesuai harapan, dia ternyata berkutat dengan cedera sehingga minim kontribusi. Selepas pulih, bek bertinggi 186 cm ini mulai sering masuk skuad inti. Namun, seiring berjalannya waktu, dirinya tersisih dari tim utama dan lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan The Peacocks. Sejauh ini, Llorente mencatatkan total penampilan sebanyak 59 laga dengan mencetak 4 gol dan masih menyisakan kontrak hingga 2026.

Minim kontribusi, Leeds United setuju meminjamkan Diego Llorente kepada AS Roma pada musim dingin 2023. Kontraknya bersama I Giallorossi berlaku sampai Juni 2024 dengan opsi pembelian. Meski tak selalu tampil reguler, kehadirannya mampu menambah kedalaman kekuatan, terutama di jantung pertahanan tim Italia tersebut.

Pada 2023/2024, Diego Llorente sukses bertransformasi menjadi salah satu instrumen penting di area pertahanan AS Roma. Dirinya mulai sering mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama di semua kompetisi. Hingga pekan ke-31 musim ini, dia bermain sebanyak 36 kali dengan mencetak 1 gol dan 2 assist. Llorente sendiri mencatatkan kontribusi dalam 48 pertandingan dengan menorehkan 1 gol dan 2 assist untuk I Giallorossi.

Baca Juga: 5 Bek Tengah Spanyol yang Berkarier di Serie A 2023/2024

2. Mario Gila mulai sering mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama bersama Lazio 2023/2024

3 Lulusan Akademi Real Madrid Berkiprah di Serie A Italia 2023/2024Mario Gila (instagram.com/mario_gila4)

Mario Gila merupakan bek tengah yang didapatkan Real Madrid dari akademi Espanyol pada musim panas 2018. Tak langsung gabung tim senior, pemain kelahiran Barcelona ini harus menunjukkan kemampuan bersama skuad U-19 Los Blancos. Benar saja, dirinya mampu menunjukkan performa menjanjikan sehingga dipanggil untuk memperkuat Real Madrid Castilla.

Talenta muda berkebangsaan Spanyol ini bahkan sempat mencicipi merumput bersama skuad senior Real Madrid sebanyak dua pertandingan. Namun, Mario Gila sulit mendapat menit bermain karena ketatnya persaingan di lini belakang tim ibu kota Spanyol tersebut. Minim kesempatan, bek tengah berusia 23 tahun ini setuju hengkang dari Los Blancos dan memulai petualangan baru dengan membela Lazio pada musim panas 2022. Dirinya menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2027 bersama I Biancocelesti.

Mario Gila diproyeksikan menambah kedalaman kekutan di jantung pertahanan Lazio. Tak langsung mulus, pesepak bola bertinggi 185 cm ini kesulitan mendapat menit bermain dan lebih sering menghuni bangku cadangan. Hal tersebut membuatnya minim kontribusi terhadap performa I Biancocelesti.

Pesepak bola kelahiran Barcelona ini selalu menghuni bangku cadangan Lazio pada awal 2023/2024. Namun, seiring berjalannya waktu, Mario Gila berhasil mendapatkan kepercayaan pelatih sehingga mulai sering mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama di semua kompetisi. Hingga pekan ke-32 musim ini, dia telah diturunkan sebanyak 25 kali. Sejauh ini, dirinya telah mencatatkan total penampilan dalam 37 pertandingan bersama tim ibu kota Italia tersebut.

3. Alex Jimenez tidak selalu tersedia dalam skuad AC Milan 2023/2024

3 Lulusan Akademi Real Madrid Berkiprah di Serie A Italia 2023/2024Alex Jimenez (instagram.com/alexjimenez.7)

Alex Jimenez adalah bek kanan yang sempat mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Real Madrid. Pemain berkebangsaan Spanyol ini telah ditempa di berbagai kategori umur Los Blancos. Tak sampai merumput bersama skuad senior, talentanya berhasil masuk radar AC Milan sehingga dipinjam pada musim panas 2023. Dia rencananya membela Rossoneri hingga Juni 2024 dengan kewajiban membeli.

Alex Jimenez tidak selalu tersedia dalam skuad AC Milan 2023/2024. Kedatangannya juga belum bisa menggeser posisi Davide Calabria sebagai bek kanan utama Rossoneri. Selain itu, talenta muda kelahiran Leganes tersebut tengah menderita cedera otot. Sejauh ini, dia lebih sering merumput bersama skuad U-19 demi menambah jam terbang. Hingga pekan ke-32 musim ini, Jimenez sendiri baru diturunkan sebanyak lima pertandingan di berbagai kompetisi.

Ketiga lulusan akademi Real Madrid di atas berkiprah di Serie A Italia 2023/2024. Musim ini, Diego Llorente dan Mario Gila mulai menjadi andalan di jantung pertahanan masing-masing tim. Sementara itu, Alex Jimez sulit menembus skuad utama dan lebih sering diturunkan bersama skuad U-19 AC Milan.

Baca Juga: Real Madrid Hobi Singkirkan Juara Bertahan di Liga Champions

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya