Peraih Golden Glove 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Ada yang Terbaru

Ada penjaga gawang yang sudah pensiun dari dunia sepak bola

Pesta Piala Dunia 2022 telah usai dan Argentina telah mengangkat piala juara. Nama para pemain telah dicatat sebagai orang yang telah mengukir sejarah di olahraga sepak bola tersebut. Tentu selain timnya mendapat gelar, ada juga penghargaan yang diberikan kepada individu yang dianggap sangat berpengaruh pada ajang paling bergengsi antarnegara ini.

Salah satu penghargaan individu adalah Golden Glove. Gelar tersebut diberikan kepada penjaga gawang yang tampil luar biasa pada ajang Piala Dunia. Penghargaan tersebut pertama kali diberikan pada 1994 dan berlangsung hingga saat ini.

Banyak penjaga gawang legendaris yang pernah mendapatkan Golden Glove pada ajang bergengsi ini. Penasaran siapa saja kiper yang memenangkan penghargaan tersebut pada 5 edisi terakhir Piala Dunia? Mari simak tulisan di bawah ini ya.

1. Emiliano Martinez (2022)

Peraih Golden Glove 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Ada yang TerbaruEmiliano Martinez (twitter.com/emimartinezz1)

Emiliano Martinez merupakan kiper asal Argentina yang berkarier di Inggris dengan membela Aston Villa. Kariernya tidak langsung mulus, ia sempat beberapa kali berganti tim sebelum membela klub berjuluk The Villans ini. Penjaga gawang kelahiran Mar del Plata ini juga terkenal sangat jago dalam urusan menghalau tendangan penalti.

Penampilannya bersama Aston Villa membuat namanya dipanggil untuk memperkuat Timnas Argentina pada Piala Dunia 2022. Ini merupakan ajang Piala Dunia kedua dalam Kariernya. Martinez selalu menjadi pilihan utama dan membawa Argentina juara pada ajang bergengsi tersebut.

Nama Emiliano Martinez juga terpilih sebagai pemenang Golden Glove di Piala Dunia 2022. Ia sering melakukan penyelamatan yang krusial bagi Timnas Argentina. Ketika laga final harus ditentukan dengan adu penalti, ia muncul sebagai pahlawan La Albiceleste.

2. Thibaut Courtois (2018)

Peraih Golden Glove 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Ada yang TerbaruThibaut Courtois (instagram.com/thibautcourtois)

Thibaut Courtois adalah kiper utama dari Timnas Belgia. Pada tahun 2018, ia membawa negara berjuluk The Red Devils ini berada di peringkat ketiga Piala Dunia. Ia sering membuat penyelamatan krusial bagi negaranya di ajang bergengsi tersebut. Penjaga gawang kelahiran Bree ini kebobolan 6 gol.

Berkat penampilan gemilangnya di bawah mistar gawang bersama Timnas Belgia, Thibaut Courtois menyabet penghargaan Golden Gloves pada Piala Dunia 2018. Ia menjadi kiper kedua asal negara berjuluk The Red Devils ini setelah Michel Preud'homme pada Piala Dunia 1994.

Baca Juga: 5 Penalti yang Berhasil Digagalkan Thibaut Courtois Sepanjang 2022

3. Manuel Neuer (2014)

Peraih Golden Glove 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Ada yang TerbaruManuel Neuer (twitter.com/DFB_Team)

Manuel Neuer adalah kiper aktif yang saat ini masih bermain untuk Bayern Munich. Penjaga gawang kelahiran Gelsenkirchen ini pernah membawa Jerman menjadi Juara Piala Dunia 2014. Tidak hanya itu, ia juga memenangkan gelar individu, yaitu Golden Gloves, pada ajang paling bergengsi yang berlangsung di Brasil.

Neuer pada Piala Dunia 2014 tampil dominan di bawah mistar gawang Timnas Jerman. Ia saat itu hanya kebobolan 4 gol. Penghargaan tersebut membuatnya menjadi kiper kedua asal negara berjuluk Die Mannschaft setelah Oliver Khan yang memenangkan pada Piala Dunia 2002.

4. Iker Casillas (2010)

Peraih Golden Glove 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Ada yang TerbaruIker Casillas (twitter.com/IkerCasillas)

Iker Casillas adalah kiper legendaris dari Real Madrid dan juga Timnas Spanyol. Ketika masih aktif bermain, ia merupakan salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah ada. Penampilannya makin lengkap setelah berhasil mengantarkan Negeri Matador meraih gelar dunia pertama pada Piala Dunia 2010.

Prestasi kiper kelahiran Mostoles ini juga bertambah setelah berhasil memenangkan Golden Gloves pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Iker Casillas menjadi sorotan karena selain menjadi kapten negaranya, ia juga kerap kali menampilkan aksi penyelamatan untuk mengamankan gawang. Ia hanya kebobolan 2 gol saja sepanjang turnamen tersebut.

5. Gianluigi Buffon (2006)

Peraih Golden Glove 5 Edisi Terakhir Piala Dunia, Ada yang TerbaruGianluigi Buffon (twitter.com/FIFAWorldCup)

Gianluigi Buffon adalah kiper veteran yang masih aktif bermain dengan membela Parma yang berkompetisi di Serie B. Ketika masa jayanya, ia adalah salah satu penjaga gawang yang disegani karena kemampuan luar biasa di lapangan. Tidak hanya itu, ia juga pernah mengantarkan Timnas Italia menjadi juara pada gelaran Piala Dunia 2006 Jerman.

Penjaga gawang kelahiran Carrara ini juga berhasil menyabet Golden Gloves yang saat itu masih bernama Lev Yashin Award pada Piala Dunia 2006. Sepanjang turnamen tersebut, ia hanya kebobolan 2 gol ketika bertanding selama 90 menit. Ketika partai puncak saat menghadapi Prancis, ia sukses menjadi pahlawan Italia pada babak adu penalti.

 

Kelima kiper di atas sukses mendapatkan penghargaan Golden Gloves pada lima edisi Piala Dunia yang berbeda. Penampilan mereka semua tentu sangat memberikan dampak terhadap permainan negaranya di lapangan selama mengikuti ajang bergengsi tersebut. Menurut kalian, siapakah penjaga gawang yang paling membuat berkesan pada ajang Piala Dunia?

Baca Juga: Buffon Catat Rekor Abadi Kiper Dunia

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya